Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Gimana Sih Cara Makan Sushi yang Benar?

List Artikel
25 Juni 2015 | 0 Komentar
Kamu hobi makan sushi? Jangan ngaku pecinta sushi kalau kamu belum tahu cara makan sushi yang benar. Ternyata makan sushi tidak sekadar pakai sumpit, saus kecap, dan wasabi saja lho. Ada teknik dan cara tersendiri buat menikmati makanan khas Jepang tersebut. Mungkin kebanyakan dari kita selama ini makan sushi dengan cara yang kurang tepat. Nah, seorang chef sushi asal Tokyo, Naomichi Yasuda, akan memberi tahu kamu cara makan sushi yang benar itu seperti apa. Simak baik-baik ya!

Salah: Makan pakai sumpit.
Benar: Sebenarnya, hal ini masih diperdebatkan di Jepang sendiri. Menurut elit master-master sushi di Jepang, penggunaan tangan akan jauh lebih disukai. Menggunakan tangan adalah cara terbaik memasukkan sushi ke dalam mulut karena penggunaan sumpit bukanlah etiket makan sushi. Namun, banyak juga yang menganggap bahwa makan sushi pakai tangan adalah tidak sopan. Makanya, penggunaan sumpit untuk makan sushi pun tak boleh sembarangan.


Sumber: www.buzzfeed.com

Salah: Mencelupkan roll sushi ke dalam saus kecap.
Benar: Celupkan roll sushi secukupnya saja dan sebaiknya jangan sampai mengenai nasi. Jika nasi terkena terlalu banyak saus kecap, maka rasa sushi jadi kurang nikmat atau terlalu asin. Kebanyakan chef akan membuat sushi yang sudah diberi garam. Jadi, sebenarnya sushi tidak perlu dicelupkan ke dalam saus kecap lagi. Pastikan juga yang tercelup ke dalam saus kecap adalah bagian daging ikan jika sushi yang kamu makan adalah jenis nigirizushi.


Sumber: www.buzzfeed.com

Salah: Makan asinan jahe bersamaan dengan sushi.
Benar: Asinan jahe sejatinya dimakan sendiri setelah kamu selesai makan sesuap sushi. Pakailah sumpit untuk menyantap asinan jahe sehingga lidah kembali netral untuk menikmati sushi selanjutnya.


Sumber: japanese.answers.com

Salah: Memotong sushi sebelum memakannya.
Benar: Memasukkan satu potongan sushi ke dalam mulut sekaligus saat memakannya. Sushi adalah makanan yang sudah dirancang khusus untuk dinikmati dalam satu gigitan. Jika meninggalkan setengah gigitan, sushi akan mudah pecah dan sulit untuk dimakan kembali.


Sumber: www.huffingtonpost.ca

Salah: Mencampur wasabi dengan saus kecap.
Benar: Jika kamu ingin memakan wasabi, taruhlah parutan wasabi itu langsung di atas sushi.


Sumber: www.flickr.com

Salah: Membiarkan sushi terlalu lama didiamkan tanpa dimakan.
Benar: Sushi yang sudah disajikan harus segera dimakan karena jika dibiarkan terlalu lama maka suhu, tekstur, dan kelembaban sushi akan berubah. Selain itu, tidak segera memakan sushi yang sudah tersaji juga dianggap tidak sopan.



Gimana? Apa selama ini cara kamu makan sushi udah benar? Jangan sampai salah lagi ya!

Sushi Tei

Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei

Sushi Joobu

Foto Sushi Joobu
Foto Sushi Joobu
Foto Sushi Joobu

3 Wise Monkeys

Foto 3 Wise Monkeys
Foto 3 Wise Monkeys
Foto 3 Wise Monkeys

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?