Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Matcha vs Hojicha, Sama-sama Teh Hijau Jepang Tapi Apa Bedanya?

List Artikel
29 Juli 2020 | 0 Komentar

Tak hanya Inggris yang dikenal akan budaya minum tehnya, Jepang menjadi negara di Asia yang punya tradisi minum teh secara turun temurun hingga sekarang. Jepang sangat terkenal akan teh hijaunya. Teh hijau Jepang ini ternyata terbagi menjadi beberapa jenis, yakni matcha dan hojicha. Bagi kamu penggemar kuliner pastinya mengenal dua jenis teh hijau dari Jepang ini. Matcha dan hojicha sangat sering dijumpai pada aneka kuliner kekinian. Meski sama-sama terbuat dari teh hijau, tapi keduanya ini berbeda alias tidak sama. Loh, sama-sama teh hijau, lantas apa yang menjadi perbedaannya? Bagaimana kalau kamu cek dulu beberapa perbedaan dari matcha dan hojicha di bawah ini!



Sumber : Pergikuliner.com


Proses Pembuatan

Perbedaan yang pertama bisa dilihat dari proses pembuatannya. Matcha dan hojicha memiliki proses pembuatan yang berbeda. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa keduanya berbeda meski sama-sama dibuat dari teh hijau.Matcha dibuat dari teh hijau yang dijadikan bubuk dan tinggal langsung seduh. Proses pembuatannya adalah dengan menggiling teh hijau kering hingga halus menggunakan alat tradisional. Sedangkan hojicha adalah teh hijau yang dipanggang dengan suhu tinggi hingga kering. Setelah itu, barulah hojicha bisa diseduh.


Tampilan Warna

Dari segi warnanya, sudah pasti kamu dapat membedakan keduanya dengan sangat mudah. Proses penggilingan pada matcha membuatnya memiliki warna hijau terang. Berbeda dengan hojicha yang warnanya lebih pekat kecoklatan layaknya jenis teh hitam. Hal ini dikarenakan adanya proses pembakaran pada hojicha sehingga warnanya menjadi agak gelap saat diseduh.


Aroma

Berikutnya kita bisa melihat perbedaan matcha dan hojicha dari segi aromanya. Aroma matcha dan hojicha ini sangat berbeda. Matcha cenderung memiliki aroma yang segar mirip dengan aroma daun teh segar. Lain halnya dengan hojicha yang memiliki aroma agak smoky karena adanya proses pemanggangan pada saat pembuatannya. Ada aroma panggang yang unik dari hojicha sehingga membuatnya berbeda.


Cita Rasa

Untuk cita rasanya, sudah pasti tidak sama. Matcha cenderung memiliki rasa yang agak pahit dengan rasa yang sedikit creamy jika diseduh pekat. Selain itu juga ada rasa seperti daun ketika kamu mencicipnya. Sedangkan untuk hojicha memiliki cita rasa yang pekat cenderung gurih dengan tambahan rasa smoky.


Kandungan Nutrisi

Perbedaan terakhir bisa dilihat dari segi kandungan nutrisinya. Matcha memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dari hojicha karena dalam proses pembuatannya tidak menghilangkan nutrisi tersebut. Ada kandungan antioksidan yang sangat tinggi, polifenol, serta kafein di dalamnya. Sedangkan untuk hojicha meski kandungan nutrisinya lebih rendah, kandungan kafein yang rendah membuatnya aman dikonsumsi penderita magh karena lebih nyaman di perut.


Itu dia perbedaan antara matcha dan hojicha, jadi sekarang kamu sudah tahu kan perbedaannya? Dan sekarang kamu bisa mencoba aneka makanan berbahan matcha dan hojicha di tempat-tempat yang Pergikuliner rekomendasikan di bawah ini!

Uji Matcha

Foto Uji Matcha
Foto Uji Matcha
Foto Uji Matcha

Shirokuma

Foto Shirokuma
Foto Shirokuma
Foto Shirokuma

Fore Coffee

Foto Fore Coffee

Kopi Janji Jiwa

Foto Kopi Janji Jiwa
Foto Kopi Janji Jiwa

Amausaan Uji Matcha

Foto Amausaan Uji Matcha
Foto Amausaan Uji Matcha
Foto Amausaan Uji Matcha

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?