Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal 3 Jenis Selongsong Sosis agar Bisa Membedakannya

List Artikel
28 April 2023 | 0 Komentar

Sosis menjadi salah satu frozen food yang paling populer di dunia. Tidak hanya orang dewasa saja yang menyukainya, anak-anak juga sangat suka menyantap sosis. Rasanya yang gurih asin dengan tekstur yang kenyal tapi lembut membuatnya memiliki banyak penggemar. Sosis memiliki bentuk yang sangat unik karena berbentuk seperti pipa kecil dengan diameter dan panjang yang bervariasi.  Hingga saat ini, asal sosis masih diperdebatkan. Ada yang menduganya berasal dari Yunani, Romawi, hingga Irak. Meski diduga berasal dari ketiga negara tersebut, faktanya sosis sangat populer di Jerman sehingga banyak orang yang mengira bahwa frozen food ini berasal dari Jerman.


Sosis bisa dimasak atau diolah menjadi beragam kuliner, mulai dari dibakar begitu saja, dijadikan isian roti, hingga dijadikan bahan campuran dalam tumisan atau rebusan sup. Sosis dibuat dari bahan dasar daging giling yang dimasukkan ke dalam selongsong sehingga bentuknya bisa menyerupai pipa. Selongsong sosis merupakan lapisan tipis yang mirip seperti kulit atau plastik untuk membungkus sosis. Selongsong sosis sendiri ada banyak ragamnya, mulai dari yang bisa dimakan dan tidak. Bagi kamu yang suka menyantap sosis, ada tiga selongsong sosis yang paling sering digunakan, yaitu:

 

1. Polyamide



Sumber: tech-sts.com


Jenis selongsong sosis yang pertama adalah polymide. Jenis selongsong sosis ini dibuat dengan menggunakan bahan plastik. Plastik yang digunakan tidak boleh plastik sembarangan karena jenis plastik tersebut haruslah tahan terhadap panas dan dingin. Sosis harus dimasak dengan suhu yang sangat panas untuk mematangkan daging di dalamnya, baru setelah matang dan didinginkan, sosis bisa disimpan di dalam freezer dengan suhu minus beberapa derajat untuk mencegahnya busuk. Oleh karena itu, jenis plastik yang digunakan haruslah plastik khusus yang bernama polymide. Polymide memiliki permukaan yang berpori dengan tekstur yang lentur sehingga memudahkan untuk membentuk sosis. Jenis selongsong sosis ini tidak bisa dimakan sehingga sosis harus dikelupas terlebih dahulu jika ingin diolah.

 

2. Selulosa



Sumber: markaindo.com


Selain polymide, ada selulosa yang juga menjadi jenis selongsong sosis. Selulosa merupakan pulp yang terbuat dari bahan plastik dengan tekstur yang terbilang lebih tipis dari polymide. Jika dibandingkan dengan polymide, harga selulosa sedikit lebih mahal. Selain lebih tipis, selulosa memiliki kelebihan lainnya, yakni panjang dan bentuknya bisa dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan karena selongsong ini memang jauh lebih lentur. Selulosa bisa dijumpai dalam bentuk warna-warni, tetapi ada juga yang memiliki warna bening. Sama dengan selongsong polyamide, jenis selongsong selulosa ini juga tidak bisa dikonsumsi sehingga harus dikelupas terlebih dahulu sebelum dimakan.

 

3. Kolagen



Sumber: webstaurantsore.com


Jenis selongsong sosis yang terakhir adalah kolagen yang dibuat dari bahan dasar kulit hewan sehingga bisa dikonsumsi tanpa perlu melepasnya. Jenis kulit hewan yang digunakan bisa beragam, mulai dari kulit sapi, kambing, hingga babi. Kelebihan lain dari selongsong yang dibuat dari kolagen adalah warnanya yang bisa menyesuaikan dengan warna dasar sosis sehingga terlihat lebih natural. Meski demikian, harga dari selongsong kolagen terbilang lebih mahal sehingga sosis yang memiliki selongsong ini sudah pasti memiliki harga yang lebih tinggi dibanding sosis yang menggunakan dua jenis selongsong lainnya.

 

Itulah beberapa jenis selongsong sosis yang paling sering digunakan. Semoga dengan adanya informasi di atas, kamu bisa membedakannya dengan mudah. Buat yang suka menyantap sosis, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat makan yang menjual sosis enak. Yuk, mampir ke sini!

Paulaner Brauhaus

Foto Paulaner Brauhaus
Foto Paulaner Brauhaus
Foto Paulaner Brauhaus

Cimory Riverside

Foto Cimory Riverside
Foto Cimory Riverside
Foto Cimory Riverside

Frankfurter Hotdog and Steak

Foto Frankfurter Hotdog and Steak
Foto Frankfurter Hotdog and Steak
Foto Frankfurter Hotdog and Steak

Hotdog Boy

Foto Hotdog Boy
Foto Hotdog Boy
Foto Hotdog Boy

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?