Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Gyeongdan, Camilan Khas Korea yang Konon Bisa Mengusir Roh Jahat

List Artikel
29 Agustus 2021 | 0 Komentar

Kuliner khas Korea sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hal ini bisa diketahui dari menjamurnya kedai atau restoran Korea yang bisa dengan mudah Teman Kuliner kunjungi. Baik itu yang menawarkan menu dengan harga yang sangat terjangkau hingga yang harganya cukup menguras kantong. Kebanyakan kuliner khas Korea yang populer di Indonesia adalah kuliner yang mengenyangkan seperti bibimbap, tteokpokki, kimbab, jjajangmyeon, corndog, ramyun, dan lain sebagainya. Lantas bagaimana dengan kuliner yang menjadi camilan khas Korea? Beberapa camilan khas Korea yang cukup populer di Indonesia adalah hotteok, bungeoppang, bbopki, hingga gyeongdan. Mendengar nama gyeongdan mungkin ada beberapa di antara Teman Kuliner yang belum mengenalnya. Yuk, kita kenalan dulu dengan camilan khas Korea ini!

 


Sumber: Tmo.co.kr


Gyeongdan Dibuat dari Tepung Beras Ketan

Gyeongdan merupakan camilan yang terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan sehingga masuk dalam kategori jenis tteok alias kue beras. Selama ini kita mungkin hanya mengenal tteokpokki sebagai kuliner khas Korea yang dibuat dari tepung beras dengan cita rasa pedas. Padahal, ada versi lain dari tteok khas Korea, yakni yang punya rasa manis yakni gyeongdan. Rasa manis yang ada pada gyeongdan inilah yang membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai camilan minum teh. Sedangkan tekstur kenyalnya bisa membuat kita merasa senang mengunyahnya terus menerus.

 

Dijuluki dengan Nama Korean Rice Ball Cake

Gyeongdan punya julukan nama lain yakni Korean rice ball cake. Dijuluki dengan nama Korean rice ball cake karena bentuknya yang mirip bola dan seringkali disajikan pada saat pesta ulang tahun. Ditambah lagi rasanya yang manis sehingga mirip dengan rasa kue. Meski dibuat dari tepung beras, di dalamnya terdapat aneka isian yang membuat rasanya manis. Biasanya gyeongdan diberi isian pasta kacang merah yang dicampur dengan madu dan biji wijen. Tapi ada juga isian lainnya yang lebih modern seperti isian pasta cokelat atau kacang.

 


Sumber: M.cafe.daum.net


Masyarakat Indonesia Menganggapnya Sebagai Kleponnya Korea

Jika di Korea sana, gyeongdan dijuluki dengan nama Korean rice ball cake, di Indonesia camilan ini mendapat julukan sebagai kleponnya Korea. Hal ini dikarenakan bahan dasar yang digunakan pada kedua camilan ini adalah tepung beras ketan dan pada bagian luarnya akan ada taburan lapisan. Untuk gyeongdan akan ada taburan berupa kacang-kacangan yang sudah dihaluskan hingga biji wijen. Sedangkan untuk klepon ditaburi dengan parutan kelapa parut muda. Keduanya ini punya rasa yang berbeda karena isiannya juga berbeda. Jika gyeongdan isiannya pasta kacang merah, sedangkan klepon isiannya gula merah. 


Sangat Populer di Kalangan Anak-anak

Gyeongdan sangat populer di kalangan anak-anak karena memang camilan ini menjadi menu wajib yang harus tersaji pada saat pesta ulang tahun anak-anak. Di Korea Selatan, anak-anak sangat suka sekali menyantap gyeongdan karena tampilannya yang menarik dengan warna-warni yang cantik, teksturnya kenyal, dan pastinya karena rasa manisnya. Gyeongdan biasa disajikan dalam bentuk menara atau dibentuk seperti kue pada pesta ulang tahun anak.

 


Sumber: M.blog.naver.com


Gyeongdan Bisa Mengusir Roh Jahat

Gyeongdan juga punya mitos unik yang beredar di masyarakat Korea, yakni camilan ini bisa mengusir roh jahat. Salah satu alasan mengapa gyeongdan menjadi menu wajib dalam pesta ulang tahun anak-anak adalah supaya bisa mengusir roh jahat yang suka mengganggu anak kecil. Konon, isian pasta kacang merah inilah yang dipercaya bisa mengusir roh jahat. Jadi, meskipun ada banyak jenis isian gyeongdan, tapi kalau Teman Kuliner ingin menyajikannya untuk pesta ulang tahun anak-anak, maka isian pasta kacang merah inilah yang wajib ada.

 

Itulah sekilas hal tentang gyeongdan yang merupakan camilan khas Korea. Menurut Teman Kuliner, apakah camilan ini benar-benar bisa mengusir roh jahat?

Mochi Mochio

Foto Mochi Mochio
Foto Mochi Mochio
Foto Mochi Mochio

Classical Mochi

Foto Classical Mochi
Foto Classical Mochi
Foto Classical Mochi

NAMELAKA

Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?