Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Jenis-Jenis Tapas Lezat di Spanyol

List Artikel
28 November 2017 | 0 Komentar

Teman PergiKuliner, pernahkah kamu mendengar apa itu tapas? Istilah tapas sendiri sebenarnya tidak mengacu kepada satu jenis makanan saja. Pada umumnya orang-orang mengenal tapas sebagai berbagai jenis makanan yang disajikan dalam porsi yang kecil. Nasi paella, keju, dan calamari adalah beberapa contoh makanan yang bisa disajikan dalam bentuk tapas.

Orang-orang Spanyol biasanya memakan kuliner ini sebagai snack untuk menemani mereka minum dan hangout di bar. Tetapi meski begitu, makanan sebenarnya bisa disebut juga sebagai menu makan besar karena jika kamu memesan setidaknya 5 sampai 7 macam tapas akan membuatmu merasa kenyang. Tapas biasanya juga cocok dimakan bersamaan dengan red wine khas Spanyol bernama tinto de verano. Berikut ini adalah jenis-jenis tapas yang paling populer. Yuk simak!



Sumber : pergikuliner.com


1. Ensaladilla

Banyak dikenal juga dengan nama ensaladilla rusa atau russian salad. Tapas ini terbuat dari potato salad atau salad kentang dengan campuran mayonnaise tuna atau udang. Ensaladilla ini cocok untuk dijadikan menu pembuka bagi serangkaian menu tapas yang akan kamu santap.


2. Calamares

Tapas ini berupa cumi-cumi goreng tepung berbentuk cincin yang sebenarnya sudah sering kita lihat di restoran-restoran pada umumnya. Di negara kita sendiri biasa dikenal dengan nama calamari. Calamares biasanya juga disajikan dalam masakan nasi tradisional khas Spanyol yaitu paella.


3. Chipirones

Jenis tapas yang berupa cumi-cumi dan biasanya dimasak secara a la plancha atau di atas wajan, dan disajikan bersama dengan kentang goreng dan salad segar. Cumi-cumi ini rasanya sangat gurih dan mempunyai sensasi buah citrus yang tersembunyi di dalamnya.


4. Galicia Octopus

Galicia octopus merupakan masakan gurita yang dimasak ala Galicia yakni daerah di utara Spanyol. Dimasak dengan banyak lada, merica, dan minyak zaitun. Kekenyalan dan tekstur daging gurita ini memberikan sensasi tersendiri di dalam mulut.


5. Salmorejo

Makanan ini memiliki tekstur seperti sup ala Spanyol tetapi lebih kental, serta banyak dinikmati sebagai saus pendamping snack-snack lainnya seperti crackers atau biskuit. Salmorejo ini berasal dari Andalusia khususnya dari Cordoba. Tiga jenis salmorejo yang cukup terkenal di Spanyol adalah traditional salmorejo, sweet corn salmorejo dan beet fruit salmorejo.


6. Jamon Iberico

Berupa daging ham yang diiris tipis dan diberi garam. Makanan ini sering dikenal juga dengan nama pata negra atau iberian ham. Namun sayangnya, makanan ini tidak cocok dinikmati oleh pecinta kuliner yang beragama muslim karena berasal dari daging babi.


Itu dia beberapa jenis tapas lezat khas Spanyol yang mungkin masih asing ditelinga kamu. Nah! Kalo kamu jadi kepingin makan makanan khas Spanyol, kamu bisa mengunjungi beberapa restoran Spanyol di Jakarta seperti berikut ini!

Gastromaquia Jakarta

Foto Gastromaquia Jakarta
Foto Gastromaquia Jakarta
Foto Gastromaquia Jakarta

Javanegra Gourmet Atelier

Foto Javanegra Gourmet Atelier
Foto Javanegra Gourmet Atelier
Foto Javanegra Gourmet Atelier

Atico by Javanegra

Foto Atico by Javanegra
Foto Atico by Javanegra
Foto Atico by Javanegra

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?