Mengenal Olahan Nasi dari Berbagai Negara

25 November 2015 | 0 Komentar

Nasi merupakan makanan pokok di Indonesia dan juga beberapa negara lain di dunia. Sebagai makanan pokok, masyarakat Indonesia rasanya belum merasa kenyang jika tidak menyantap nasi. Di Indonesia sendiri nasi sudah diolah menjadi beragam menu masakan mulai dari nasi uduk, nasi goreng, lontong, ketupat, dan masih banyak lagi. Tidak jauh berbeda dengan Indonesia, di negara lain ternyata nasi bukan hanya dimakan begitu saja, tetapi ada beberapa campuran bahan pendamping serta bumbu khas negara tersebut yang membuat tampilan menu nasi tampak berbeda. Kali ini PergiKuliner merangkum aneka olahan nasi dari berbagai negara. Simak yuk!



1. Nasi Jambalaya dari Amerika



Sumber: freeguitarmentor.com


Nasi Jambalaya mempunyai pengaruh kuliner dari Spanyol dan Perancis. Kuliner yang satu ini  merupakan masakan favorit warga Lousiana. Bahan utama membuat nasi Jambalaya adalah beras, daging, sayuran, serta air kaldu. Untuk bumbunya, kamu bisa menambahkan oregano, parsley, daun basil kering, pasta tomat, serta garam. Rasanya sangat gurih dan berbumbu.



2. Sushi dari Jepang



Sumber: pergikuliner.com


Tidak perlu dijelaskan lebih panjang juga kamu pasti tahu kuliner paling populer dari Jepang ini. Sushi merupakan bentuk inovasi kuliner yang dilakukan masyarakat Jepang untuk bisa menyantap nasi beserta lauknya dalam sekali lahap. Nutrisi yang terdapat dalam sushi sangat tinggi karena biasanya disajikan dengan ikan salmon yang mempunyai kadar omega3 yang tinggi.



3. Risotto dari Italia



Sumber: pergikuliner.com


Sekilas tampilan risotto ini memang mirip dengan bubur nasi, namun cita rasanya jauh berbeda. Dari tekstur, risotto lebih berserat karena menggunakan beras khusus yang bentuknya lebih panjang dari beras yang sering kita jumpai di Indonesia. Risotto banyak dijual di restoran Italia. Bahan membuat risotto sebenarnya sangat mudah, hanya beras, bawang, mentega, kaldu, sayuran atau daging, dan tambahan pelengkap lainnya. Di Italia sendiri risotto diberi campuran white wine sehingga lebih beraroma.



4. Nasi Bukhari dari Timur Tengah



Sumber: www.thatslife.com.au


Nasi bukhari ini banyak dijumpai di kawasan Timur Tengah terutama negara Afghanistan. Komposisinya yang kaya rempah akan selalu membuat kamu ketagihan. Masyarakat Timur Tengah biasanya menyantap makanan ini di tengah siangnya terik matahari. Bahan utama membuat nasi bukhari adalah beras basmati, bawang, wortel, tomat, dan daging. Untuk bumbunya sangat berlimpah sekali, ada kapulaga, cengkeh, kayu manis, jinten, saffron, garam, gula, dan merica.



5. Bibimbab dari Korea Selatan



Sumber: pergikuliner.com


Bibimbap merupakan menu nasi sehat yang berasal dari Korea. Kenapa dikatakan sehat, karena kuliner yang satu ini memiliki perbandingan porsi nasi dan sayuran yang sebanding. Bibimbap atau yang bisa disebut nasi campur ala Korea ini dibuat dari nasi, irisan daging, telur, serta sayuran seperti wortel, kangkung, tauge, sawi, lobak, dan mentimun. Semua bahan diaduk menjadi satu dan dicampur dengan gochujang alias pasta cabai Korea yang sudah diberi minyak wijen dan kecap asin.


SamWon Express

Sushi Masa

Sushi Hiro

Nama Sushi by Sushi Masa


Topik artikel ini: