Menguak Tuntas Alasan Peggunaan Gula Aren untuk Kopi

14 Desember 2020 | 0 Komentar

Pembahasan mengenai kopi memang tak akan ada habisnya. Kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam jika sudah ngomongin soal kopi. Mulai dari jenisnya, variannya, cita rasa, aroma, serta bahan-bahan tambahan yang diberikan di dalamnya. Berbicara tentang bahan tambahan yang digunakan pada kopi, selain susu, krim, gula putih, ada juga gula aren untuk kopi. Gula aren adalah jenis gula yang dibuat dari sari atau nira pohon aren. Aromanya sangat wangi dan cita rasanya lebih manis jika dibandingkan jenis gula lainnya. Gula aren untuk kopi sudah tak asing lagi sejak kegunaannya digunakan dalam sajian es kopi susu yang sempat viral pada tahun 2016-an dan masih populer hingga sekarang. Pasti sebagian dari kita ada yang bertanya-tanya, sebenarnya apa alasannya gula aren digunakan pada sajian kopi. Padahal gula aren sangatlah tidak umum digunakan pada kopi jika dibandingkan dengan gula pasir. Ternyata ada alasan di balik semua itu loh!



Sumber: Pergikuliner.com


Lebih Familiar di Lidah Masyarakat Indonesia

Alasan pertama adalah karena gula aren sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Perlu kamu ketahui kalau gula aren untuk kopi hanya bisa kamu jumpai di Indonesia saja. Beberapa negara Asia lain menggunakan gula cokelat atau brown sugar yang dibuat dari pengkristalan tebu. Di Indonesia, gula aren memang banyak digunakan, terutama pada kuliner khas kita seperti es cendol, es dawet, kinca, hingga isian jajanan tradisional. Berhubung familiar di lidah masyarakat Indonesia, maka gula aren untuk kopi digunakan.


Punya Cita Rasa dan Aroma yang Khas

Masih ada hubungannya dengan alasan di atas, gula aren punya cita rasa yang familiar di lidah masyarakat Indonesia karena memang cita rasa dan aromanya ini sangat khas. Kopi yang di dalamnya diberi campuran gula aren akan punya cita rasa yang manis legit, berbeda dengan kopi yang diberi gula pasir biasa, rasanya pasti hanya manis saja. Gula aren juga punya aroma wangi yang berbeda, apalagi jika dipadukan dengan kopi. Maka aroma wanginya akan semakin mempesona.


Tekstur Kopi Akan Berbeda

Ada perbedaan yang sangat terlihat dari segi tekstur kopi yang diberikan campuran gula aren dengan yang tidak. Kopi dengan campuran gula aren akan memiliki tekstur yang jauh lebih kental. Hal ini dikarenakan proses pembuatan gula aren yang berbeda dari gula pasir. Ketika kedua jenis gula tersebut dicairkan dalam jumlah yang sama, maka sudah pasti gula aren yang lebih kental dan legit teksturnya. Oleh karena itu, jika dipadukan dengan kopi atau minuman apapun akan membuat tekstur minuman tersebut jadi lebih kental.


Gula Aren Punya Banyak Khasiat untuk Tubuh

Alasan selanjutnya mengapa gula aren untuk kopi digunakan adalah karena gula aren punya banyak khasiat untuk tubuh. Gula aren punya indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik adalah skala yang digunakan mengukur seberapa cepat karbohidrat diubah menjadi gula darah. Semakin rendah indeks glikemik, maka semakin bagus untuk tubuh. Selain itu, masih ada banyak manfaat lain gula aren bagi tubuh seperti dapat menurunkan risiko batu ginjal, menjaga tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan tulang, dan lain sebagainya.


Punya Tampilan Visual yang Cantik

Alasan yang terakhir adalah karena gula aren untuk kopi punya tampilan visual yang cantik. Ketika disajikan, gula aren yang punya warna cokelat kemerahan akan terlihat serasi jika dipadukan dengan lapisan kopi yang berwarna hitam dan susu atau krim yang berwarna putih. Perpaduan ketiga warna tersebut akan menjadikan tampilan minuman kopi berlapis dan lebih cantik dipandang.


Ternyata alasan penggunaan gula aren untuk kopi cukup masuk akan ya, teman kuliner? Tidak heran kalau sekarang banyak sekali coffee shop yang menyediakan menu kopi gula aren, khususnya es kopi susu gula aren yang jadi idola pecinta kopi di zaman sekarang. Teman kuliner pasti sudah pernah dong nyicipin es kopi susu gula aren? Tapi kalau cobain aneka kopi di coffee shop rekomendasi PergiKuliner di bawah ini, sudah belum?

Kinari Coffee Shop

Coffee Zen

Kopi Susu Bu Lurah

Respati

Kopi Kanto


Topik artikel ini: