Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ragam Kuliner Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba!

List Artikel
22 Oktober 2015 | 0 Komentar
Jawa Barat terkenal memiliki banyak hidangan kuliner yang lezat. Selain lezat, untuk dapat menikmati kuliner khas Jawa Barat tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, sehingga dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk berkuliner ria dan mencicipi kuliner khas Jawa Barat. Penasaran, apa saja kuliner khas Jawa Barat? Yuk, langsung saja lihat ulasannya di bawah ini:


1. Karedok


Sumber: pergikuliner.com

Karedok adalah salah satu kuliner khas Jawa Barat yang terdiri dari sayuran mentah, seperti taoge, mentimun, kacang panjang, kol, daun kemangi, dan terong. Sementara itu, untuk sausnya adalah bumbu kacang yang terbuat dari bawang putih, cabai merah, kacang tanah, kencur, gula jawa, air asam, garam, dan terasi. 


2. Tahu Gejrot


Sumber: pergikuliner.com

Tahu Gejrot adalah kuliner khas Jawa Barat yang berasal dari Cirebon, yang terdiri dari tahu goreng yang dipotong-potong, lalu dimakan dengan kuah campuran bumbu cabe, bawang merah, bawang putih, dan gula.


3. Kupat Tahu


Sumber: pergikuliner.com

Kupat tahu diketahui sebagai kuliner khas Jawa Barat yang berbahan dasar ketupat dan tahu yang sudah digoreng dengan tambahan bumbu kacang. Biasanya, ada juga yang menggantikan ketupat dengan lontong. 


4. Sega Lengko


Sumber: gamexeon.com

Sega Lengko adalah kuliner khas Jawa Barat yang sarat akan protein dan rendah kalori. Bahan-bahan yang digunakan oleh hidangan ini adalah tempe goreng, mentimun, tahu goreng, tauge yang direbus, daun kucai, bumbu kacang, bawang goreng, dan kecap manis. Kecap manis yang biasanya digunakan adalah kecap manis kental kemudian disiramkan ke semua bahan. Tempe dan tahu goreng dipotong kecil-kecil kemudian diletakkan di atas nasi. Mentimun dicacah dan taburi tauge rebus di atasnya, lalu disiram dengan bumbu kacang dan dilengkapi potongan daun kucai. 


5. Lotek


Sumber: gastronomy-aficionado.com

Lotek hampir sama dengan pecel, yaitu terdiri dari sayuran yang direbus dan disiram dengan bumbu kacang. Akan tetapi, keunikan makanan ini adalah bahan untuk sambalnya tidak hanya kacang, tapi terdapat juga tempe. Selain itu, di dalam bumbunya juga ditambahkan gula merah dan bawang putih.


6. Batagor


Sumber: pergikuliner.com

Batagor adalah kuliner khas Jawa Barat yang sudah dikenal di berbagai wilayah di Indonesia. Makanan yang terbuat dari tahu yang berisi bakso ini dibungkus dengan menggunakan tepung, lalu digoreng. Penyajiannya ditambahkan dengan sambal kacang, kecap, dan saus. 



Talaga Sampireun

Foto Talaga Sampireun

Kupat Tahu Magelang AA

Foto Kupat Tahu Magelang AA

Tahu Gejrot

Foto Tahu Gejrot

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?