Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sama-sama Bulat dan Kenyal, Ini Bedanya Pentol dengan Cilok

List Artikel
10 Desember 2021 | 0 Komentar

Teman Kuliner termasuk orang yang suka ngemil? Buat yang suka ngemil pastinya tahu camilan bernama cilok dan pentol. Keduanya sama-sama camilan yang berbentuk bulat dengan tekstur kenyal yang sangat menggoda untuk disantap. Kedua camilan ini sangat populer tak hanya dikalangan orang dewasa saja, tapi juga anak-anak. Kedua ini juga bisa dijumpai dengan mudah di pinggir jalan karena kebanyakan dijual oleh pedagang kaki lima gerobak. Selain itu, harganya juga sangat murah meriah. Jadi, tidak heran kalau banyak orang menyukai dua camilan ini. 


Berhubung kedua camilan ini memiliki banyak persamaan, jadi tak heran kalau orang sering keliru dalam mengenali keduanya. Buat Teman Kuliner yang sering keliru dalam mengenali pentol dengan cilok, PergiKuliner akan memberitahukan perbedaan kedua camilan ini kepada kalian. Yuk, simak!



Sumber: Masakapahariini.com


Asal Usulnya

Jika kita melihat dari asal usulnya, pentol dengan cilok ini berasal dari daerah yang berbeda. Walaupun sama-sama menjadi streetfood favorit masyarakat Indonesia, tapi asal keduanya ini tak sama. Untuk pentol asalnya dari Jawa Timur, tepatnya dari Surabaya. Sedangkan untuk cilok asalnya dari Jawa Barat, tepatnya dari Bandung. Walaupun berasal dari daerah berbeda, tapi kita bisa dengan mudah menjumpainya di beberapa daerah di Indonesia, terutama di area JABODETABEK.


Bahan Pembuatan

Untuk bahan pembuatannya sendiri, pentol dengan cilok dibuat dari bahan dasar yang berbeda. Untuk cilok dibuat dari bahan dasar tepung tapioka dan tepung kanji yang diberi air lalu diberi garam dan lada. Cilok biasanya diberi isian seperti abon, telur, hingga daging cincang. Sementara untuk pentol bahan pembuatannya adalah daging giling yang dicampur dengan tepung kanji lalu dibumbui dengan garam dan lada. Keduanya sama-sama dibentuk bulat kecil dan direbus dalam air mendidih hingga matang. Untuk cilok, selain direbus juga bisa dimasak dengan cara dikukus.

 


Sumber: Resepkekinian.com


Tekstur dan Rasa

Bahan pembuatan yang berbeda sudah pasti akan membuat tekstur dan rasa yang tak sama. Untuk tekstur dari cilok akan terasa jauh lebih kenyak jika dibandingkan dengan pentol karena lebih banyak campuran tepungnya. Hanya saja untuk cilok yang di dalamnya terdapat isian akan memiliki tekstur yang bervariasi tergantung dari jenis isian yang digunakan. Lain halnya dengan pentol yang meski rasanya kenyal juga terasa lembut karena campuran daging giling dengan tepung berbanding sama. Pada bagian luar pentol teksturnya agak kasar, sedangkan cilok tekstur luarnya sangat licin.

 

Cara Penyajian

Kita beralih ke cara penyajiannya. Sebenarnya Teman Kuliner bisa melihat secara kasat mata perbedaan dari pentol dengan cimol dari cara penyajiannya. Keduanya ini disajikan dengan cara yang sangat berbeda. Cimol biasa disajikan dengan siraman saus kacang, kecap, dan saus sambal. Cimol ada yang disajikan dengan cara ditusuk dengan tusukan sate dan ada yang tidak. Sedangkan untuk pentol cara penyajiannya sangat simpel karena hanya diberi sambal atau kecap. Pentol juga ada yang disajikan dengan kuah bening atau kuah kaldu yang rasanya sangat gurih. Kedua jenis camilan ini sama-sama lebih enak jika disajikan dalam keadaan panas. Tapi untuk cimol, jika sudah dingin biasanya teksturnya akan sedikit mengeras karena kandungan tepung yang banyak. Berbeda dengan pentol yang masih terasa kenyal jika disantap dingin.

 

Sekarang Teman Kuliner sudah tahu bukan bedanya pentol dengan cilok? Semoga informasi di atas bisa berguna untuk Teman Kuliner.

Endoq Telor Gulung & Cilor

Foto Endoq Telor Gulung & Cilor
Foto Endoq Telor Gulung & Cilor
Foto Endoq Telor Gulung & Cilor

Nasi Telor Kriukk

Foto Nasi Telor Kriukk
Foto Nasi Telor Kriukk
Foto Nasi Telor Kriukk

Nasi Telor Sentosa

Foto Nasi Telor Sentosa
Foto Nasi Telor Sentosa
Foto Nasi Telor Sentosa

Pentol Gilaaa

Foto Pentol Gilaaa
Foto Pentol Gilaaa
Foto Pentol Gilaaa

Bakso Pak Sabar

Foto Bakso Pak Sabar
Foto Bakso Pak Sabar
Foto Bakso Pak Sabar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?