Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

List Artikel
9 Desember 2021 | 2 Komentar

Bagi orang yang memiliki hipertensi, mengonsumsi makanan penurun darah tinggi menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan. Jika dibiarkan tekanan darah tinggi bisa berdampak buruk bagi kesehatan karena bisa menyebabkan penyakit lain seperti jantung koroner, stroke, hingga gagal ginjal. Makanan penurun darah tinggi adalah makanan yang bisa membantu kita menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Meski efeknya tidak bisa secepat meminum obat hipertensi dari dokter, tapi makanan penurun darah tinggi ini sifatnya alami sehingga sangat aman dikonsumsi setiap harinya tanpa perlu khawatir akan menimbulkan efek samping. Buat Teman Kuliner yang ingin tahu ada makanan penurun darah tinggi apa saja yang bisa dikonsumsi setiap hari, yuk langsung lihat saja daftarnya di bawah ini!


1. Sayuran Hijau



Sumber: India.com


Makanan penurun darah tinggi yang pertama adalah sayur-sayuran hijau. Jenis sayuran hijau sangat cocok untuk menurunkan darah tinggi karena kandungan di dalamnya. Dalam sayuran hijau terdapat kandungan kalium dan magnesium. Keduanya ini adalah mineral utama yang bisa membantu tubuh mengendalikan tekanan darah. Dalam sebuah jurnal penelitian dijelaskan kalau sayur-sayuran seperti sayuran hijau memiliki kandungan yang dapat mengendalikan tekanan darah dalam tubuh dengan baik. Jenis sayuran hijau yang bagus dikonsumsi oleh penderita hipertensi adalah brokoli, bayam, sawi, dan lain sebagainya. Jenis sayuran dengan warna lain sebenarnya juga bagus dikonsumsi, hanya saja manfaatnya tidak sebanyak sayuran hijau.


2. Buah-buahan



Sumber: Pergikuliner.com


Jika ingin tubuh tetap sehat, pastinya Teman Kuliner harus rajin mengonsumsi buah setiap harinya. Salah satu keuntungan jika mengonsumsi buah adalah bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Makanan penurun darah tinggi ini memiliki berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menurunkan hipertensi. Beberapa buah-buahan yang bagus untuk hipertensi adalah semangka, kiwi, beri, delima, hingga pisang. Sedangkan buah yang wajib dihindari adalah buah durian.


3. Ikan



Sumber: Pergikuliner.com


Selanjutnya ada ikan yang juga menjadi salah satu makanan penurun darah tinggi. Pilih jenis ikan yang memiliki kandungan omega-3 tinggi seperti salmon sehingga mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Omega-3 juga bermanfat untuk mengurangi peradangan dan menurunkan trigliserida. Selain itu, ikan juga mengandung protein tinggi dan vitamin D yang juga memiliki kemampuan untuk mengurangi tekanan darah tinggi.


4. Telur



Sumber: Pergikuliner.com


Telur adalah salah satu makanan penurun darah tinggi yang juga bisa Moms konsumsi setiap harinya, terutama telur bagian putihnya. Kandungan di dalam putih telur bisa mengontrol tekanan darah dengan baik sehingga hipertensi bisa diturunkan. Teman Kuliner bisa menyantap telur dalam bentuk telur rebus atau kukus. Hindari telur goreng karena bisa menambah kadar kolesterol dalam tubuh kita.


5. Cokelat Hitam



Sumber: Ikea.co.id


Sudah bukan rahasia kalau cokelat hitam memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Cokelat hitam mengandung antioksidan yang dinamakan flavanol. Kandungan ini mampu membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis. Teman Kuliner cukup mengonsumsi 100 gram cokelat hitam per harinya untuk memenuhi kebutuhan harian. Usahakan mencari cokelat hitam yang memiliki kandungan 70% lebih kakao.


6. Yoghurt



Sumber: Pergikuliner.com


Yoghurt juga sangat bagus untuk dijadikan sebagai makanan penurun darah tinggi.  Yoghurt memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga antioksidan. Ditambah lagi adanya sumber kalsium dan kandungan lemak yang rendah sehingga bagus untuk tubuh. Saat mengonsumsi yoghurt, sebaiknya Teman Kuliner juga menambahkan kacang-kacangan dan buah-buahan di dalamnya sehingga kandungan nutrisinya jadi lebih tinggi.


7. Oatmeal



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan penurunan darah tinggi yang tertinggi terakhir adalah oatmeal. Oatmeal ini selain kaya akan serat juga bisa menjaga tekanan darah agar tetap normal. Oatmeal juga rendah lemak dan rendah sodium sehingga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Teman Kuliner juga bisa memadukannya dengan buah-buahan dan kacangan-kacangan supaya memperkaya nutrisinya.

 

Itulah beberapa makanan penurun darah tinggi yang bisa Teman Kuliner konsumsi setiap harinya. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk Teman Kuliner!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Yomie's Rice X Yogurt

Foto Yomie's Rice X Yogurt
Foto Yomie's Rice X Yogurt
Foto Yomie's Rice X Yogurt

Salad Buah Ona

Foto Salad Buah Ona
Foto Salad Buah Ona
Foto Salad Buah Ona

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
XUghLBOxRji
davidsmejia07@gmail.com | 09 Dec 2021 pk. 01:05 PM
Foto user umum
fIXcWkgFyv
davidsmejia07@gmail.com | 09 Dec 2021 pk. 01:05 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?