Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Aneka Olahan Mentimun Ala Korea yang Cita Rasanya Unik

List Artikel
5 Juli 2022 | 0 Komentar

Mentimun atau yang lebih dikenal dengan nama timun merupakan salah satu sayuran yang banyak digunakan sebagai pelengkap masakan. Teksturnya yang garing dan renyah dan sensasi citarasanya yang menyegarkan membuat mentimun disukai orang banyak. Di Indonesia, mentimun sering dijadikan lalapan, asinan, hingga acar yang nantinya akan disajikan bersama dengan nasi goreng, mie goreng, soto, hingga aneka olahan khas Indonesia lainnya. Tak hanya di Indonesia saja, ternyata Korea juga mengolah mentimun menjadi beragam olahan lezat yang cocok dijadikan sebagai lauk pauk maupun disantap begitu saja. Mentimun dalam bahasa Korea dinamakan ‘oi’. Dari sekian banyak jenis olahan mentimun, ada lima yang punya cita rasa unik karena hanya bisa kamu jumpai pada kuliner Korea, yaitu:

 

1. Oi Kimchi



Sumber: Koreanbapsang.com


Olahan mentimun ala Korea yang pertama adalah oi kimchi atau kimchi mentimun. Oi kimchi dibuat dengan cara memotong panjang besar mentimun lalu mencampurnya dengan potongan daun kucai dan bawang bombay serta bumbu khas kimchi lalu difermentasikan dalam jangka waktu bisa beberapa hari hingga beberapa bulan. Kimchi mentimun ini punya cita rasa yang asam, asin, dan pedas tapi tetap menyegarkan. Meski difermentasikan, teksturnya tetap renyah sehingga cocok dijadikan lauk pendamping saat makan.

 

2. Oi Muchim



Sumber: Pinimg.com 


Masih dengan olahan mentimun ala Korea yang menyegarkan, ada oi muchim. Oi muchim ini dikenal sebagai salad mentimun ala Korea. Meski disebut salad, oi muchim tak hanya bercitarasa asin gurih, tapi juga ada sedikit rasa pedasnya karena kerap kali oi muchim ditambahkan bubuk cabai di dalamnya. Selain cabai, oi muchim juga dibumbui dengan cuka, garam, minyak wijen, gula, serta bawang putih dan bawang bombay cincang. Mentimun yang dibuang bijinya Kamu bisa menyantapnya begitu saja atau menjadikannya lauk pendamping saat makan besar.

 

3. Oi Naengguk



Sumber: kimchimari.com


Oi naengguk merupakan salah satu olahan mentimun ala Korea yang jadi favorit pada saat musim panas. Oi naengguk adalah sup mentimun dingin yang cita rasanya menyegarkan. Oi naengguk dibuat dari irisan mentimun yang dipotong korek api lalu dicampur dengan rumput laut, garam, bubuk cabai, gula, kecap asin, bawang putih cincang, dan air. Setelah semua bahan tercampur rata, kamu harus mendiamkannya dulu selama 10 menit di dalam kulkas. Jika sudah 10 menit, kamu bisa menyajikannya bersama dengan es batu.

 

4. Oi Bbokeum



Sumber: Koreanbapsang.com


Selanjutnya ada oi bbokeum yang merupakan tumis mentimun khas Korea. Oi bbokeum dibuat dari mentimun yang sudah diiris tipis bulat atau menyerong lalu beri garam dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, peras mentimun dan tumis bersama dengan aneka bumbu, seperti bawang putih cincang, minyak wijen, biji wijen, garam dan lain sebagainya. Oi bbokeum ini sangat cocok disajikan sebagai lauk pendamping nasi dan olahan daging atau ikan laut karena cita rasanya yang gurih asin dan teksturnya renyah.

 

5. Oi Sobagi



Sumber: Koreanbapsang.com


Terakhir ada oi sobagi yang merupakan olahan mentimun ala Korea yang bisa dikatakan termasuk dalam golongan kimchi karena di dalamnya terdapat bumbu khas kimchi. Oi sobagi punya ciri khas dari bentuknya yang unik karena pada bagian ujung mentimun seperti terbelah tapi tidak putus. Untuk membuatnya, belahlah mentimun seperti kantong lalu isi dengan pasta kimchi dan diamkan selama beberapa hari sebelum disantap.

 

Sekarang kamu sudah tahu, kan, beberapa olahan mentimun ala Korea. Dari kelima olahan mentimun di atas, manakah yang paling cocok dan sesuai dengan seleramu?

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Goobne Chicken

Foto Goobne Chicken
Foto Goobne Chicken
Foto Goobne Chicken

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

Legend Of Noodle

Foto Legend Of Noodle
Foto Legend Of Noodle
Foto Legend Of Noodle

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?