Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sedang Pro dan Kontra Susu Kental Manis, Kita Simak Faktanya Dulu Yuk!

List Artikel
7 Agustus 2018 | 0 Komentar

Polemik tentang susu kental manis tampaknya masih saja marak diperbincangkan di mana saja. Pasalnya BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) telah mengeluarkan pernyataan resmi yang menyatakan kalau susu kental manis ini tidak layak disebut dengan susu karena kandungan susu yang ada di dalamnya sangat sedikit alias kurang dari 50%, justru lebih banyak kandungan gulanya sehingga tidak memiliki nilai gizi yang tinggi seperti produk olahan susu lainnya seperti susu bubuk. Tentu saja pernyataan tersebut membuat masyarakat menjadi heboh karena selama ini kita menyangka kalau susu kental manis merupakan salah satu produk susu yang nilai gizinya bisa disamakan dengan susu bubuk.


 Sumber : Cloudfront.net


Meski sudah ada pernyataan resmi, tapi tetap saja masyarakat masih memperdebatkan hal tersebut. Apakah susu kental manis aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak atau tidak, apakah susu kental manis bisa menimbulkan diabetes, dan lain sebagainya. Terlepas dari pro dan kontra dari masyarakat tersebut, kamu harus mengetahui terlebih dahulu beberapa fakta tentang susu kental manis yang harus kamu ketahui lebih lanjut agar nantinya tidak termakan berita-berita yang tidak benar mengenai susu kental manis ini.


 Sumber : Pinkkorset.com


Susu kental manis pertama kali diciptakan pada abad ke-19 dengan sengaja sebagai solusi untuk menghadapi krisis atau masalah dalam pengolahan dan distribusi olahan susu untuk penggunaan jangka panjang. Penambahan gula pada susu dipercaya bisa membuat susu jadi lebih awet dan tidak mudah basi. Pada masa itu, susu yang diberi gula alias susu kental manis bisa bertahan maksimal dalam jangka waktu tiga bulan. Awalnya susu kental manis ini memang murni hanya dijadikan sebagai minuman saja yang dicampur dengan air hangat.


 Sumber : Mramagazines.com

Tapi lambat laun, berhubung memiliki cita rasa manis yang dominan, penggunaan susu kental manis lalu merambah dunia kue. Susu kental manis ini bisa membuat teksur kue  menjadi lebih lembut. Di luar negeri, penggunaan susu kental manis memang lebih banyak digunakan sebagai bahan campuran kue dan minuman karena memang tidak cocok untuk dijadikan sebagai minuman kesehatan. Hal ini dikarenakan pada saat proses penguapan (evaporasi) susu yang dijadikan susu kental manis ini akan berkurang nutrisinya.


Jadi, kalau kita menyantap susu kental manis sebagai topping martabak manis, pancake, roti bakar, kue, dan lain sebagainya, masih aman ya teman PergiKuliner. Jika ingin minum susu, pilihlah susu murni atau susu cair kemasan. Nah, berhubung banyak sekali kuliner yang mencampurkan susu kental manis sebagai topping-nya, kamu bisa menemukan kuliner-kuliner tersebut di tempat-tempat yang sudah PergiKuliner siapkan rekomendasinya di bawah ini!

The Young Dong

Foto The Young Dong

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho

Sinar Garut Boga Rasa

Foto Sinar Garut Boga Rasa
Foto Sinar Garut Boga Rasa

Roti Bakar Sun Go Kong

Foto Roti Bakar Sun Go Kong
Foto Roti Bakar Sun Go Kong

Martabak Top 88

Foto Martabak Top 88
Foto Martabak Top 88
Foto Martabak Top 88

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?