Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sejarah Ayam Taliwang yang Konon Jadi Kuliner Perdamaian Dua Kerajaan

List Artikel
1 September 2023 | 0 Komentar

Siapa yang tak kenal dengan ayam taliwang? Olahan ayam khas Indonesia ini sangat populer, tidak hanya di kalangan masyarakat Indonesia saja, tetapi juga wisatawan asing. Ayam taliwang dibuat dari bahan dasar ayam kampung muda yang dibumbui dengan bumbu rempah khas seperti bawang merah, bawang putih, tomat, cabai merah, terasi, dan kencur. Biasanya, ayam taliwang ini akan dimasak dengan cara digoreng ataupun dibakar. Namun, kebanyakan ayam taliwang dimasak dengan cara dibakar. Karena menggunakan ayam kampung muda, maka tekstur dagingnya akan menjadi lebih lembut tetapi tetap kenyal. Ayam taliwang ini seringnya disajikan bersama dengan nasi putih hangat, plecing kangkung, kacang goreng, hingga sambal. Menjadi olahan ayam yang sangat disukai, mari kita intip sejarah dari ayam taliwang ini!



Sumber: pergikuliner.com 


Asal-usul Nama dan Terciptanya Ayam Taliwang

Nama ayam taliwang ini diambil dari nama sebuah kerajaan dari pasukan Taliwang, yakni kerajaan Taliwang dan nama wilayah yang bernama Karang Taliwang. Kerajaan Taliwang adalah sebuah kerajaan yang ada di daerah Taliwang, Sumbawa. Dirunut dari sejarahnya, ayam taliwang ini konon diadaptasi dari sebuah kuliner yang bernama ayam pelalah. Ayam pelalah adalah kuliner khas Bali yang memiliki ciri khas daging ayam yang disuwir dan punya rasa pedas. Tidak hanya diadaptasi dari ayam pelalah saja, ayam taliwang juga mendapat pengaruh dari budaya suku Sasak yang suka dengan kuliner pedas. Suku Sasak adalah suku yang mendiami Pulau Lombok.

 

Terkenal di Lombok tapi Berasal dari Sumbawa

Jika dilihat dari asal-usulnya, sebenarnya ayam taliwang ini memang aslinya berasal dari Taliwang, Sumbawa. Tapi keberadaannya lebih dikenal di Lombok sehingga lebih dikenal sebagai kuliner khas Lombok. Terkenalnya ayam taliwang di Lombok juga dikarenakan kuliner ini memang memiliki pengaruh dari suku Sasak. Masyarakat suku Sasak memang sering mengonsumsi ayam taliwang sehingga lambat laun keturunan mereka pun lebih mengenal kuliner ini sebagai kuliner dari nenek moyangnya, yakni suku Sasak.



Sumber: pergikuliner.com 


Jadi Kuliner Perdamaian Dua Kerajaan

Ada satu fakta unik yang perlu kamu ketahui mengenai ayam taliwang ini. Ternyata ayam taliwang menjadi kuliner perdamaian dari dua kerajaan yang pada saat itu sedang bersiteru. Dua kerajaan yang berselisih tersebut adalah kerajaan Selaparang Lombok dan kerajaan Karangasem Bali. Kerajaan Taliwang bertindak sebagai penengah yang harus menengahi perselisihan dari dua kerajaan itu. Lantas, bagaimana ayam taliwang ini bisa menjadi kuliner perdamaian? Utusan dari kerajaan Taliwang yang di dalamnya tidak hanya terdapat prajurit saja tetapi juga koki, disiapkan untuk mengadakan perjamuan saat pertemuan kerajaan Selaparang dan Karangasem. Saat jamuan makan tersebut, para prajurit dari dua kerajaan tersebut sangat menikmati kelezatan dari ayam taliwang sehingga akhirnya berbaur dan bertukar pengetahuan tentang budaya, adat, tata krama, pola makan, dan sebagainya. Singkat cerita, Raja Karangasem yang sangat menikmati santapan ayam taliwang ini pun akhirnya memutuskan untuk berdamai dengan kerajaan Selaparang.

 

Kuliner Kaki Lima di Tahun 1960-an

Meski keberadaannya sudah ada sejak sebelum abad ke-19, kuliner ini pada kenyataannya baru mulai dikenal secara luas oleh masyarakat Sumbawa dan Lombok pada sekitar tahun 1960-an akhir hingga sekitar 1970-an awal. Pada tahun tersebut, ada seorang bernama Nini Manawiyah yang membuka warung makan yang menyediakan menu ayam taliwang saja. Waktu itu, menu ayam taliwang masih hanyalah satu di antara banyaknya kuliner yang ada di Sumbawa. Lalu di sekitar tahun 1970-an, ada seorang warga Lombok yang membuka warung tenda di pinggir jalan yang juga menawarkan satu menu saja, yakni ayam taliwang. Dari sini, ayam taliwang mulai mendapatkan popularitas yang lebih besar karena dianggap sebagai makanan yang terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat, sehingga siapa pun dapat menikmatinya.

 

Begitulah sekilas sejarah ayam taliwang yang menjadi kuliner perdamaian dari dua kerajaan. Kamu sendiri, apakah sudah pernah menyantap ayam taliwang? Kalau belum, PergiKuliner sudah menyiapkan tempat makan yang menyajikan ayam taliwang untuk kamu cicip. Langsung saja yuk, datangi salah satu tempat makan di bawah ini untuk menyantap ayam taliwangnya!

Putera Lombok

Foto Putera Lombok
Foto Putera Lombok
Foto Putera Lombok

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Ayam Taliwang Lombok

Foto Ayam Taliwang Lombok
Foto Ayam Taliwang Lombok
Foto Ayam Taliwang Lombok

Ayam Taliwang Pakde Kumis

Foto Ayam Taliwang Pakde Kumis
Foto Ayam Taliwang Pakde Kumis
Foto Ayam Taliwang Pakde Kumis

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?