Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sering Salah Dikenali, Ini Perbedaannya Es Cendol dengan Es Dawet

List Artikel
4 Juli 2023 | 0 Komentar

Indonesia memiliki banyak minuman es tradisional yang memiliki rasa menyegarkan. Ada dua es tradisional yang sangat populer di Indonesia, yakni es cendol dan es dawet. Keduanya ini memiliki banyak penggemar karena bisa dengan mudah dijumpai, terutama di Pulau Jawa. Menjadi minuman dingin yang populer, es cendol dan dawet ini kerap kali salah dikenali. Hal ini dikarenakan tampilannya terlihat mirip dari segi visual luarnya. Baik itu cendol maupun dawet sama-sama memiliki bentuk panjang pipih. Keduanya juga sama-sama disajikan bersama dengan kuah santan dan gula merah. Meski terlihat sama, keduanya ini ternyata berbeda satu sama lain. Buat yang ingin tahu perbedaan keduanya, kamu bisa mengintipnya langsung di bawah ini!

 


Sumber: pergikuliner.com


Asal Daerah dan Sejarahnya

Jika dilihat dari asal daerahnya, sudah pasti keduanya ini berbeda. Es cendol berasal dari daerah Jawa Barat, tepatnya dari Bandung. Sedangkan es dawet berasal dari daerah Ponorogo, Jawa Timur. Dari sejarahnya, es dawet muncul lebih awal jika dibandingkan dengan es cendol. Diketahui es dawet sudah ada sejak abad ke-10 dan hal ini tercatat di dalam Prasasti Taji sehingga bisa dibuktikan keabsahannya. Sementara itu, es cendol diketahui baru mulai muncul setelah abad ke-15 setelah diperkenalkan kepada Raden Fatah yang merupakan Sultan Kerajaan Demak.

 

Bahan Dasar yang Digunakan

Perbedaan yang kedua bisa dilihat dari bahan dasar yang digunakan. Es cendol awalnya hanya menggunakan campuran bahan dasar tepung beras dan tepung hunkwe yang dimasak bersama dengan air pandan hingga teksturnya mengental lalu dicetak dan didiamkan dalam air es hingga mengeras. Sedangkan es dawet dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras yang kadang dicampur dengan tepung ketan lalu dimasak dengan air hingga meletup-letup dan dicetak.

 

Dari Segi Tampilan Bentuk

Sebenarnya es cendol dan es dawet bisa dibedakan dari segi tampilan bentuknya. Keduanya memang sama-sama memiliki bentuk seperti tali pendek. Namun jika diperhatikan, bentuk keduanya berbeda karena menggunakan cetakan yang berbeda. Es cendol dibuat dengan menggunakan cetakan berbentuk gelas yang bagian bawahnya terdapat lubang-lubang sehingga bentuknya agak sedikit gendut dan pendek-pendek. Sedangkan es dawet dibuat dengan menggunakan saringan berlubang sehingga bentuk dawet cenderung lebih kecil dan panjang-panjang. Tidak hanya dari tampilan bentuknya saja, tapi juga dari warnanya. Es cendol selalu memiliki satu warna, yakni hijau. Sedangkan es dawet punya warna yang lebih beragam karena tidak hanya warna hijau tetaapi juga ada warna merah muda.



Sumber: pergikuliner.com 


Dari Segi Tekstur

Selain dari segi tampilan bentuknya, perbedaan dari es cendol dan es dawet juga bisa dilihat dari tekstur. Es cendol memiliki tekstur yang lebih padat dan kenyal karena menggunakan campuran tepung beras dan hunkwe. Sedangkan untuk es dawet, teksturnya cenderung lebih lembut dan kenyal karena menggunakan tepung beras ketan yang mengandung gluten yang lebih tinggi.

 

Dari Segi Cara Penyajian

Perbedaan yang terakhir bisa dilihat dari segi cara penyajiannya. Keduanya sama-sama disajikan bersama dengan kuah santan dan gula merah, tapi ternyata ada perbedaan dari cara penyajiannya. Selain dengan kuah santan dan gula merah, es cendol biasanya disajikan bersama dengan potongan buah nangka dan alpukat. Beberapa es cendol juga kerap kali disajikan bersama dengan daging buah durian. Berbeda dengan es dawet yang aslinya hanya disajikan dengan kuah santan dan gula merah cair saja. Meski ada beberapa es dawet yang diberi tambahan tape ketan berwarna putih, tambahan ini hanya bisa dijumpai di beberapa daerah saja.

 

Demikianlah perbedaan es cendol dengan es dawet. Semoga dengan adanya perbedaan di atas, kamu bisa membedakan keduanya dengan mudah. Buat yang ingin menyeruput minuman tradisional menyegarkan, di bawah ini ada beberapa rekomendasi gerai minuman yang bisa didatangi!

Pondol - Pondok Es Cendol

Foto Pondol - Pondok Es Cendol
Foto Pondol - Pondok Es Cendol
Foto Pondol - Pondok Es Cendol

Cendol Pandan

Foto Cendol Pandan
Foto Cendol Pandan
Foto Cendol Pandan

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho

Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?