Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Satu, Ada Banyak Jenis Olahan Tteokbokki yang Bisa Kamu Icip

List Artikel
15 September 2022 | 0 Komentar

Bagi pecinta makanan Korea pastinya mengenal yang namanya tteokpokki. Kuliner khas Korea ini tak hanya punya tampilan yang menarik, tapi juga punya tekstur dan cita rasa yang berbeda. Tteokpokki dibuat dari tteok atau kue beras yang berbentuk lonjong seperti pipa lalu dimasak bersama dengan bumbu pasta cabai merah khas Korea (gochujang), fishcake (odeng), serta aneka sayuran seperti daun bawang, wortel, dan kubis. Tteokpokki ini memiliki tampilan yang merah dengan tekstu kenyal dari tteok dan renyah dari sayuran yang dimasak setengah matang. Untuk cita rasanya  bercampur antara manis dan pedas. Tteokpokki sangat populer di Indonesia, tapi tahukah kamu kalau ternyata ada banyak jenis olahan tteokpokki yang perlu kamu ketahui. Yuk, coba lihat jenis olahan tteokpokki di bawah ini!

 

Rapokki



Sumber: Pergikuliner.com


Jenis olahan tteokpokki yang pertama adalah rapokki. Rapokki ini adalah tteokpokki yang bercampur dengan ramyun sehingga namanya menjadi rapokki alias ramyun tteokpokki. Sesuai dengan namanya, kuliner ini menggabungkan dua kuliner khas Korea yakni ramyun dan tteokpokki. Jadi buat kamu pecintaramyun, kuliner ini wajib dicoba. Cita rasanya lebih kaya serta rasanya agak lebih pedas karena ada tambahan bumbu ramyun di dalamnya. Biasanya untuk melengkapi santapan ini akan diberi telur rebus di atasnya.

 

Tteokkochi



Sumber: Jasmineandtea.com


Jenis olahan tteokpokki berikutnya adalah tteokkochi. Dari tampilannya, kuliner ini juga terlihat unik karena disajikan dengan cara ditusuk dengan tusuk sate. Tteokkochi dibuat dari tteok yang digoreng lalu ditusuk dengan bambu kemudian diolesi dengan bumbu tteokpokki dan dibakar atau dimasak lagi dengan cara di pan fry. Teksturnya lebih garing pada bagian luar tapi lembut dan kenyal pada bagian dalamnya. Cita rasanya agak lebih manis karena ada tambahan sirup jagung di dalamnya supaya saat dibakar akan timbul karamelisasi.

 

Gungjung Tteokbokki



Sumber: Futuredish.com


Jenis olahan tteokbokki yang satu ini memang agak sulit dijumpai di Indonesia karena gungjung tteokbokki adalah jenis tteokbokki klasik. Gungjung tteokbokki adalah tteokbokki yang dulunya disajikan pada keluarga kerajaan. Jadi bisa dikatakan kalau gungjung tteokbokki adalah tteokbokki kerajaan. Tampikannya berbeda dari tteokbokki kebanyakan karena tidak berwarna merah. Alasannya adalah pada masa kerajaan Korea belum ditemukan gochujang sehingga mereka menggunakan bahan lain seperti kecap asin, madu, serta minyak wijen untuk membumbuinya. Selain itu, kuliner ini juga kaya akam campuran sayuran di dalamnya seperti ada jamur, wortel, serta mentimun. Citarasa dari gungjung tteokbokki merupakan campuran dari rasa gurih dan asin. Buat kamu yang tidak suka makanan pedas, jenis olahan tteokbokki yang satu ini akan cocok dengan lidahmu.

 

Cheese Tteokpokki



Sumber: Pinimg.com


Beberapa tahun yang lalu jenis olahan tteokpokki ini sedang populer di kalangan anak muda Korea. Cheese tteokpokki ini sebenarnya adalah tteokpokki yang ditambahkan dengan keju, bisa keju mozarella, keju cheddar, atau keju parmesan. Tapi yang banyak digunakan adalah keju mozarella. Meski hanya ditambahkan satu bahan saja, tapi cita rasa tteokpokki jadi lebih berbeda karena rasanya jauh lebih gurih dan asin. Sedangkan teksturnya lebih legit, terutama yang ditambahkan keju mozarella.

 

Spicy Carbonara Tteokpokki



Sumber: Thefeedfeed.com


Jenis olahan tteokpokki yang terakhir adalah spicy carbonara tteokpokki yang sedang populer belakangan ini karena kuliner ini merupakan perpaduan dari kuliner khas Korea dan Italia yakni tteokpokki dan saus carbonara. Untuk membuatnya sebenarnya sama saja dengan cara membuat pasta dengan saus carbonara. Hanya saja pasta diganti dengan carbonara dan ada tambahan gochujang di dalamnya sehingga cita rasa menjadi agak pedas. Untuk teksturnya sendiri lebih creamy karena ada campuran krim, susu, dan keju di dalamnya.

 

Ada banyak bukan, jenis olahan tteokpokki asal Korea. Dari kelimanya ini, manakah yang paling cocok dengan seleramu dan mana yang kira-kira bisa sering kamu makan?

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Backdoor

Foto Backdoor
Foto Backdoor
Foto Backdoor

Kaepjjang Cafe & Eatery

Foto Kaepjjang Cafe & Eatery
Foto Kaepjjang Cafe & Eatery
Foto Kaepjjang Cafe & Eatery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?