Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips dan Trik Memanaskan Gorengan Agar Renyah Lagi

List Artikel
12 November 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu sangat suka ngemil? Bagi orang-orang yang ngemil pastinya suka menyantap gorengan. Gorengan merupakan makanan yang dimasak dengan cara digoreng. Di Indonesia, gorengan menjadi salah satu kuliner yang banyak difavoritkan sebagai cemilan. Kamu bahkan bisa dengan mudah menjumpainya di pedagang gerobak kaki lima dengan harga yang sangat terjangkau sehingga semua kalangan bisa menikmatinya. Gorengan bisa dibuat dari bahan dasar daging, sayur, hingga buah. Ada banyak alasan mengapa gorengan sangat disukai masyarakat Indonesia, tak hanya citarasanya yang lezat, gorengan juga punya tekstur yang garing dan renyah. Tapi ketika kita membeli gorengan, ada satu hal yang kerap kali membuat kita merasa kesal yakni saat gorengan dibawa pulang atau tidak segera disantap, maka teksturnya jadi lembek atau melempem. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah karena gorengan yang lembek atau melempem bisa dipanaskan kembali supaya teksturnya menjadi garing seperti sediakala. Tapi untuk memanaskannya, ada tips dan trik khusus yang perlu kamu ketahui. Di bawah ini ada beberapa tips dan trik memanaskan gorengan agar renyah lagi, simak yuk!

 

Panaskan dengan Microwave



Sumber: Kitchengearoid.com


Tips dan trik memanaskan gorengan agar renyah lagi yang pertama adalah dengan menggunakan microwave. Cara ini dinilai paling mudah dan cepat karena kamu hanya perlu menunggu beberapa menit saja sampai gorenganmu kembali renyah setelah dipanaskan dalam microwave. Tapi tentunya ada tips dan trik pada saat kamu memanaskan gorengan dengan microwave. Untuk memanaskan gorengan dalam microwave, panaskan dulu microwave dengan suhu 200 celcius lalu letakkan gorengan di atas loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti terlebih dahulu. Tujuan mengalasi gorengan dengan kertas roti adalah agar minyak dari gorengan bisa terserap oleh kertas roti tersebut. Panaskan gorengan selama 1-2 menit, lalu balik gorengan dan panaskan kembali selama 1 menit lagi. Selain menggunakan microwave, kamu juga bia menggunakan oven listrik, oven kompor, hingga toaster. Cara yang digunakan sama saja seperti pada microwave, hanya saja waktu memanaskannya menjadi kurang lebih 4-5 menit. Meski cara ini tergolong lebih mudah, tapi hasil krispynya akan lebih kering alias tidak moist.


Panaskan dengan Metode Panfry



Sumber: Meridithcorp.io


Tips dan trik memanaskan gorengan agar renyah lagi dan teksturnya tidak lengket adalah dengan menggunakan metode panfry alias menggoreng dengan minyak sedikit. Cara ini bertujuan untuk mengembalikan kerenyahan gorengan yang tidak dilapisi tepung, misalkan saja memanaskan kentang goreng, tahu atau tempe goreng biasa yang tidak bertepung. Caranya sangatlah mudah. Panaskan wajan anti lengket lalu beri sedikit minyak di atasnya dan masukkan gorengan dalam wajan. Kamu bisa langsung memanaskannya dengan menggunakan api sedang cenderung besar. Jika bagian atasnya sudah terlihat kering, maka balik dan lakukan hal sama selama beberapa menit, baru angkat dan tiriskan sebelum disajikan.

 

Panaskan dengan Cara Deep Fry



Sumber: Nytimes.com


Tips dan trik memanaskan gorengan agar renyah lagi adalah dengan menggunakan cara deep fry atau menggorengnya dalam minyak yang cukup banyak. Cara ini sangat cocok digunakan untuk memanaskan gorengan yang bertepung. Untuk cara memanaskannya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu memanaskan wajan yang sudah diberi minyak dalam jumlah banyak. Biarkan minyak hingga panas betul dalam api sedang lalu masukkan gorengan dalam wajan dan goreng sebentar sambil dibolak-balik hingga semua sisinya garing.  Jika kamu memasukkan gorengan saat minyak belum panas, maka minyak akan terserap lebih banyak dan gorengan tidak akan garing justru akan berminyak. Setelah garing, angkat gorengan dan tiriskan.  

 

Nah, sekarang teman kuliner sudah tahu kan tips dan trik memanaskan gorengan agar renyah lagi? Jadi mulai sekarang, tak perlu khawatir lagi gorengan yang kamu beli teksturnya lembek sehingga tidak enak disantap karena kamu bisa memanaskannya.  Sekarang, bawa gorengan-gorengan enak rekomendasi Pergikuliner di bawah ini ke rumah yuk!

Bakwan Pontianak

Foto Bakwan Pontianak
Foto Bakwan Pontianak
Foto Bakwan Pontianak

Pastel Istimewa Ma'Cik

Foto Pastel Istimewa Ma'Cik
Foto Pastel Istimewa Ma'Cik
Foto Pastel Istimewa Ma'Cik

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Verina Risoles

Foto Verina Risoles
Foto Verina Risoles
Foto Verina Risoles

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?