Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips dan Trik Memilih Roti Tawar yang Sehat untuk Sarapan

List Artikel
23 Juni 2022 | 0 Komentar

Roti menjadi salah satu kuliner yang paling sering dijadikan sebagai menu sarapan. Meski awalnya kebiasaan sarapan dengan roti ini hanya dimiliki oleh masyarakat barat saja, tapi perlahan masyarakat Asia seperti Indonesia pun mulai menyukainya. Roti memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga cocok dijadikan sebagai menu sarapan karena bisa cepat diolah menjadi tenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Salah satu jenis roti yang banyak dipilih untuk menu sarapan adalah roti tawar. 


Pasalnya, roti tawar sangat mudah dikreasikan menjadi aneka olahan kuliner apa saja yang cocok untuk sarapan. Mulai dari disantap begitu saja dengan olesan selai buah, cokelat, atau kacang. Diberi taburan meises atau mentega dan gula, dibuat menjadi sandwich, hingga dijadikan sebagai toast. Berhubung sering dijadikan sebagai menu sarapan, maka kamu harus pintar dan jeli dalam memilih roti tawar yang sehat karena menu sarapan yang sehat pasti bisa membuat badan kita sehat juga. Kali ini Pergi Kuliner punya beberapa tips dan trik dalam memilih roti tawar yang sehat untuk kamu jadikan sebagai menu sarapan pagi, yaitu:

 

Sumber: Pergikuliner.com


Pilih Roti Berbahan Gandum

Tips yang pertama dalam memilih roti tawar adalah pilihlah roti yang terbuat dari bahan gandum, kalau bisa gandum utuh, ya! Mengapa harus roti tawar gandum? Ternyata ada alasannya, loh. Roti tawar yang terbuat dari gandum bisa membuatmu kenyang lebih lama. Pasalnya, gandum memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga tidak membuatmu cepat lapar. Kamu bisa mengombinasikan roti tawar gandummu menjadi olahan sandwich atau toast sehingga punya cita rasa yang lebih kaya.

 

Roti dengan Campuran Biji-bijian dan Kacang-kacangan Lebih Bagus Dikonsumsi

Pilihan roti tawar yang sehat untuk sarapan juga bisa dilihat dari adanya campuran biji-bijian dan kacang-kacangan di dalamnya. Roti tawar dengan campuran biji-bijian dan kacang-kacangan di dalamnya sangat kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral. Jadi, wajar saja kalau roti tawar dengan tambahan biji-bijian dan kacang-kacangan ini sangat dianjurkan sebagai menu sarapan. Supaya lebih sehat, kamu bisa menyantapnya hanya dengan olesan madu saja.

 

Cek Kandungan Gula yang Ada di Dalamnya



Sumber: Klikdokter.com


Jika ingin memilih roti tawar yang sehat untuk menu sarapan, cek terlebih dahulu kandungan gula yang ada di dalamnya. Dalam roti tawar, selalu ada kandungan gula yang ditambahkan. Kamu harus mengeceknya pada bagian kemasan roti tawar tersebut. Jika kadarnya tinggi, maka sebaiknya kamu menghindarinya sebagai menu sarapan. Kandungan gula yang tinggi pada roti tawar bisa membuat guka darah cepat melonjak dan menurun drastis kembali sehingga mengakibatkan tubuh bisa mudah lemas saat beraktivitas. Selain itu, kandungan gula yang tinggi juga bisa membuat naiknya berat badan. Oleh karena itu, pilihlah roti tawar yang low sugar.

 

Cek Juga Penggunaan Zat Aditif Pada Roti Tawar

Selain kandungan gula, kamu juga harus mengecek adanya penggunaan zat aditif yang ada pada roti tawar. Buat yang belum tahu, zat aditif adalah bahan pengawet yang digunakan pada makanan. Jika ingin roti tawar yang sehat, sebaiknya hindari roti tawar yang di dalamnya ada zat aditif. Pilihlah roti seperti artisan bakery yang langsung dibuat pada hari itu juga sehingga masih segar. Biasanya artisan bakery hanya bisa bertahan 1-3 hari karena tak ada bahan pengawet di dalamnya. Saat ini sudah banyak gerai atau toko roti yang mengusung konsep artisan bakery sehingga kamu bisa dengan mudah menemukannya.

 

Roti Organik Sangat Cocok untuk Pilihanmu

Tips yang terakhir jika ingin memilih roti tawar yang sehat untuk sarapan adalah kamu bisa memilih roti organik. Selain roti gandum dan artisan bakery, roti organik juga sangat bagus kamu konsumsi karena kandungan nutrisinya sangat tinggi dan dibuat dari bahan-bahan organik yang lebih sehat. Memang, dari segi harga, roti tawar organik akan lebih mahal harganya. Tapi bukankah itu sepadan dengan manfaat yang akan kamu dapatkan 

 

Itulah beberapa tips dan trik memilih roti tawar yang sehat untuk sarapan pagimu. Semoga tips dan trik di atas berguna untukmu, ya!

Holland Bakery

Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Roti Eneng

Foto Roti Eneng
Foto Roti Eneng
Foto Roti Eneng

BEAU Bakery

Foto BEAU Bakery
Foto BEAU Bakery
Foto BEAU Bakery

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?