Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Mengatasi Masalah Nafsu Makan Akibat Stres

List Artikel
24 Juni 2023 | 0 Komentar
Pernahkah kamu mengalami masalah nafsu makan akibat stres? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Dalam kehidupan yang penuh tekanan seperti sekarang, stres bisa menjadi faktor yang memengaruhi nafsu makan kita. Masalah nafsu makan akibat stres bisa berjalan dalam dua arah yang berbeda: menurun atau meningkat. Nah, ada beberapa tips mengatasi masalah nafsu makan akibat stres yang bisa membantu kamu agar dapat kembali menyantap hidangan dengan penuh kenikmatan. Yuk, simak tips mengatasi masalah nafsu makan akibat stres di bawah ini!



Sumber: pexels.com/Karolina Grabowska

Ciptakan Pola Makan yang Teratur
Tips mengatasi masalah nafsu makan akibat stres yang pertama adalah pola makan yang teratur. Memiliki pola makan yang teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Jika kamu mengalami penurunan nafsu makan akibat stres, cobalah untuk makan dalam porsi kecil tapi lebih sering. Jika stres membuat nafsu makan kamu meningkat, penting untuk tetap menjaga porsi makan yang terkendali. Buatlah jadwal makan yang teratur dan konsumsi makanan bergizi dalam ukuran porsi yang cukup. Hindari mengonsumsi makanan berlebihan atau sering melewatkan waktu makan saat mengalami stres.

Konsumsi Makanan Sehat
Pilihan makanan yang tepat dapat menjadi tips mengatasi masalah nafsu makan akibat stres. Pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. Hindari konsumsi berlebihan makanan junk food, kafein, alkohol, dan makanan atau minuman tinggi gula. Pasalnya, semua itu dapat memperburuk masalah nafsu makan akibat stres yang kamu alami. Pastikan juga untuk menjaga hidrasi dengan minum air yang cukup setiap hari.


Sumber: pergikuliner.com

Temukan Cara Mengelola Stres yang Sehat
Stres dapat membuat seseorang merasa malas makan atau ingin makan berlebihan sebagai bentuk pelampiasan emosional. Aktivitas fisik seperti olahraga atau melibatkan diri dalam kegiatan yang kamu sukai dapat membantu melepaskan ketegangan dan mengalihkan pikiran dari stres. Cobalah untuk menyisihkan waktu dengan berjalan-jalan ringan, berenang, meditasi, membaca, menulis, menggambar, atau kegiatan lainnya yang memberikan kebahagiaan. Dengan merasa lebih bahagia, rasa stres dapat berkurang dan nafsu makan kamu kemungkinan besar menjadi lebih terkendali.

Istirahat dan Tidur yang Cukup
Kurang tidur dapat memperburuk stres dan menganggu pola makan, karena itulah kamu perlu istirahat dan tidur yang cukup untuk mengatasi masalah nafsu makan akibat stres. Waktu tidur ideal dapat bervariasi antara individu, tetapi umumnya sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar 7-8 jam tidur per malam. Buatlah rutinitas tidur yang konsisten dan ciptakan lingkungan yang nyaman untuk tidur. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh dan pikiran kamu pulih dari stres serta menjaga kesehatan dan  keseimbangan yang optimal.

Itulah beberapa tips mengatasi masalah nafsu makan akibat stres yang bisa kamu terapkan. Mengatasi masalah nafsu makan akibat stres memang membutuhkan waktu dan kesabaran. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menghadapi stres. Jika masalah nafsu makan akibat stres yang kamu alami berlanjut atau memburuk, penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis atau ahli gizi untuk mendapatkan bantuan yang tepat.

Buat kamu yang sedang mengalami stres dan ingin menyantap hidangan sehat, kamu bisa menemukan berbagai restoran yang menyajikan hidangan sehat melalui aplikasi PergiKuliner. Kamu pun bisa melihat ulasan dan rating dari para Teman Kuliner yang pernah ke restoran terlebih dulu untuk jadi bahan pertimbangan kamu. Lebih mudahnya lagi, kamu bisa langsung mengunjungi salah satu rekomendasi restoran yang menyajikan makanan sehat di bawah ini!

Burgreens Eatery

Foto Burgreens Eatery
Foto Burgreens Eatery
Foto Burgreens Eatery

Waroeng Ethnic

Foto Waroeng Ethnic
Foto Waroeng Ethnic
Foto Waroeng Ethnic

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Livingstone Cafe & Bakery

Foto Livingstone Cafe & Bakery
Foto Livingstone Cafe & Bakery
Foto Livingstone Cafe & Bakery

Morning Glory

Foto Morning Glory
Foto Morning Glory
Foto Morning Glory

Penulis : Deva Norita
Editor : Deva Norita


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?