Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Simpan Onigiri agar Tak Mudah Basi, Bisa buat Bekal Lusa

List Artikel
21 September 2023 | 0 Komentar

Onigiri menjadi salah satu kuliner khas Jepang yang terbilang cukup populer di Indonesia. Onigiri memiliki bentuk yang unik karena bentuknya segitiga dengan ukuran yang sekepalan tangan sehingga mudah digenggam dan disantap. Kuliner ini bisa dengan mudah dijumpai di pasar swalayan atau minimarket Jepang. Pasalnya, onigiri adalah kuliner Jepang yang memang terbilang praktis sehingga cocok bagi kamu yang sibuk dan tidak sempat mampir ke restoran atau rumah makan Jepang untuk bersantap. Biasanya, orang akan membeli onigiri sebagai menu bekal makanan mereka. Tapi terkadang, sebagian orang malas jika harus pergi keluar setiap harinya untuk membeli onigiri, sehingga kerap kali lebih memilih untuk membeli dalam jumlah banyak agar bisa disantap besok ataupun lusanya. Lantas, bagaimana caranya supaya onigiri tidak mudah basi? Kamu bisa melihat beberapa tips menyimpan onigiri agar tak mudah basi di bawah ini!



Sumber: pergikuliner.com

 

Perhatikan Jenis Onigiri

Tips yang pertama adalah memperhatikan jenis onigiri yang akan dibeli dan disimpan. Tidak semua onigiri bisa disimpan lama. Hal ini dikarenakan isian yang dimilikinya bisa membuat onigiri mudah basi. Pilihlah jenis onigiri yang dibungkus dengan rumput laut secara keseluruhan sehingga nasi tidak mudah kering jika disimpan. Selain itu, perhatikan isian dari onigiri. Isian yang basah membuat onigiri cepat basi. Maka dari itu, pilihlah isian seperti umeboshi yang merupakan asinan buah ume kering. Ada juga okaka onigiri yang dicampur dengan bonito kering serut. Dengan memilih isian yang kering, maka onigiri bisa tahan lama sehingga bisa disimpan hingga 1-2 hari.

 

Simpan dalam Suhu Udara yang Sejuk

Onigiri sebenarnya bisa disimpan di suhu ruangan sehingga bagi kamu yang tidak memiliki kulkas, kamu tetap bisa menyimpannya dengan aman sebagai bekal untuk keesokan harinya. Tapi ada satu hal yang perlu kamu ingat, yakni simpanlah onigiri di udara yang sejuk. Hindarkan onigiri dari paparan sinar matahari karena bisa merusak tekstur dan rasanya, karena onigiri yang terkena cahaya matahari juga bisa mudah basi. Simpanlah onigiri di ruangan dengan suhu udara yang sejuk dan kering.

 

Simpan di Kulkas

Jika ingin lebih tahan lama lagi, kamu bisa menyimpan onigiri di dalam kulkas. Onigiri yang disimpan di dalam kulkas bisa bertahan hingga 3 hari. Penyimpanan onigiri di dalam kulkas dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa membuat onigiri cepat basi. Tapi penting untuk diingat bahwa walaupun onigiri bisa disimpan lebih lama di dalam kulkas, rasanya mungkin akan mengalami perubahan seiring waktu. Karena beberapa komponen rasa dalam onigiri bisa semakin berkurang saat disimpan dalam suhu rendah. Jadi, lebih baik kamu segera menyantapnya setelah disimpan selama 1-3 hari di dalam kulkas supaya rasanya tidak banyak berubah. 



Sumber: pergikuliner.com

 

Tidak Membuka Kemasannya

Salah satu tips simpan onigiri supaya tidak mudah basi adalah dengan tidak membuka kemasannya. Onigiri yang dijual di minimarket hingga supermarket Jepang biasanya dibungkus dengan plastik kemasan dan disegel rapat. Hal ini bertujuan untuk mencegah onigiri terpapar bakteri yang dapat menyebabkan kontaminasi sehingga mudah basi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak membuka kemasannya jika ingin onigiri tetap awet. Lantas, bagaimana jika sudah terlanjur dibuka kemasannya? Kamu bisa menggunakan wadah kedap udara yang tertutup rapat. Wadah ini membantu mengurangi paparan udara dan menjaga onigiri dari kontaminasi.

 

Hindari Menyimpan Onigiri secara Berulang

Tips terakhir simpan onigiri supaya tidak mudah basi adalah hindari menyimpan onigiri secara berulang kali. Jadi, kalau kamu sudah menyimpan onigiri di dalam kulkas dan ternyata tidak jadi dimakan, maka jangan mengembalikannya ke dalam kulkas. Begitu juga jika kamu sudah menghangatkan onigiri dan akhirnya tidak jadi mengonsumsinya, hindari untuk menyimpannya kembali. Inilah yang dinamakan menyimpan berulang kali. Tindakan ini dapat mengubah rasa dan tekstur onigiri serta membuatnya lebih mudah basi. Oleh karena itu, penting untuk hanya menyimpan onigiri sekali saja setelah pembuatan awalnya untuk mempertahankan kualitas terbaik.

 

Nah, itulah beberapa tips menyimpan onigiri supaya nantinya tidak mudah basi. Jadi, mulai sekarang kamu bisa menyetok onigiri dengan mudah untuk bekal makanan! Buat kamu yang ingin menyantap onigiri atau makanan khas Jepang lainnya, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi!

Onigiri Toiro

Foto Onigiri Toiro
Foto Onigiri Toiro
Foto Onigiri Toiro

Donburi Ichiya

Foto Donburi Ichiya
Foto Donburi Ichiya
Foto Donburi Ichiya

Kappa Sushi

Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi

Katsutoku

Foto Katsutoku
Foto Katsutoku
Foto Katsutoku

Futago Ya

Foto Futago Ya
Foto Futago Ya
Foto Futago Ya

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?