Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Uniknya 5 Nama Makanan yang Berasal dari Bunyi

List Artikel
30 Juli 2018 | 0 Komentar

Kuliner Indonesia memang tak akan pernah membuat kamu kecewa. Cita rasanya yang unik dan khas membuat kuliner Indonesia tidak akan pernah ditinggalkan para pelanggannya. Bukan hanya cita rasanya saja yang unik, tapi juga nama-nama makanannya tergolong unik. Coba saja kamu lihat makanan yang berasal dari Jawa Barat seperti cimol yang merupakan singkatan dari aci digemol, cireng yang berarti aci digoreng, batagor yang berarti bakso tahu goreng, dan masih banyak lagi. Selain nama-nama makanan yang berasal dari singkatan, ternyata ada nama-nama makanan Indonesia yang berasal dari bunyi-bunyian seperti yang ada di bawah ini:

 

1. Nasi Goreng Tek-tek


Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada nasi goreng tek-tek. Pastinya kamu hapal banget sama kuliner malam yang satu ini. Dinamakan nasi goreng tek-tek karena pedagang yang menjualnya selalu memukulkan sendok penggorengan ke penggorengan sehingga menimbulkan bunyi tek tek. Pedagang nasi goreng harus membunyikan penggorengannya karena kebanyakan nasi goreng yang dijual di gerobak selalu lewat malam-malam sehingga untuk memanggil atau menarik para pembeli, pedagang nasi goreng sengaja membunyikan penggorengannya.

 

2. Mie Dog-dog


Sumber : Obs.line-sdc.net


Selain nasi goreng tek-tek, kuliner malam yang juga punya nama unik dari bunyinya adalah mie dog-dog. Mie dog-dog adalah mie rebus yang dijual oleh pedagang gerobak saat malam hari. Mie rebus yang dibuat ini bukan seperti mie instan lho, tapi lebih mirip seperti mie godog Jawa. Nama mie dog-dog berasal dari bunyi dog-dog yang dihasilkan dari pentungan kecil berbentuk kotak yang terbuat dari kayu. Pedagang mie dog-dog biasanya tak hanya menjual mie rebus saja, tapi juga mie goreng.


3. Soto Gebrak


Sumber : Pergikuliner.com


Pernah mencoba soto gebrak? Soto gebrak ini banyak kamu jumpai di daerah-daerah Jawa. Tak seperti nasi goreng tek-tek yang dijual oleh pedagang kaki lima gerobak, soto gebrak ini dijual di kedai makanan. Penamaan soto gebrak ini berasal dari proses pembuatannya yang menimbulkan bunyi gebrak-gebrak. Untuk membumbui soto, ada botol-botol kaca yang berisi bumbu, biasanya botol-botol ini yang dibunyikan. Meski dibunyikan dengan kencang, anehnya botol tersebut tidak pecah.


4. Ayam Geprek


Sumber : Pergikuliner.com


Tak jauh berbeda dengan soto gebrak, asal mula nama ayam geprek juga berasal dari proses pembuatannya. Jadi, ayam yang sudah digoreng kemudian diletakkan di atas talenan atau cobek lalu digeprek dengan menggunakan pisau daging atau ulekan hingga hancur. Setelah digeprek, ayam diberi sambal di atasnya dan disajikan bersama dengan lalapan dan nasi putih hangat. Suara gebrekan ini memang terdengar sangat kencang sehingga membuat orang terkaget saat mendengarnya. Ayam geprek yang merupakan kuliner khas Jawa Tengah ini sekarang sudah mengalami banyak inovasi seperti adanya penambahan keju leleh di atasnya.


5. Es Tung-tung


Sumber : Ytimg.com


Terakhir ada es tung-tung yang akan mengingatkanmu akan masa kecil atau zaman SD dulu karena es ini bisa ditemui di depan gerbang sekolah. Dinamakan es tung-tung karena hasil bunyi dari gong kecil yang dibunyikan dengan pentungan sehingga menghasilkan bunyi tung-tung. Selain bisa ditemui di depan gerbang sekolah, pedagang es tung-tung juga berjualan dengan cara berkeliling sambil membunyikan kentungannya. Tidak seperti es krim yang terbuat dari campuran susu, es tung-tung dibuat dari campuran santan kelapa sehingga citarasanya jadi lebih legit.

 

Unik-unik bukan penamaan makanan-makanan di atas. Menurut teman Pergi Kuliner masih ada lagi tidak makanan yang namanya berasal dari bunyi? Nah, kalau kamu jadi kepingin juga makan makanan seperti di atas, kamu bisa langsung datangi tempat-tempat di bawah ini!

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Bakmi Bangka 21

Foto Bakmi Bangka 21
Foto Bakmi Bangka 21

Geprek Bensu

Foto Geprek Bensu
Foto Geprek Bensu

Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo
Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Kang Ajie Nasi Goreng Bistik

Foto Kang Ajie Nasi Goreng Bistik

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?