Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Uniknya Aneka Bentuk Nasi Khas Nusantara untuk Lebaran

List Artikel
21 Juni 2017 | 0 Komentar

Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Setiap daerah yang ada di Indonesia selalu memiliki tradisi menyajikan menu khas tradisional saat lebaran. Berbeda dengan hari-hari biasanya, beras yang menjadi bahan makanan pokok diolah menjadi beragam bentuk nasi yang pasti kamu jumpai saat lebaran. Aneka bentuk nasi tersebut disajikan bersama dengan sayur santan yang terdiri dari beragam isian tergantung dari masing-masing daerahnya. Ingin tahu seperti apa aneka bentuk nasi yang dimiliki Indonesia? Yuk, simak!

 

1. Ketupat



Sumber: uniquisine.com

Bentuk nasi yang satu ini pastinya sudah kamu ketahui. Ketupat memiliki bentuk yang unik yakni berbentuk jajaran genjang. Ketupat merupakan nasi yang dibungkus dengan daun kelapa yang masih muda alias janur yang diisi dengan beras putih lalu direbus atau dikukus selama berjam-jam lamanya. Ketupat memiliki tekstur yang padat dengan warna bagian luar yang agak buram akibat janur yang berubah warna menjadi kecoklatan saat dimasak. Ketupat biasa disantap dengan sayur ketupat yang merupakan sayur santan dengan beragam isian tergantung dari daerah asalnya.

 

2. Lontong



Sumber: indonesiamedanfood.com


Berbeda dengan ketupat, lontong memiliki betuk yang lonjong seperti pipa. Lontong memiliki tekstur yang lembut karena memasaknya tidak selama ketupat. Ada sentuhan warna kehijauan pada bagian permukaannya karena terbungkus oleh daun pisang. Sementara pada bagian dalamnya tetap putih dan pulen. Lontong paling cocok disantap bersama dengan kuliner berkuah seperti soto, sayur godog, dan lain sebagainya.

 

3. Buras



Sumber: wikipedia.com


Buras merupakan bentuk nasi khas Sulawesi Selatan, tepatnya Makassar. Buras merupakan perpaduan dari lontong dan ketupat. Buras terbuat dari beras yang dicampur dengan santan sehingga rasanya sangat gurih. Cara memasak buras adalah dengan mengukus beras terlebih dahulu dengan santan dan daun salam hingga setengah matang, baru kemudian dibungkus dengan daun pisang dan diikat dengan tali lalu dikukus hingga matang.  

 

4. Pesor



Sumber: anisa-khaerunisa.blogspot.co.id


Dari bentuknya, sekilas pesor mirip dengan buras. Tapi pesor memiliki bentuk yang lebih tebal dan ukuran yang lebih besar. Selain itu, pesor juga tidak menggunakan santan. Pesor yang berasal dari Betawi ini sering disajikan bersama dengan sayur lelawar, yakni perpaduan sayur-sayuran dengan daging sapi yang diberi kuah santan. Selain itu, pesor juga sering disantap dengan parutan kelapa yang disangrai dan diberi sedikit cabai merah.

 

5. Lemang



Sumber: tokomesin.com


Terakhir ada lemang yang berasal dari Sumatera Selatan. Lemang terbuat dari campuran beras putih dan ketan putih yang dibalut dalam daun pisang muda lalu dibakar dalam bambu sehingga aromanya sangat wangi dan cita rasanya juga sangat berbeda. Lemang bertekstur lembut tapi kenyal. Saat lebaran, lemang disajikan bersama dengan rendang atau gulai.

 

Macam-macam kan bentuk nasi yang bisa disajikan saat lebaran. Kalau kamu ingin menyantap yang mana? Atau gak sabar kepingin makan-makanan seperti di atas tanpa harus menunggu lebaran? Tenang! PergiKuliner telah menyiapkan rekomendasinya di bawah ini!

 

Lontong Medan Alay

Foto Lontong Medan Alay
Foto Lontong Medan Alay

Kafe Betawi

Foto Kafe Betawi
Foto Kafe Betawi

Remboelan

Foto Remboelan

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?