Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Makan Enak dan Sehat Saat Hari Raya Idul Fitri

List Artikel
20 Juni 2017 | 0 Komentar

Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan kuliner enaknya. Mulai dari ketupat beserta sayur santannya, opor, gulai, sambal goreng kentang ati, dan lain sebagainya. Hampir semua kuliner Idul Fitri terbuat dari santan yang cita rasanya sangat gurih. Belum lagi ditambah camilan kue kering yang bercita rasa manis. Tak heran jika kebanyakan orang akan bertambah berat badannya setelah perayaan Idul Fitri karena tidak bisa menahan godaan makanan enak sehingga mereka nambah dan nambah lagi. Nah, agar kamu tetap bisa makan enak tapi tetap sehat saat Hari Raya Idul Fitri, PergiKuliner punya tipsnya  untuk kamu. Yuk, lihat!

 


Sumber: emak2blogger.com


1. Gunakan Piring Kecil

Selalu gunakan piring kecil saat akan makan karena ukuran piring akan mempengaruhi porsi makanan yang akan kamu ambil. Ruang sempit yang ada pada piring akan membuat kamu lebih berhati-hati dalam memilih makanan agar muat dalam piring. Lain halnya jika kamu menggunakan piring besar yang lebar. Keinginan makan biasanya akan terus bertambah selama kamu masih melihat ada ruang kosong dalam piringmu. Dengan menggunakan piring kecil, selain makanan bisa jadi lebih terkontrol, berat badan kamu juga bisa tetap stabil.

 

2. Hindari Menyantap Karbohidrat Berlebih

Ketupat atau lontong menjadi kuliner tahunan yang paling kamu rindukan. Tak heran jika dalam sekali makan, kamu bisa menyantap dua hingga tiga buah ketupat sekaligus. Tapi sebaiknya jangan menyantap ketupat terlalu banyak karena masih ada banyak makanan yang belum kamu coba. Jika perut kamu sudah kekenyangan karena kebanyakan makan karbohidrat, maka kuliner Idul Fitri yang lain tak akan bisa kamu coba.

 

3. Makan Secara Perlahan

Saat melihat kuliner Idul Fitri tersaji di depan mata, semua indra yang ada pada tubuhmu pasti akan dengan cepat bereaksi untuk dengan segera melahap makanan. Apalagi jika melihat ada makanan lain yang belum kamu santap. Mulut dan tangan seolah dikomando untuk menyantap makanan lebih cepat. Cobalah untuk menyantap makanan secara perlahan karena dengan makan perlahan kamu bisa mengurangi kerja pencernaan yang lebih berat saat Idul Fitri.

 

4. Jangan Lupa Menyantap Buah

Buah biasanya terlupakan saat Idul Fitri karena ada banyak makanan yang menggoda untuk disantap. Ingat ya guys, kalau sebagian besar kuliner Idul Fitri terbuat dari santan. Dengan mengonsumsi buah, kamu bisa melancarkan sistem pencernaan serta mengimbangi asupan kolesterol dalam tubuh. Kamu juga akan terhindar dari sembelit. Jika tak suka menyantap buah potong atau dalam keadaan utuh, kamu bisa mengubahnya menjadi salad atau smoothie.

 

5. Perbanyak Minum Air Putih

Selain menyantap buah, jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih karena tak hanya sebagai penghilang dahaga, air putih juga bisa membantu untuk mengeluarkan toksin yang ada dalam tubuh dan menghindari kamu dari dehidrasi. Minum satu hingga dua gelas air putih setelah menyantap kuliner bersantan agar bisa menetralisir kadar kolesterol dalam tubuh. 

 

Sekarang sudah tahu khan bagaimana caranya agar bisa tetap makan enak tapi sehat saat Hari Raya Idul Fitri. Selamat mencoba!

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan

Kafe Betawi

Foto Kafe Betawi
Foto Kafe Betawi

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Dapur Solo

Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo

Seribu Rasa

Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?