Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wajib Dihindari, Ini Kebiasaan Tak Sehat Saat Berbuka Puasa

List Artikel
31 Maret 2023 | 0 Komentar

Momen berbuka puasa memang sangat dinanti-nantikan setelah kita berpuasa seharian. Biasanya berbuka puasa akan lebih nikmat jika dilakukan bersama-sama dengan keluarga maupun teman. Pada saat momen buka puasa ini kerap kali menjadi ajang balas dendam karena setelah berpuasa menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam, kita diperbolehkan untuk menyantap makanan dan minuman kembali. Tanpa disadari, ada banyak kebiasaan buruk yang dilakukan ketika berbuka puasa. Kebiasaan buruk ini tak sehat sehingga bisa berdampak pada risiko kesehatanmu nantinya. Beberapa kendala kesehatan yang terjadi akibat kebiasaan tak sehat saat berbuka puasa adalah perut begah, kembung, radang tenggorokan, batuk pilek, dan lain sebagainya. Nah, untuk menghindari hal-hal ini terjadi, coba cek dulu apa saja kebiasaan tak sehat yang sebaiknya tidak dilakukan saat berbuka puasa.



Sumber: News.detik.com


1. Konsumsi Makanan Manis yang Berlebihan

Hal yang pertama adalah kurangi konsumsi makanan manis saat berbuka puasa. Kita memang sangat dianjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis. Tapi hal ini akan menjadi masalah jika kamu terlalu banyak menyantapnya. Pasalnya konsumsi makanan manis yang berlebihan saat berbuka puasa akan memicu lonjakan kenaikan gula darah yang sangat drastis sehingga membuat tubuh bisa merasa kemas dan menimbulkan beragam risiko kesehatan. Jika ingin makan makanan manis saat berbuka, secukupnya saja, lalu imbangi dengan minum air putih.


2. Porsi Makan yang Terlalu Banyak

Seperti yang sudah dikatakan di atas, momen berbuka puasa kebanyakan dijadikan sebagai momen balas dendam. Balas dendamnya ini berupa menyantap makanan dalam porsi banyak atau makan semua makanan yang tersaji di atas meja makan saat berbuka. Biasanya faktor ini dikarenakan kamu sudah sangat lapar atau tergiur dengan wangi makanan tersebut sehingga tidak bisa menahan godaan untuk menyantapnya sekaligus saat berbuka. Makan dengan porsi yang terlalu banyak saat berbuka bisa memicu perut begah dan sesak nafas. Jadi makanlah secukupnya dan lanjutkan kembali setelah shalat tarawih.

 

3. Terlalu Banyak Makan Gorengan

Salah satu kebiasaan tak sehat ketika berbuka puasa adalah terlalu banyak menyantap gorengan saat berbuka puasa. Hayo, siapa yang punya kebiasaan ini? Rasanya rata-rata orang Indonesia sangat suka berbuka dengan gorengan. Jika ingin makan gorengan untuk berbuka sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan jangan kebanyakan. Setidaknya makanlah 1-2 gorengan ketika berbuka dan minum air putih hangat. Menyantap gorengan terlalu banyak saat berbuka bisa memperlambat organ pencernaan sehingga kerja sistem pencernaan bisa terganggu.

 

4. Langsung Menyantap Makanan Cepat Saji

Kebiasaan buruk terakhir adalah langsung menyantap makanan cepat saji langsung pada saat berbuka. Saat berbuka sebaiknya santaplah kurma atau buah-buahan manis seperti melon, pepaya, blewah, dan lain sebagainya. Barulah setelah perut terisi sedikit, kamu bisa menyantap makanan cepat saji. Makanan cepat saji memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga jika dimakan langsung pada saat berbuka puasa bisa menghambat kinerja sistem pencernaan.


Itu dia beberapa kebiasaan yang wajib dihindari saat berbuka puasa karena tidak sehat. Selama puasa, teman kuliner tentu dituntut untuk selalu fit agar puasa tidak terganggu. Saat sahur dan berbuka puasa adalah saat paling pas untuk memberikan tubuh nutrisi baik agar puasa teman kuliner semakin lancar. Konsumsi buah dan sayur tentu jadi hal yang mutlak nih. Kalau tidak sempat membeli sayur dan buah di pasar, mampir atau pesan makanan-makanan di bawah ini aja. Dijamin sehat dan enak!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Salad Point ID

Foto Salad Point ID
Foto Salad Point ID
Foto Salad Point ID

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?