Foto Profil AyookMakan | IG: @ayook.makan

AyookMakan | IG: @ayook.makan

21 Review | 15 Makasih
Level 4
Filter Catatan
Urutkan berdasarkan: Tanggal
  • 4.0  
    Waytuki [ Pasar Baru, Vegetarian ]

    Di-REKOMENDASI!!!

    Setelah sekian waktu merantau di Jakarta, baru kali ini Tim AyookMakan berhasil menjejakkan kaki di gerai kuliner khas India. Ya, WAYTUKI, menjadi salah satu spot kuliner yang selama ini masuk radar/target. Restoran ini digawangi oleh bersaudara keturunan India kelahiran Medan.

    Kunjungan kali ini membuahkan kesan yang sangat baik. Pelayanan yang ramah dan sangat membantu dalam memberikan penjelasan menu kepada pelanggan. Seluruh makanan dan minuman yang disajikan memiliki citarasa khas India yang boleh dikatakan sudah sesuai dengan lidah orang Indonesia. Adapun semua menu adalah olahan tanpa daging, dan pastinya sangat cocok untuk AM-ers yang vegetarian. Menurut pengelola, setiap masakan diolah hanya menggunakan bumbu rempah-rempah tanpa tambahan MSG, sehingga rasanya lebih otentik.

    Bagi pecinta makanan sehat vegetarian, atau khas India, silahkan disinggah. Lokasinya cukup mudah diakses berhubung restoran ini berada tepat di pinggir jalan. Penampakannya yang berupa rumah-toko, di bagian depan tersaji ornamen India (Hindu).

    Catatan:
    Para #PejuangBusway, bisa mengakses lokasi ini dengan mengambil penurunan di Halte Pasar Baru, kemudian jalan menelusuri samping gedung Haji La Tunrung. Ruko terletak di sebelah kanan pejalan kaki.

    Menu yang dipesan: Mushroom Briyani (Basmati), Cheese Naan, Massala-Tea

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!




  • 3.8  
    Pecel Merapi [ Sunter, Indonesia ]

    Dhuerrr... Rasanya MANTAP!

    Beberapa kali melewati restoran/rumah makan ini, namun tidak kunjung menyempatkan diri untuk mencoba. Akhirnya kali ini, Tim AyookMakan memutuskan untuk menguji nyali demi merasakan seberapa dan apa sih dahsyatnya sajian pecel dengan nama beken "Pecel Merapi" ini.

    Suasana di dalam restoran cukup ramai dengan keluarga yang makan bersama melepas rindu akan makanan khas Pontianak. Ya, ternyata ini adalah spot kuliner yang menyajikan menu-menu khas salah satu kota di Kalimantan yang terkenal dengan kuliner ciamik-nya.

    Tim AyookMakan memilih Pecel Bihun Merapi sebagai penganan utama. Di samping itu, ChoiPan (isi Bengkoang) juga tidak dilewatkan. Selain itu, sajian Sate Kuah Campur (Ayam & Sapi) yang fenomenal menjadi andalan malam itu.

    Satu yang pasti dan berhasil ditandai oleh Tim AyookMakan bahwa ada yang membedakan pecel di sini dengan pecel pada umumnya. Jantung Pisang sebagai aktor utama dari sajian pecel, selain sayuran lain pada umumnya, plus guyuran bumbu kacang kental dengan nuansa manis gurih.

    Yummm...
    Silahkan disinggah ya, AM-ers!

    Catatan:
    Bagi para #PejuangBusway, silahkan naik Busway koridor 12 (Penjaringan-Sunter Kelapa Gading) dan ambil penurunan di Halte Sunter Karya. Jalan sekejap untuk mencapai lokasi tempat makan hits ini.

    Menu yang dipesan: Pecel Bihun, Sate Ayam dan Sapi, Choipan, Teh tawar

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 2.8  
    Sate Padang Ajo Ramon [ Kelapa Gading, Indonesia ]

    Okelah...

    Sedari kapan membaca tinjauan mengenai gerai sate yang satu ini hingga menerbitkan keinginan mencicipi sejauh mana citarasa yang disajikan.

    Kali ini mengunjungi gerai yang berada di area FoodCourt di dalam Mal Artha Gading. Ekspektasi awal cukup tinggi bahwa dengan nama besar, tentunya sajian yang ditampilkan pastilah ciamik.

    Ekspektasi oh... Ekspektasi, yang bertolak belakang dengan realita. Pelayanan kali ini kurang bersahabat (jangan mengharapkan 3S (Senyum, Sapa, Salam) ya). Porsi cenderung hemat, dengan potongan ketupat ukuran kecil (tidak sampai 10keping, dan pastinya bukan ukuran 1buah Ketupat utuh). Rasa sate juga cenderung biasa, dan lebih ke asin tanpa aroma khas bakaran sebagaimana sate pada umumnya. Satu-satunya hal yang menetralisir suasana pada malam itu hanyalah dingin AC berhembus dari mall.

    Apabila AM-ers sekedar ingin tahu, okelah dicoba...

    Menu yang dipesan: Sate Daging

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.4  
    Sate Padang Pariaman Takana Juo [ Bendungan Hilir, Indonesia ]

    Malam Jumat yang Membahagiakan...

    Kawasan Bendungan Hilir (lebih sering disebut 'Benhil') memang terkenal sebagai lokasi dimana banyak terdapat kuliner legendaris. Katanya wajib singgah Benhil kalau jalan-jalan ke Jakarta.

    Sudah lama berencana singgah ke gerai yang satu ini. Berhubung pas banget momen "Hari Valentine" dimana menurut Tim AyookMakan, 'self-love' itu juga sesuatu banget. Akhirnya, demi memuaskan hati dan kecintaan akan citarasa Sate Padang, kami pun memutuskan untuk icip-icip di sini.

    "Sate Padang (Pariaman) Takana Juo" yang konon sudah ada sejak tahun 1949, dan dipelopori oleh H. Bagindo Sudirman. Saat ini tampaknya gerai ini dijalankan oleh generasi penerusnya. Berlokasi dekat Pasar Benhil, membuat gerai ini tidak sulit dijangkau. Mereka memiliki 2 (dua) gerai untuk berjualan, dimana 1 ( satu) gerai menempati sebuah ruko tepat di depan Duta Fotokopi, sedangkan 1 (satu) spot lagi berupa gerobak jualan yang mangkal di depan Pasar Benhil -persis di lokasi tongkrongan/ngetem angkot-angkot kecil beroda tiga berbodi warna biru.

    Menu wajib ya pastinya 'Sate Padang' dengan pilihan sate daging atau sate bagian lainnya. Gerai yang di ruko ada juga menyajikan 'Soto Padang'. Kunjungan kali ini cukup dipuaskan dengan hanya memesan 'Sate Padang', dan pastinya ditemani kerupuk jangek yang rancak bana. Daging-nya empuk dengan bumbu yang sudah sedemikian meresap ditambah guyuran bumbu kuah kental gurih nan penuh aroma dan citarasa yang aduhai. Teman-teman AM-ers yang ingin lebih puas, silahkan request cincang yang ada dimasak di dalam bumbu kuah tadi. Potongan-potongan dadu ketupat menjadi pelengkap yang wuahh...

    Harus diakui kalau "Sate Padang (Pariaman) Takana Juo" menjadi cinta Tim AyookMakan malam ini. Di kala banyak teman-teman AM-ers sedang menikmati candle-light dinner romantis, kelezatan sate daging di gerai ini telah cukup membuat kami semua dicintai.

    Silahkan disinggah bagi teman-teman AM-ers yang sedang jalan-jalan di sekitar Benhil.

    Menu yang dipesan: Sate Padang, kerupuk jangek, Teh Tawar Panas

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.4  
    Warung Boma [ Fatmawati, Indonesia ]

    FAKTA: BoMa = Bocah Madiun 😆😃

    Melihat sedemikian viral-nya tulisan-tulisan tentang warung kaki lima yang satu ini, membuat Tim AyookMakan menjejakkan kaki untuk mencicipi langsung bagaimana kehebohan rasa yang disajikan.

    Kunjungan pada sore hari selepas pulang kantor menjadi waktu yang pas untuk mengisi perut setelah bekerja seharian, belum lagi suasana hectic dikejar target dateline. Tim AyookMakan memilih opsi MRT untuk menuju lokasi ini, dengan mengambil penurunan di Stasiun MRT Haji Nawi atau Stasiun MRT Cipete Raya, dan dilanjutkan berjalan kaki sekitar 10menit. Beruntungnya pada momen kunjungan di Rabu malam ini tidak sepadat weekend walaupun antrian pembeli tetap menjadi hal yang sudah lumrah di sini.

    Menu yang wajib dipesan pastinya adalah 'Nasi Pecal Pincuk' yang menjadi menu utama di warung ini. Nasi putih hangat ditumpuk dengan beragam sayuran (bayam, kangkung, daun singkong, daun kenikir, daun kemangi), ditambah kacang tolo, orek tempe dan serundeng. Setelahnya akan diguyur dengan kuah bumbu kacang yang manis pedas, dan tidak ketinggalan rempeyek udang rebon kriuk ikut menemani.
    Untuk lauk-lauk lainnya bisa diambil sesuka hati sesuai selera (dan kantong, tentunya), dimana beragam pilihan tersaji, mulai dari tahu-tempe bacem, telur dadar/ceplok, sate-satean (kulit, usus, hati, ampela, telur puyuh, kikil, dsb), gorengan (tempe mendoan, bakwan) hingga kerupuk.

    Warung ini juga terkenal dengan sajian 'Iga Bakar Cobek'-nya, yang baru dimasak setelah ada pesanan, sehingga dari citarasa sudah tentu Woww...

    Satu hal yang wajib dilakukan adalah menyiapkan hati dan mental baja saat hendak membayar kepada Mba yang khusus bertugas menghitung dan menerima pembayaran. Kebiasaan di sini adalah seluruh jenis makanan-minuman akan dihargai dengan harga jutaan (alias ribuan, dengan gaya hiperbola).

    Sebagai penambah referensi kuliner di daerah Jakarta Selatan, tidak ada salahnya teman-teman AmE-ers boleh singgah di warung makan konsep lesehan dan santai ini.

    Menu yang dipesan: Nasi Pecal Pincuk, Telur Dadar, Tahu Bacem, Sate Telur Puyuh, Teh Tawar Panas

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.6  
    Gula Merah [ Setiabudi, Indonesia ]

    Citarasa INDONESIA banget...

    Kunjungan kali ini dalam agenda ngobrol-ngobrol santai dengan teman-teman untuk persiapan acara. Pilihan jatuh kepada gerai resto bernuansa Indonesia dengan brand yang cukup menarik: GULA MERAH. Gerai ini terkenal dengan sajian 'Empal' yang menjadi spesialisasi mereka.

    Kebetulan hari ini berketepatan dengan momen Cap Go Meh, maka salah satu menu wajib adalah "Lontong Cap Go Meh". Menu yang satu ini disajikan dengan kuah sayur lodeh yang tidak terlalu kental santannya. Walaupun kali ini lontong masih terasa dalam kondisi dingin (luckily, tidak keras), namun masih terselamatkan dengan siraman kuah panas dan lauk tambahan di atasnya.

    Suasana cukup nyaman dengan respon pelayan yang cukup tanggap dan cepat. Bagi teman-teman AM-ers yang sedang berkegiatan di daerah Kuningan/ Setiabudi, boleh disinggah ya.

    Menu yang dipesan: Lontong Cap Go Meh, Es Dawet

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!




  • 3.6  
    BoBaL [ Glodok, Kafe ]

    Nyantai Asekkk...

    Minggu sore menjadi pilihan tepat bagi Tim AyookMakan singgah di gerai yang berada di dalam Pancoran Chinatown Point, Glodok.

    Sambutan hangat dan senyum ramah pegawai menjadi daya tarik bagi kami yang baru pertama kali datang. Berbekal 'Kupon Buy 1 Get 1' dari PergiKuliner, kami pun memesan menu-menu hits yang direkomendasikan. (In-frame hanya sebagian dari menu pesanan kami, berhubung kalap melihat tampilan menu yang menarik).

    Citarasa makanan dan minuman cukup baik dan cocok sebagai teman ngobrol di sore hari. Pancake dan minuman bernuansa boba menjadi ikon di sini, selain mereka juga menyediakan makanan berat seperti Mie Baso, dsb.

    Area bagian dalam ruangan cukup terbatas, dan area terbuka di luar menjadi opsi yang cukup baik. Beruntungnya pada saat kunjungan, area terbuka yang diperuntukan sebagai area bagi yang merokok sedang sepi pengunjung, sehingga bebas asap rokok. Suasana santai semakin asyik ditemani oleh in-house live band yang melantunkan lagu-laguulai dari era 90an sampai yang hits saat ini.

    Bagi teman-teman AM-ers yang berdomisili atau sedang jalan-jalan di sekitar daerah Pancoran, Glodok, boleh disinggah ya...

    Menu yang dipesan: Pancake Cendol, Ropang Cream Regal, matcha choco crunch

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 3.8  
    Mangkok Ku [ Sunter ]

    Nama Ndeso, Rasa Mevvah 😎

    "Tokyo Gaming Station" di daerah Sunter menjadi 'markas' berbagi antara (1) Mangkok_ku, (2) Ternakopi, dan (3) Sang Pisang, besutan bersaudara Kaesang dan Gibran. Ketiga gerai ini menempati Lantai 2 pada gedung berlantai 6/7 di Jl. Sunter Agung Utara Raya. Sedangkan Lantai G/1 menjadi ruang untuk parkir kendaraan, dan Lantai 3 dan seterusnya menjadi pusat permainan virtual dan jasa percetakan.

    Kali ini, Tim #ayookmakan mencoba kuliner fenomenal yang sedang viral belakangan waktu ini. Ya, Mangkok_ku (hasil kolaborasi dengan Chef Arnold) yang menawarkan citarasa nasi dengan topping beraneka macam. Mereka menyajikan menu daging sapi dan daging ayam, dengan tingkat kepedasan yang bisa kita pilih sesuai selera. Berhubung Tim #ayookmakan adalah pecinta makanan pedas, maka pilihan jatuh pada menu dengan tanda gambar 🔥🔥🔥 alias 'Pedas Banget'.

    Ayam Goreng yang disajikan cukup enak dengan bumbu yang cukup kuat. Sambal Korek Bawang-nya Luar Biasa dan layak jadi JUARA. Tim #ayookmakan harus berpeluh ria dan hu-haa saat menikmati menu berpadu sambal tersebut. Walaupun secara porsi nasi yang disajikan dalam jumlah kurang dari cukup untuk ukuran perut Tim #ayookmakan, namun citarasa topping ayam sambal yang dihadirkan setidaknya mampu memberikan rasa puas.

    Mangkok_ku (Sunter) saat ini sedang mengadakan promo Happy Hour, mulai pukul 13.00-17.00wib. Harga miring ditawarkan untuk menu "Mie Endog Curry Sauce" dan "Mie Endog with Fried Chicken".

    Bagi teman-teman yang sedang berada di daerah Sunter, boleh menggunakan TransJakarta dengan mengambil rute Koridor 12 (Sunter-Penjaringan) atau Koridor 12M (Sunter-Harmoni) dan turun di Halte SMP 140. Nah, tinggal berjalan sekitar 1-2 menit untuk mencapai lokasi ini. Silahkan disinggah...

    Menu yang dipesan: Fried Chicken with Sambal Korek Bawang

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.6  
    Eggtacular [ Thamrin ]

    CUKUP DADAR AJA YANG PANAS, (DIRIMU JANGAN...) 😆

    Salut dengan pengusaha kuliner yang satu ini. Di kala yang lagi hits adalah menu olahan Telur dengan kecap asin dan minyak bawang putih, dengan cabang buka di mana-mana, "Eggtacular" malah membuat kreasi yang 'nyeleneh' sendiri.

    Pernah ga membayangkan menu 'Telur Dadar' yang umum kita temukan di Warung/ Rumah Makan, ternyata bisa dibuat kreasi luar biasa?
    Nah, di gerai ini, dengan memanfaatkan siraman kuah kari-nya yang khas, boleh menjadi penambah citarasa yang berbeda yang meng-upgrade lazimnya citarasa 'Telur Dadar'. Belum lagi kita juga disajikan pilihan isian di dalam 'Telur Dadar' mereka, ada suwiran daging ayam ataupun baso sapi.
    Bagi yang kurang nyaman dengan menu Telur, mereka juga menyediakan menu "Sengkel Siram".

    Well, sang ini, setelah berkeliling di seantero Kantin G-Floor West Mall Grand Indonesia (GI), akhirnya Tim #ayookmakan sepakat dan memutuskan untuk memberikan kesempatan mencicipi menu "Dadar Panas" ini. Berhubung porsinya cukup besar, bisa menjadi opsi untuk berbagi dengan pacar, rekan atau teman makan siang. 😆

    Bagi teman-teman yang sedang jalan-jalan di GI dan sedang mencari opsi menu makan siang yang tidak biasa, boleh disinggah!

    Menu yang dipesan: Dadar Panas, Nasi Putih

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.2  
    Bakmie Keriting Siantar 19 [ Muara Karang, China ]

    Citarasa "Siantar" yang masih "Tanggung"

    Melihat tinjauan dan berbagi tulisan teman-teman foodie atau penikmat bakmie, membuat rasa ingin tahu Tim #ayookmakan untuk bela-belain bangun pagi di hari Minggu demi merasakan nuansa citarasa "Siantar" yang digadang oleh gerai bakmie ini.

    "Bakmie Keriting Siantar 19", tulisan yang terpampang jelas dengan ukuran cukup besar berupa stiker tertempel pada kaca stalling, membuat gerai bakmie ini mudah dikenali. Pada kunjungan kami pagi itu, suasana tampak cukup ramai di bagian dalam yang merupakan gabungan 2-3 ruko yang disulap menjadi bergaya Kopitiam. Sementara di bagian depan, para pekerja gerai bakmie sibuk mempersiapkan pesanan para pengunjung.

    Pelayanan cukup sigap dan responsif. Setiba kami di gerai ini, kami langsung ditawarkan beberapa opsi sajian "Bakmie" sesuai selera. Pilihan kami jatuh pada "Bakmi Keriting & Suikiaw". Tidak lama berselang, pesanan kami telah tersaji di atas meja.

    Pastikan bakmie diaduk rata, tambahkan sambal cabe cair/potong yang pedas-nya bikin nampol, kemudian nikmatilah bakmie selagi masih hangat.

    Slurp... Tarikan mie pada suapan pertama, dilanjut kedua, ketiga dan seterusnya hingga selesai, tanpa memberi kesan puas Well, untuk limpahan topping daging cukup royal, namun secara citarasa yang melekat pada bakmie, belum mampu mengobati kerinduan kami akan nuansa "Siantar". Boleh dikata rasa bakmie di gerai ini cenderung hambar/plain. Satu-satunya yang sedikit mampu menjadi penawar kekecewaan kami pagi itu adalah 'Suikiaw' yang isiannya padat dengan daging udang, walaupun kembali lagi secara taste juga masih kurang nancep.

    Yah, selera kembali pada lidah masing-masing. Bagi teman-teman yang belum pernah mencicipi bakmie di gerai ini, boleh untuk sekedar mencoba. Kalau sesuai selera, silahkan dilanjut...

    Menu yang dipesan: Bakmi biasa, Suikiaw

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.