Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

10 Minuman Pereda Radang Tenggorokan yang Dijamin Ampuh

List Artikel
10 September 2021 | 0 Komentar

Mengalami radang tenggorokan tentu sangat tidak nyaman. Radang tenggorokan adalah salah satu keluhan pada tenggorokan yang terinfeksi oleh virus dan bakteri. Penyakit ini tergolong umum dan hampir setiap orang pernah mengalaminya. Meski begitu, penyakit ini tetap tak boleh dibiarkan begitu saja. Seseorang yang mengalami radang tenggorokan biasanya akan merasakan gejala, seperti gatal pada tenggorokan, sulit menelan, nyeri tenggorokan, demam, bahkan kehilangan suara saat berbicara. Rasa sakit dan tidak nyaman ini tentu sangat mengganggu penderitanya untuk beraktivitas. Bagi kamu yang sedang mengalami radang tenggorokan, berikut ada beberapa minuman pereda radang tenggorokan yang sudah terbukti ampuh meredakan penyakit ini!


1. Teh Jahe



Sumber: Nuansa.web.id


Jahe adalah salah satu bahan rempah yang dipercaya dapat mengobati berbagai masalah kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan jahe yang memiliki komponen anti inflamasi dan anti bakteri yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaat jahe untuk kesehatan adalah meredakan radang tenggorokan. Menurut penelitian, kandungan jahe dapat membunuh virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit pernafasan. Tak heran jika jahe bisa menjadi minuman pereda radang tenggorokan karena kandungannya tersebut.


2. Air Madu



Sumber: 4muda.com


Madu adalah bahan alami yang dapat meredakan radang tenggorokan dan mengurangi pembengkakan yang terjadi. Karena madu mengadung sejumlah zat seperti antiradang, antimikroba, dan protein imun yang dapat dijadikan sebagai minuman pereda radang tenggorokan. Tak hanya itu, madu juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi batuk yang melanda akibat radang tenggorokan. Cara membuatnya cukup mudah, campurkan 2 sendok madu dengan segelas air hangat, lalu minum 2-3 kali dalam sehari.


3. Teh Peppermint



Sumber: Pixabay.com


Secangkir teh peppermint diketahui dapat menenangkan sakit pada tenggorokan. Ini dikarenakan dalam kandungan peppermint terdapat komponen anti inflamasi yang bisa melegakan tenggorokan. Ditambah lagi, dengan sensasi dingin yang dimiliki peppermint juga dapat meredakan rasa gatal akibat radang. Untuk merasakan manfaatnya, tambahkan daun mint ke dalam air mendidih. Setelah itu, biarkan sebentar sampai air berubah warna kehijauan. Teh peppermint siap diminum untuk meredakan tenggorokan.


4. Air Lemon



Sumber: Pinterest.com


Lemon mengandung vitamin C dan sumber antioksidan yang bagus untuk meningkatkan imun tubuh dari berbagai gejala penyakit. Termasuk juga radang tenggorokan Maka dari itu, sari buah lemon dapat dijadikan sebagai minuman untuk mengatasi peradangan. Kandungan astringen pada lemon juga dapat mengatasi masalah pembengkakan dan membunuh virus maupun bakteri penyebab radang. Minumlah air perasan jeruk lemon setidaknya 2 kali sehari untuk merasakan manfaatnya. Tambahkan sedikit air pada perasan lemon agar rasanya tidak terlalu asam ketika diminum.


5. Teh Kayu Manis



Sumber: Tumblr.com


Kayu manis adalah salah satu jenis rempah kerap digunakan sebagai bumbu masakan. Rempah yang memiliki aroma khas ini ternyata juga ampuh dalam mengobati masalah peradangan. Karena kayu manis mengandung komponen antibakteri dan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu meredakan gejala radang tenggorokan dan mematikan bakteri penyebab radang tersebut. Tambahkan beberapa potong kayu manis ke dalam teh hangat sebagai minuman pereda radang tenggorokan.


6. Cuka Apel



Sumber: Nabd.com


Cuka apel merupakan obat radang tenggorokan alami yang telah teruji secara ilmiah. Kandungan anti bakteri dalam cuka apel dapat membantu melawan infeksi penyebab peradangan. Selain itu, sifat asam dari cuka apel dapat meningkatkan produksi air liur sehingga tenggorokan tidak mudah kering dan sakit. Jika tenggorokan tiba-tiba terasa sakit dan gatal, segera buatlah minuman pereda radang dari cuka apel. Campurkan 1-2 sendok cuka apel ke dalam air hangat, kemudian minum sedikit demi sedikit.


7. Teh Chamomile



Sumber: Dekoruma.com


Teh chamomile adalah salah satu minuman yang paling sering direkomendasikan bagi penderita radang tenggorokan. Teh ini dianggap ampuh dalam mengatasi peradangan akibat infeksi virus dan bakteri. Untuk membuat teh chamomile, bisa menggunakan 2 sendok bunga chamomile yang direbus dengan segelas air. Selain aromanya yang harum, menjadikan teh chamomile sebagai minuman pereda tenggorokan juga dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Sehingga proses penyembuhan pun bisa lebih cepat.


8. Jus Pisang



Sumber: Pooc.org


Pisang kaya akan potasium yang sangat baik untuk melegakan tenggoroakan yang sakit. Pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B6 dan kalium yang cukup tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi radang tenggorokan. Selain dikonsumsi langsung, pisang bisa juga diolah menjadi jus bagi penderita radang tenggorokan yang kesulitan menelan. Mengonsumsi jus pisang setiap hari diketahui juga sangat bagus untuk mencegah penyakit batuk dan pilek.


9. Jamu Kunyit



Sumber: Whatcooktoday.com


Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit juga dikenal mampu mengobati masalah peradangan. Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat secara efektif menekan peradangan serta melawan infeksi virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan. Jamu kunyit mudah ditemui pada kedai jamu tradisional maupun penjual jamu keliling. Bisa juga dibeli dalam bentuk kemasan instan di pasaran. Sehingga tak perlu repot-repot untuk membuatnya sendiri di rumah. 


10. Jus Semangka



Sumber: Tanihub.com


Buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi. Kandungan air pada semangka dapat membantu menghidrasi tubuh agar tidak kekurangan cairan. Seperti diketahui, dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menjadi salah satu penyebab tenggorokan kering. Jika sudah kering tentunya akan rentan terkena radang tenggorokan. Jika tenggorokan sudah terlanjur mengalami radang, dapat juga disembuhkan dengan mengonsumsi segelas jus semangka setiap hari. Jus semangka dapat membantu melegakan tenggorokan yang sakit dan membuat tenggorokan terasa lebih nyaman.


Sakit tenggorokan memang tidak enak, apalagi untuk kamu yang sering kulineran. Nah, jika Teman Kuliner mengalami gejala atau sakit tenggorokan bisa langsung mencobanya ya, agar bisa kulineran kembali!

Acaraki

Foto Acaraki
Foto Acaraki
Foto Acaraki

Suwe Ora Jamu

Foto Suwe Ora Jamu
Foto Suwe Ora Jamu
Foto Suwe Ora Jamu

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Mama Roz

Foto Mama Roz
Foto Mama Roz
Foto Mama Roz

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?