Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

10 Oleh-oleh Khas Solo Favorit dan Wajib Kamu Bawa Pulang

List Artikel
3 September 2021 | 0 Komentar

Solo menjadi kota yang populer sekaligus kota terbesar ketiga di Jawa Tengah setelah Jogjakarta dan Semarang. Beberapa destinasi populer seperti Keraton Solo, Alun-Alun Kidul, Grojogan Sewu Tawangmangu dan sebagainya selalu berhasil mengundang perhatian wisatawan untuk mengunjunginya. Namun, ketika liburan ke Solo kurang lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh khas Solo. Baik itu untuk dinikmati sendiri maupun untuk diberikan kepada kerabat terdekat. Berikut adalah 10 oleh-oleh khas Solo yang wajib kamu bawa pulang. Simak ya!


1. Bakpia Balong



Sumber: Jejakpiknik.com


Selain Jogja yang memiliki bakpia pathok, Solo juga mempunyai bakpia khasnya yaitu bakpia balong. Makanan khas Solo ini memiliki varian rasa seperti coklat, kacang hitam, dan ketan. Ukurannya lebih besar dengan tekstur yang jauh lebih lembut jika dibandingkan bakpia khas Jogja. Kamu bisa mendapatkan bakpia balong ini dengan mengunjungi pusat oleh-oleh terdekat seperti Pasar Gede, Pasar Klewer, Toko Orion dan lain-lain dengan harga yang beragam.


2. Brem



Sumber: Suarasikap.com


Makanan tradisional yang satu ini bisa dibilang sangat unik, karena memiliki sensasi yang dingin dan lumer di mulut ketika dimakan. Bentuknya pun sangat khas yakni kotak atau bulat padat dengan warna putih seperti kapur. Brem adalah oleh-oleh khas Solo yang terbuat dari ragi air tape. Rasa dan bentuknya yang unik ini membuat brem sangat populer di kalangan wisatawan yang mencari oleh-oleh khas Solo. Maka dari itu, hampir di semua toko oleh-oleh khas Solo menjual makanan tradisional ini.


3. Ampyang



Sumber: Cookpad.com


Ampyang merupakan makanan manis khas Solo yang dikenal juga dengan sebutan gula kacang. Rasanya yang manis dan khas ini berasal dari campuran kacang, gula merah dan jahe. Makanan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Solo, karena tidak mudah basi dan bisa dikonsumsi kapan saja. Harganya pun tergolong murah meriah yakni berkisar 4 ribu sampai 15 ribuan. Kalau mampir ke Pasar Gede atau Pasar Klewer jangan lewatkan oleh-oleh manis nan legit ini.


4. Surabi Solo



Sumber: Pergikuliner.com


Surabi Solo adalah salah satu buah tangan yang tidak boleh dilewatkan kalau liburan ke Solo. Ada satu toko yang sudah terkenal menjual Surabi khas Solo sangat enak bernama Surabi Notosuman. Ciri khas dari surabi Solo hanya memiliki topping manis saja seperti rasa coklat, keju dan nangka. Teksturnya juga sangat lembut dan cenderung tipis. Namun, jika ingin membawa pulang oleh-oleh ini disarankan agar kamu membelinya di hari terakhir liburan saja. Sebab makanan ini memiliki daya tahan yang tidak lama.


5. Pastry Cake Solo Prabu



Sumber: Anekawisata.com


Solo Prabu merupakan salah satu merek pastry yang terkenal di Solo, karena memiliki varian dan rasa yang dinamakan dengan toko pewayangan Pandawa Lima. Pastry ini memiliki aneka topping yang menggoda dan cocok dijadikan oleh-oleh untuk teman maupun keluarga di rumah. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau untuk ukuran yang bisa dimakan rame-rame yakni berkisar 40 ribu sampai 50 ribu, sehingga cukup hemat dan tak menguras isi kantongmu.


6. Klengkam



Sumber: Cookpad.com


Klengkam merupakan jajanan tradisional khas Solo yang berupa kentang kering dengan bumbu pedas manis yang enak. Jajanan ini juga dibuat dari bumbu rempah yang khas. Biasanya jajanan ini cocok dijadikan sebagai camilan saat bersantai maupun pelengkap makanan lainnya. Seperti bisa dicampur ke nasi atau indomie biar makin seru menikmatinya. Untuk mendapat jajanan ini, kamu bisa mendatangi toko oleh-oleh terdekat seperti Pasar Klewer, Pasar Gede dan PGS.


7. Abon Mesran



Sumber: Surakarta.go.id


Kalau oleh-oleh khas Solo yang satu ini paling cocok untuk disantap bersama nasi hangat dengan kecap. Abon mesran khas Solo memiliki beberapa varian seperti daging sapi dan daging ayam dengan rasa yang manis maupun pedas. Untuk harganya sendiri juga tergolong murah yakni mulai dari 35 ribuan per bungkus. Kalau punya anak-anak di rumah maupun buat dikasih tetangga, abon mesran ini cocok sekali buat dijadikan oleh-oleh. Hampir di semua toko oleh-oleh biasanya menyediakan abon mesran ini.


8. Serundeng



Sumber: Cookpad.com


Meski terbilang sederhana, namun oleh-oleh srundeng ini sangat populer di kalangan wisatawan yang ingin mencari makanan khas Solo. Jika serundeng pada umumnya dibuat dari kelapa parut yang digoreng, namun serundeng khas Solo ini bisa dibuat dari daging sapi juga. Sekilas tampilannya mirip seperti abon, namun dengan rasa yang lebih gurih. Kamu bisa menemukan serundeng khas Solo di Pusat Oleh-Oleh Solo Mesran yang berlokasi di Surakarta.


9. Serbat Jahe



Sumber: Bukalapak.com


Serbat jahe merupakan minuman tradisional khas Solo yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Serbat jahe ini berupa minuman yang dikemas dalam bentuk unik, tidak seperti minuman lainnya justru serbat jahe tersedia dalam bentuk bulatan padat. Selain praktis dan bisa dinikmati kapan saja, serbat jahe juga termasuk oleh-oleh yang berkhasiat. Karena bisa untuk menghangatkan tubuh, meredakan nyeri dan sakit, menghilangkan rasa mual, serta kaya antioksidan.


10. Roti Kecik Ganep



Sumber: Shopee.co.id


Roti kecik khas Solo merupakan sejenis roti yang berbentuk stik seukuran jari tangan. Roti ini terbuat dari olahan tepung beras ketan yang disangrai dengan kayu manis, sehingga memiliki rasa serta aroma yang khas. Rasanya manis dengan tekstur kering dan sedikit padat. Menurut info, roti kecik ini sudah ada sejak tahun 1881 dan pelopornya adalah Roti Kecik Ganep Solo. Roti kecik sangat cocok dinikmati bersama kopi maupun teh. Roti kecik juga tahan lama sehingga bisa dibawa pulang untuk perjalanan jauh.


Itu dia 10 oleh-oleh khas Solo yang wajib Teman kuliner bawa pulang kalau berwisata ke Kota Solo. Dari beberapa makanan di atas, Teman Kuliner suka yang mana?

Serabi Solo Nggading

Foto Serabi Solo Nggading
Foto Serabi Solo Nggading
Foto Serabi Solo Nggading

Dapur Solo

Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo

Waroeng Solo

Foto Waroeng Solo
Foto Waroeng Solo
Foto Waroeng Solo

Bakso Solo Samrat

Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?