Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Rempah yang Berkhasiat untuk Menurunkan Gula Darah

List Artikel
16 September 2021 | 0 Komentar

Rempah-rempah tak hanya dikenal sebagai bumbu yang akan memperlezatcitarasa suatu masakan, tetapi juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah terbesar di dunia. Kamu bisa menjumpai puluhan jenis rempah yang bisa tumbuh dengan subur di negeri kita ini. Tak heran kalau kita bisa mendapatkan rempah-rempah tersebut dengan mudah dan pastinya juga dengan harga yang sangat terjangkau.


Hampir sebagian besar makanan dan minuman yang ada di Indonesia dimasak dengan rempah-rempah tersebut. Memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, tahukah kamu kalau ada beberapa jenis rempah yang bisa berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh? Kadar gula darah kita memang harus selalu stabil, jika berlebih akan berdampak buruk bagi kesehatan dan mengakibatkan tubuh mengalami penyakit diabetes. Di bawah ini ada beberapa rempah yang bisa berkhasiat untuk menurunkan gula darah!

 

1. Kayu Manis



Sumber: Tasteofhome.com


Jenis rempah pertama yang bisa berkhasiat untuk menurunkan gula darah adalah kayu manis. Kayu manis memiliki efek positif pada pengendalian glikemik. Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung setidaknya 18% zat polifenol yang mampu meningkatkan kepekaan insulin dan mengendalikan glukosa dalam darah. Kayu manis ini biasa dijumpai pada campuran minuman serta olahan dessert seperti kolak, puding, klapertart, dan lain sebagainya.


2. Cengkeh



Sumber: Halodoc.com


Cengkeh juga menjadi salah satu rempah yang berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah. Dalam cengkeh mengandung 30% fenol antioksidan, antosianin, dan quercetin yang mampu melindungi kesehatan jantung, hati, serta mengontrol kadar gula darah. Cengkeh juga memiliki sifat antiseptik, anti inflamasi, dan germicidal yang dapat menjaga sistem pencernaan penderita diabetes. Cengkeh bisa dijumpai pada olahan minuman dan juga makanan tradisional Indonesia seperti pada sop, soto, semur, dan lain sebagainya. Selain berkhasiat, cengkeh memiliki harum yang khas sehingga membuat aroma masakan jadi lebih wangi.


3. Jahe



Sumber: Immediate.co.uk


Selanjutnya ada jahe yang memiliki aroma serta cita rasa cukup tajam. Aroma jahe sangat menyengat dan rasanya agak pedas sehingga kamu cukup menggunakannya sedikit saja dalam masakan. Selain untuk masakan, jahe juga kerap kali dicampur dalam adonan kue serta jajanan tradisional seperti ronde atau wedang jahe. Jahe memiliki efek antigliserin yang tidak hanya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, tetapi juga dapat menstabilkan kadar gula dalam darah.


4. Kunyit



Sumber: Medicalnewstoday.com


Di Indonesia, kunyit sangat mudah sekali didapat. Inilah yang membuat kunyit banyak digunakan pada aneka masakan tradisional seperti nasi kuning, soto, opor, dan masih banyak lagi. Kunyit diketahui memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, dan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat menurunkan serta menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, kadar kurkumin dalam kunyit juga efektif mengurangi glukosa dan meningkatkan profil lipid.


5. Bawang Putih



Sumber: Medicalnewstoday.com


Terakhir ada bawang putih yang paling banyak digunakan pada beragam jenis masakan khas Indonesia. Rasanya hampir 90% masakan kita dibumbui dengan bawang putih. Hal ini dikarenakan bawang putih punya aroma yang membuat masakan jadi lebih wangi. Selain itu, pastinya bawang putih punya khasiat untuk kesehatan. Bawang putih bisa meningkatkan kadar insulin dan menurunkan glukosa dalam darah. Selain itu, bawang putih juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh.

 

Itulah beberapa rempah yang bisa berkhasiat untuk menurunkan gula darah dalam tubuh. Kamu bisa menambahkannya pada makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari supaya bisa mendapatkan efek yang maksimal.

Acaraki

Foto Acaraki
Foto Acaraki
Foto Acaraki

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Gado Gado Taman Sari

Foto Gado Gado Taman Sari
Foto Gado Gado Taman Sari
Foto Gado Gado Taman Sari

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?