Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Pilihan Susu Terbaik dan Sehat Untuk Dikonsumsi

List Artikel
28 Januari 2021 | 0 Komentar

Susu merupakan salah satu minuman sehat yang disukai banyak orang karena memiliki komposisi nutrisi yang lengkap. Kandungan nutrisi dalam susu sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh, diantaranya untuk menjaga kesehatan tulang, menunjang tumbuh kembang anak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan kekuatan otot dan fungsi otak. Biasanya jjenis susu yang paling dicari dan dikonsumsi oleh masyarakat adalah susu sapi. Namun, tidak semua orang dapat mencerna susu sapi dengan baik dan memilih untuk tidak mengonsumsinnya. Padahal selain susu sapi masih ada berbagai jenis susu yang tentunya juga sehat dan baik untuk dikonsumsi. Ingin tahu ada alternatif pilihan susu apa saja selain susu sapi? Ini dia rekomendasinya!



Sumber: Pergikuliner.com


1. Susu Almond

Susu almond merupakan susu yang terbuat dari saripati kacang almond. Prosesnya cukup mudah, kacang almond direndam dalam air kemudian diblender hingga halus. Setelah itu, disaring padatannya. Susu ini sangat sehat dan cocok untuk orang-orang yang alergi atau tidak bisa mentolerir susu sapi. Susu almond yang dibuat tanpa pemanis juga memiliki keunggulan berupa rendah kalori dan rendah karbohidrat dibandingkan susu sapi. Susu ini kaya akan antioksidan karena mengandung vitamin E yang tinggi. Susu almond merupakan pilihan yang tepat jika kamu ingin melakukan diet rendah karbohidrat.


2. Susu Kedelai

Di kalangan masyarakat, susu kedelai sangat populer dan sudah banyak dikonsumsi sebagai pilihan alternatif pengganti susu sapi. Hal ini dikarenakan susu kedelai memiliki kandungan nutrisi yang sangat mirip dengan susu sapi. Susu kedelai merupakan susu dengan sumber protein yang lengkap. Susu ini sangat cocok buat kamu yang menghindari produk susu, namun menginginkan minuman susu yang lebih tinggi protein. Susu kedelai juga tinggi akan nutrisi lainnya, seperti karbohidrat, vitamin B12, vitamin D, fosfor, riboflavin dan lemak.


3. Susu Oat

Susu oat merupakan susu sumber karbohidrat dengan rasa manis yang alami. Susu ini juga mengandung serat larut yang membuatnya sedikit lebih lembut dibanding jenis susu lainnya. Serat larut ini sangat bermanfaat untuk membantu memperlambat pencernaan dan membuat kamu kenyang lebih lama. Maka dari itu, susu oat juga cocok dikonsumsi saat diet karena bisa memperhambat rasa lapar. Selain itu, susu oat juga mampu menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.


4. Susu Kambing

Susu kambing bisa menjadi alternatif susu sapi yang tepat karena kadar laktosa dalam susu kambing lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi. Struktur proteinnya pun berbeda sehingga membuat susu kambing lebih mudah dicerna oleh orang-orang yang tidak dapat mentolerir laktosa. Selain itu, susu kambing juga mengandung kalsium, fosfor, kalium, magnesium, vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Namun perlu diingat, mengonsumsi susu kambing tak boleh berlebihan karena kandungan lemak jenuh pada susu ini juga tinggi.


5. Susu Rami

Susu rami mungkin masih awam bagi sebagian orang, tetapi soal nutrisinya sebagai alternatif susu sapi tak perlu dipertanyakan lagi. Susu rami terbuat dari biji rami yang sudah diolah menjadi krim. Susu rami mengandung asam lemak tak jenuh dan asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh dalam menjaga kesehatan jantung dan otak. Meskipun kadar proteinnya tidak terlalu tinggi, namun zat besi dalam susu rami diketahui lebih banyak daripada jenis susu lainnya. Selain itu, susu rami juga mengandung sumber nutrisi lainnya seperti kalsium, beta karotein, fitosterol dan magnesium.


Demikianlah rekomendasi susu selain susu sapi yang tentunya sehat dan bagus untuk bisa dikonsumsi. Rekomendasi susu diatas dapat dibuat sendiri di rumah atau dibeli di supermarket. Susu kemasan yang dijual di supermarket biasanya sudah diperkaya dengan kandungan lainnya seperti vitamin, mineral, bahkan perisa dan gula. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, jadi cermatlah dalam memilih produk susu untuk dikonsumsi.

Sekarang susu sudah sering dijadikan inovasi minuman loh seperti kopi susu, bubble tea dan masih banyak lagi yang lainnya seperti rekomendasinya di bawah ini!

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Kokoa Milkshake & Coffee

Foto Kokoa Milkshake & Coffee
Foto Kokoa Milkshake & Coffee
Foto Kokoa Milkshake & Coffee

Hei! Cheese

Foto Hei! Cheese
Foto Hei! Cheese
Foto Hei! Cheese

SUMOO Milk Bar

Foto SUMOO Milk Bar
Foto SUMOO Milk Bar
Foto SUMOO Milk Bar

Ben Gong's Tea

Foto Ben Gong's Tea
Foto Ben Gong's Tea
Foto Ben Gong's Tea

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?