Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jadi Kuliner Sehat, Intip Yuk Beragam Manfaat Roti Sourdough

List Artikel
3 September 2021 | 2 Komentar

Teman Kuliner suka mengonsumsi roti? Bagi penyuka roti pastinya mengenal roti sourdough yang populer di kalangan pecinta gaya hidup sehat. Hal ini dikarenakan roti sourdough memiliki banyak kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Roti sourdough sendiri terbuat dari bahan dasar tepung gandum, gula, dan air yang nantinya harus difermentasikan dalam waktu yang cukup lama hingga berjam-jam karena tidak menggunakan tambahan ragi. Inilah yang menjadikan cita rasanya agak asam tapi teksturnya sangat lembut dengan rongga-rongga sedang hingga besar di dalamnya. Menurut sebuah jurnal berjudul Metabolic Profiling of Sourdough Fermented Wheat and Rye Bread, roti sourdough memiliki banyak manfaat untuk tubuh dikarenakan proses fermentasinya yang bisa menghasilkan beragam kandungan yang berguna untuk kesehatan. Beberapa manfaat roti sourdough yang perlu Teman Kuliner ketahui adalah:

 


Sumber: Coles.com


1. Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat pertama dari roti sourdough adalah bisa menjaga kesehatan usus. Berhubung difermentasikan dengan cara yang alami dan tidak menggunakan ragi, maka kandungan prebiotik dan probiotik pada roti ini terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis roti lainnya. Tentu saja kandingan probiotik dan prebiotik yang tinggi ini mampu menjaga kesehatan usus kita supaya bisa menjadi lebih sehat karena bakteri jahat yang ada dalam usus bisa dilawan.


2. Bagus untuk Sistem Pencernaan

Tak hanya bisa menjaga kesehatan usus, manfaat roti sourdough juga bagus untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh. Proses fermentasi alami dalam pembuatannya membuat roti ini bisa mengubah enzim dalam biji-bijian di dalamnya bisa menangkal reaksi negatif terhadap gluten sehingga lebih aman dikonsumsi oleh perut. Ditambah lagi terkadang ada orang yang perutnya merasa tidak enak setelah mengonsumsi roti karena ada kandungan raginya. Berhubung roti sourdough ini tak ada kandungan raginya, maka sudah pasti lebih aman untuk sistem pencernaan.


3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat roti sourdough selanjutnya adalah bisa mencegah penuaan dini. Roti sourdough yang dibuat dari roti biji-bijian utuh bisa membantu untuk menjaga kesehatan kulit tubuh dengan baik. Jadi tanda-tanda penuaan dini seperti bintik hitam pada kulit hingga keriput bisa dicegah dengan baik jika Teman kuliner rutin mengonsumsinya setiap hari.  



Sumber:  Mygreekdish.com


4. Menjaga Glukosa Darah Tetap Stabil

Roti kerap kali membuat gula darah melonjak tinggi dikarenakan adanya kandungan glukosa yang cukup tinggi. Tapi tidak begitu dengan roti sourdough. Roti ini memiliki indeks dan beban glikemik yang lebih rendah dibanding roti lainnya sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Ditambah lagi, roti sourdough memiliki kadar serta yang tinggi sehingga lebih ramah untuk glukosa darah.


5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu manfaat roti sourdough adalah bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan bakteri asam laktat bisa meningkatkan antioksidan dalam roti ini. Antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh untuk melindungi sel-sel dari kerusakan yang bisa menyebabkan beragam risiko penyakit kronis seperti jantung. Roti sourdough yang dibuat dari gandum hitam akan memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih tinggi dibandingkan gandum putih biasa.

 


Sumber: Zestysouthindiankitchen.com


6. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Manfaat yang terakhir dari roti sourdough adalah bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan proses fermentasi alami pada roti ini bisa menurunkan kandungan fitat dari tepung gandum utuh. Fitat sendiri adalah senyawa tumbuhan yang bisa menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh. Jadi kalau kandungan fitat semakin rendah, maka tubuh bisa menyerap nutrisi dengan lebih baik. Jika kandungan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi bisa diserap dengan lebih baik, maka pastinya imunitas tubuh bisa lebih meningkat.


Itulah beberapa manfaat roti sourdough yang bagus untuk tubuh. Semoga informasi di atas bisa membuat Teman Kuliner jadi lebih menyukai roti sourdough ya!

ET Bakery

Foto ET Bakery
Foto ET Bakery
Foto ET Bakery

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Holland Bakery

Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery

Eaton Bakery

Foto Eaton Bakery
Foto Eaton Bakery
Foto Eaton Bakery

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
NoVthHqOpUsbiPur
oliviablankenship663@gmail.com | 03 Sep 2021 pk. 10:04 AM
Foto user umum
MAVzyROSsch
oliviablankenship663@gmail.com | 03 Sep 2021 pk. 10:04 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?