Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cari Tahu Alasan, Mengapa Menu Dessert Selalu Disantap Paling Terakhir

List Artikel
9 Desember 2016 | 0 Komentar

Appetizer, main course, dan dessert. Tiga cara penyajian makanan tersebut tentunya sudah kamu ketahui. Appetizer yang merupakan makanan pembuka biasanya menyajikan sup atau jenis gorengan yang berukuran kecil seperti bitterbalen. Sedangkan main course adalah makanan utama yang bersifat lebih berat serta kaya akan protein dan karbohidrat seperti steak, pasta, atau nasi. Penyajian yang terakhir adalah dessert makanan pencuci mulut. Menu dessert ini biasanya terdiri dari makanan yang mempunyai rasa manis seperti puding, es krim, hingga cake.


Sumber:pergikuliner.com


Ketiga cara penyajian tersebut tampaknya sudah lumrah dan menjadi acuan serta pedoman di semua restoran dan rumah makan. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa menu dessert selalu disantap belakangan? Mengapa tidak disantap di awal saja? Ternyata bukan tanpa sebab, menu dessert selalu disantap saat terakhir karena ada alasan ilmiahnya.


Saat kamu merasa lapar, lambung akan memiliki tingkat konsentrasi gula yang sangat tinggi. Gula ini bisa diubah menjadi pati atau asam lambung. Lemak adalah inhibitor yang paling penting untuk mengosongkan lambung. Saat lambung kamu sedang kosong, gula dalam makanan penutup akan menarik air dan lemak dari lambung untuk mencernanya. Akibatnya fungsi kerja lambungmu akan tidak maksimal dan bermasalah. Oleh karena itu menyantap dessert di awal sangat tidak dianjurkan.



Sumber:pergikuliner.com


Selain itu, otak kamu selalu membutuhkan kalori dalam jumlah yang banyak. Jadi meski kamu sudah makan kenyang, tetap saja otak masih membutuhkan kalori. Menu dessert dengan rasa manis mampu memenuhi kebutuhan otak akan kalori. Kamu pasti pernah merasakan saat perutmu merasa kenyang dan masih ada sebuah dessert seperti es krim atau puding tersaji di hadapanmu dan kamu tetap saja bisa menghabiskannya? Bukan tanpa alasan terdapat istilah 'selalu ada ruang dalam perut untuk dessert'. Jadi meski kamu sudah merasa kenyang dan tidak memiliki nafsu makan lagi, saat dihidangkan dessert tentu kamu tidak akan bisa menolaknya.


Kamakura Japanese Cafe

Foto Kamakura Japanese Cafe
Foto Kamakura Japanese Cafe
Foto Kamakura Japanese Cafe

Sweet Hut

Foto Sweet Hut
Foto Sweet Hut
Foto Sweet Hut

The Cup (Rice and Noodle)

Foto The Cup (Rice and Noodle)
Foto The Cup (Rice and Noodle)
Foto The Cup (Rice and Noodle)

Scandinavian Coffee Shop

Foto Scandinavian Coffee Shop
Foto Scandinavian Coffee Shop
Foto Scandinavian Coffee Shop

Union Deli

Foto Union Deli
Foto Union Deli
Foto Union Deli

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?