Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Makanan Khas Maluku yang Unik dan Nikmat

List Artikel
23 Desember 2021 | 0 Komentar

Bicara tentang makanan khas Maluku pasti yang terbesit di kepala kita adalah bumbu rempahnya yang begitu kuat dan khas. Bahkan bangsa Eropa pada masa kolonial dahulu menjuluki Kepulauan Maluku sebagai kepulauan rempah-rempah. Sehingga tak heran dengan kekayaan hasil rempahnya ini, makanan khas Maluku pun identik dengan bumbu rempah yang khas, seperti pala dan cengkeh. Kekayaan alam yang dimiliki Kepulauan Maluku tentu tak berhenti sampai disitu saja. Maluku juga dikenal sebagai provinsi dengan kekayaan lautnya yang masih terjaga. Hal ini membuat makanan khas Maluku tak bisa jauh-jauh dari aneka olahan hasil laut, seperti ikan, kepiting dan udang. Berikut Pergikuliner sudah merangkum sederetan makanan khas Maluku yang unik dan nikmat!


1. Acar Kuning



Sumber: Sajiansedap.grid.id


Acar kuning adalah salah satu olahan acar khas Maluku yang umumnya terbuat dari campuran rebung dan kecipir muda. Namun acar kuning yang banyak ditemukan saat ini bisa dibuat juga dari kaneka sayuran seperti mentimun, wortel, buncis, serta nanas untuk memberi rasa asam. Sementara untuk bumbu halusnya menggunakan bahan kenari yang sudah dikupas. Acar kuning cocok dijadikan pelengkap pada masakan yang bercita rasa gurih. Soal rasanya, menu yang satu ini mampu membuat siapapun yang melihat langsung ingin mencobanya. 


2. Ikan Kuah Pala Banda



Sumber: Carimasakankhas.com


Maluku dikenal akan kekayaan baharinya. Tak heran jika banyak makanan khas Maluku berbahan utama dari hasil laut. Salah satunya adalah Ikan kuah pala banda yang menjadi salah satu kuliner kebanggaan masyarakat Kepulauan Banda, Maluku. Ikan yang digunakan untuk membuat menu ini biasanya adalah ikan kakap atau ikan kerapu. Hidangan ini memiliki kuah yang segar dengan perpaduan rasa asam bercampur pedas khas buah pala yang mampu membuat siapapun ketagihan. Ikan kuah pala banda pada umumnya disajikan dengan nasi hangat, urap daun papaya dan sambal bakasang khas Maluku.


3. Gatang Kenari



Sumber: Genpi.co


Makanan berikutnya pun masih berasal dari kekayaan bawah laut Maluku. Gatang kenari adalah salah satu makanan kegemaran masyarakat Maluku, karena dagingnya dianggap lebih gurih dan manis dibandingkan daging kepiting biasa. Gatang kenari kemudian diolah dengan berbagai bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, laos, kemiri, cabai dan santan. Kemudian ditambah juga dengan daun jeruk dan serai untuk memberi aroma khas pada masakan ini. Jika berkunjung ke pantai-pantai di sekitar Pulau Ambon biasanya kamu dapat menemukan menu ini di setiap restoran disana.


4. Kasbi Komplet



Sumber: 7terbaik.com


Kasbi komplet merupakan makanan khas masyarakat Maluku yang berbahan dasar kasbi atau singkong. Kasbi komplet paling cocok disantap dengan ubi rebus, keladi rebus, atau bahkan pisang rebus yang umumnya cenderung manis. Sebab di Maluku sendiri nasi bukanlah bahan makanan pokok satu-satunya, begitu pun untuk menikmati kasbi komplet ini. Selain itu, kasbi komplet biasanya dihidangkan juga dengan lauk pendamping seperti kohu-kohu, sayur jantung pisang, ikan bakar dan sambal colo-colo khas Maluku.  Rasa menu ini dijamin sangat khas dan autentik yang cuma ada di Maluku.


5. Kue Bagea



Sumber: Resepkoki.id


Kue bagea adalah kue kebanggan dari Maluku yang berbahan dasar kenari dengan campuran tepung sagu yang dipanggang. Kue kering khas Maluku ini punya resep khas yang sudah diwariskan secara turun temurun sehingga rasanya autentik. Kue kering ini punya tektur yang renyah dengan perpaduan rasa gurih dan tidak terlalu manis. Masyarakat Maluku biasanya menikmati kue bagea dengan secangkir kopi atau teh. Jika berkunjung ke Maluku jangan lupa menjadikan kue bagea ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Rasanya yang unik dan enak pasti tak akan cukup jika hanya membelinya setoples.


6. Halua Kenari



Sumber: Pesonanusantara.co.id


Halua kenari adalah salah satu camilan khas Maluku, tepatnya dari Maluku Utara. Camilan ringan ini memiliki rasa yang gurih dan manis, karena terbuat dari kenari dan gula merah. Sebenarnya camilan serupa terdapat juga di daerah lain, seperti Manado dan Ambon. Namun camilan ini rasanya lebih identik dengan Maluku Utara. Sebab Maluku Utara dikenal sebagai provinsi dengan daerah penghasil kenari terbesar seperti Ternate dan Makian. Jika berkunjung ke Maluku Utara, camilan halua kenari ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang direkomendasikan.


7. Kue Asida



Sumber: Tribunnews.com


Kue asida atau asidah merupakan salah satu jenis kue yang digemari masyarakat Maluku. Konon menurut sejarahnya, kue ini berasal dari arab yang biasanya menjadi hidangan favorit saat bulan Ramadhan. Selain itu, kue asida juga kerap disajikan pada acara-acara tertentu yang berkaitan dengan tradisi keagamaan seperti tahlilan, khitanan dan syukuran. Untuk membuat kue ini pun cukup mudah, hanya butuh bahan-bahan seperti tepung terigu, gula merah, mentega, gula pasir, kapulaga dan air secukupnya. Tentu sudah terbayang bagaimana manis dan legitnya kue asida ini.


8. Sambal Bakasang



Sumber: Cookpad.com


Sambal bakasang adalah salah satu kuliner berbahan dasar ikan khas Banda Neira, Maluku. Lebih tepatnya bekasang adalah isi perut ikan yang difermentasi lalu dijadikan semacam saus pedas dengan cita rasa yang khas. Bakasang diolah dari isi perut ikan yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, lalu dihaluskan. Setelah itu, isi perut akan ditaburi garam dan disimpan di dalam toples. Jika sudah siap, isi perut ikan akan dijemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih satu minggu. Bekasang biasanya dihidangkan sebagai sambal. atau bumbu rujak yang nikmat untuk dicocol saat makan buah-buahan.


Itulah 8 makanan khas Maluku. Kira-kira, kamu mau coba yang mana nih, Teman Kuliner?

Seafood City By Bandar Djakarta

Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Layar Seafood

Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood

Rezeki Seafood

Foto Rezeki Seafood
Foto Rezeki Seafood
Foto Rezeki Seafood

Senyum Indonesia

Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?