Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

4 Jenis Irisan Bawang Bombay Sesuai Jenis Makanan!

List Artikel
23 Juli 2019 | 0 Komentar

Bawang bombay menjadi salah satu jenis bawang yang lebih banyak digunakan pada masakan asing alias bukan masakan tradisional Indonesia. Bawang bombay memang banyak dijumpai pada masakan Jepang, China, India, hingga Eropa. Berbeda dengan bawang merah dan bawang putih yang ukurannya hanya seukuran ibu jari, bawang bombay justru memiliki ukuran yang 3-4 kali lipat lebih besar dari kedua jenis bawang tersebut. Bisa dikatakan kalau besarnya bawang bombay ini bisa seukuran tomat atau buah kiwi. Dengan ukuran bawang bombay yang cukup besar ini, ada banyak jenis irisan yang bisa kamu terapkan. Tapi tentu saja, jenis irisan tersebut tak bisa sembarangan digunakan pada masakan karena beda bentuk irisan, maka cita rasanya bisa jadi berbeda saat digunakan dalam masakan. Coba kita lihat empat jenis irisan bawang bombay, yaitu:

 

1. Irisan Memanjang


Sumber : Agweek.com


Pertama ada jenis irisan memanjang yang paling sering digunakan. Irisan memanjang ini bisa didapat dengan  cara membelah terlebih dulu bawang bombay menjadi dua bagian, lalu mengirisnya memanjang dengan ukuran sekitar setengah cm alias tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal.  Jenis irisan ini paling sering digunakan untuk masakan yang ditumis, pasta, serta makanan yang berbahan dasar daging. Bawang bombay yang diiris memanjang ini dipercaya bisa membuat cita rasa makanan menjadi lebih gurih dan bisa lebih cepat menyerap ke dalam makanan.

 

2. Irisan Melingkar



Sumber : Pixabay.com


Bawang bombay yang diiris melingkar ini bisa sangat lekat dengan kuliner onion ring yang sering dijadikan sebagai camilan atau makanan pendamping saat makan burger atau hotdog. Untuk memotong bawang bombay menjadi irisan melingkar ini tidak semudah memotong irisan memanjang karena potongannya tidak boleh putus alias harus membentuk lingkaran. Agar lebih mudah, kamu bisa memotongnya dengan ukuran sekitar 2 cm supaya tidak mudah putus. Irisan melingkar pada bawang bombay ini memang lebih banyak digunakan sebagai gorengan tepung sehingga dikenal dengan nama onion ring.  

 

3. Irisan Dadu


Sumber : Vidivodo.com


Berikutnya ada irisan dadu yang bisa digunakan dalam masakan yang direbus. Sesuai dengan namanya, irisan dadu ini berbentu dadu sekitar 1x1 cm. Untuk mendapatkan irisan dadu, kamu harus membelah bawang bombay menjadi dua terlebih dahulu. Lalu mengirisnya secara memanjang (vertikal) dan iris lagi (secara horizontal) sehingga membentuk dadu. Dengan menggunakan irisan dadu pada masakan yang direbus, maka cita rasa kuah akan lebih segar seperti kamu menggunakan kaldu daging.

 

4. Irisan Cincang


Sumber : Idntimes.com


Terakhir ada irisan cincang yang merupakan potongan bawang bombay yang dicincang kasar. Biasanya irisan cincang ini bisa dijadikan sebagai bumbu tumisan, campuran pada omelet, isian pada martabak telur, hingga campuran pada isian kroket. Dengan menggunakan irisan cincang bawang bombay ini, tekstur renyah bawang bombay tidak akan hilang. Lain halnya jika kamu menggunakan bawang bombay yang sudah dihaluskan.

 

Itulah beberapa jenis irisan bawang bombay yang perlu kamu ketahui. Dari keempatnya, manakah menurutmu yang paling mudah dipraktekkan? Jika tak mau repot memasaknya sendiri, kamu bisa coba cicipi di salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Hayaku Steamboat And Yakiniku

Foto Hayaku Steamboat And Yakiniku
Foto Hayaku Steamboat And Yakiniku

PSY Steamboat Yakiniku

Foto PSY Steamboat Yakiniku
Foto PSY Steamboat Yakiniku

Yakinikuya

Foto Yakinikuya
Foto Yakinikuya

Madam Lee Korean BBQ

Foto Madam Lee Korean BBQ
Foto Madam Lee Korean BBQ
Foto Madam Lee Korean BBQ

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?