Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Alasan Bubur Ayam Kaki Lima Terasa Enak

List Artikel
30 Juni 2021 | 0 Komentar

Bubur menjadi salah satu kuliner yang sangat lekat dengan menu sarapan bagi masyarakat Indonesia. Selain dikenal sebagai menu sarapan, bubur juga sangat populer sebagai menu santapan saat kamu kurang enak badan. Hal ini dikarenakan teksturnya yang lembut dan kandungan gizi lengkap di dalamnya. Bubur ayam khas Indonesia sebenarnya mendapat pengaruh dari kuliner Tionghoa dengan sentuhan bumbu rempah khas Indonesia sehingga cita rasanya pun menjadi berbeda. Selain itu, cara penyajiannya juga berbeda. 


Bubur bisa dikatakan sebagai kuliner kaki lima karena kita banyak menjumpai pedagang bubur gerobak yang mangkal di pinggir jalan. Meski juga bisa dijumpai di kafe, restoran ternama, hingga dibuat sendiri, tapi anehnya bubur ayam kaki lima atau abang-abang gerobak terasa lebih enak. Sebenarnya ada alasannya loh mengapa bubur ayam kaki lima terasa enak. Ini dia alasannya!



Sumber: Pergikuliner.com


1. Bubur Dimasak dengan Air Kaldu

Alasan pertama mengapa bubur ayam kaki lima terasa enak adalah karena dimasaknya dengan menggunakan air kaldu rebusan ayam. Tak hanya daging ayam saja, tulang dan kulit pada ayam juga bisa menciptakan cita rasa yang sangat gurih meski tidak diberi penyedap makanan. Berhubung buburnya sendiri dimasak dengan air kaldu, maka rasanya sudah lezat meski tidak diberi tambahan apapun.


2. Menggunakan Ayam Kampung

Alasan kenapa bubur ayam kaki lima terasa enak lainnya adalah karena jenis ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Ayam kampung biasanya diternakkan tanpa bahan kimia alias tidak disuntik hormon dan semacamnya. Hal ini membuat daging ayam kampung terasa lebih enak. Meski dagingnya lebih sedikit dibanding ayam broiler, tapi cita rasa daging ayam kampung jauh lebih gurih dan lezat.


3. Kuah Kaldu Kaya Rempah

Kuah kaldu yang kaya rempah juga bisa menjadi jawaban dari bubur ayam kaki lima terasa enak. Kuah kaldu pada bubur ayam sudah pasti bisa memperkaya rasanya. Kuah kaldu juga menjadi salah satu ciri khas dari bubur ayan khas Indonesia karena bubur ayam China tidak menggunakan kuah kaldu pada penyajiannya. Biasanya kuah kaldu yang digunakan pada bubur ayam Indonesia adalah kuah kaldu yang dibuat dengan campuran bumbu kuning sehingga tampilannya juga lebih berwarna cerah.


4. Bahan Pendamping yang Lengkap

Siapa di antara kamu yang ketika makan bubur ayam pasti selalu menyertakan sate tusuknya. Ada banyak bahan pendamping yang digunakan pada bubur ayam abang-abang, mulai dari suwiran ayam, cakwe, bawang goreng, irisan daun bawang seledri, emping atau kerupuk, sambal, dan pastinya aneka jenis sate seperti sate usus, sate telur puyuh, hingga sate ati ampela. Dengan aneka bahan pendamping ini, pastinya bubur ayam kaki lima terasa lebih enak. 

 

5. Praktis dan Dibuat dari Resep Rahasia

Alasan yang terakhir mengapa bubur ayam kaki lima terasa enak adalah karena sangat praktis. Kamu bisa mudah menemukannya dan tak butuh waktu lama untuk menikmatinya karena pedagang bubur ayam tinggal meraciknya dalam beberapa menit saja. Ditambah lagi, sudah pasti bubur ayam abang-abang dibuat dari resep rahasia yang sudah turun temurun sehingga cita rasa dan kelezatannya tak pernah berubah.


Itulah lima alasan dibalik lezatnya bubur kaki lima yang dijual abang-abang gerobak. Kamu setuju tidak nih, teman kuliner? Kalau kamu mau makan bubur ayam kaki lima yang enak, Pergikuliner punya beberapa rekomendasi tempatnya nih. Simak di bawah ini yuk!

Bubur Ayam Alfa

Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa

Bubur Ayam Barito

Foto Bubur Ayam Barito
Foto Bubur Ayam Barito
Foto Bubur Ayam Barito

Bubur Ayam Parkiran

Foto Bubur Ayam Parkiran
Foto Bubur Ayam Parkiran
Foto Bubur Ayam Parkiran

Bubur Ayam Tangki 18 Aguan

Foto Bubur Ayam Tangki 18 Aguan
Foto Bubur Ayam Tangki 18 Aguan
Foto Bubur Ayam Tangki 18 Aguan

Bubur Ayam BCA

Foto Bubur Ayam BCA
Foto Bubur Ayam BCA
Foto Bubur Ayam BCA

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?