Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Bagian Ayam yang Paling Banyak Digunakan dalam Masakan

List Artikel
18 Agustus 2020 | 0 Komentar

Ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang paling banyak digunakan dalam masakan, baik itu masakan barat, Asia, hingga Indonesia. Menjadi salah satu golongan daging putih, ayam memang lebih sehat dikonsumsi jika dibandingkan dengan daging merah  Selain mengandung protein yang tinggi, ayam juga sangat mudah dijumpai dengan harga yang sangat terjangkau sehingga semua kalangan bisa menikmatinya. Ayam memiliki banyak bagian yang bisa kamu nikmati. Tapi dari semuanya, ada lima yang paling banyak digunakan dalam dunia kuliner, yaitu:

 

1. Dada Ayam



Sumber: Freilaender.at


Bagian ayam pertama yang paling banyak digunakan dalam dunia kuliner adalah dada ayam. Dada ayam ini memang sangat populer karena memiliki daging yang sangat tebal dengan lemak yang sedikit. Ditambah lagi tulangnya juga sedikit dan ada bagian tulang muda yang sangat lezat untuk dikonsumsi. Dada ayam bisa digunakan sebagai steak, opor, gulai, hingga campuran sop dan tumisan.


2. Paha Ayam Atas



Sumber: Hipwee.com


Bagian ayam selanjutnya yang paling sering digunakan pada kuliner adalah paha ayam atas. Paha ayam atas ini merupakan bagian atas paha yang seringkali difillet alias hanya digunakan bagian dagingnya saja. Daging fillet pada bagian paha atas berbeda dengan fillet bagian dada karena ketika dimasak, dagingnya tidak terlalu kering. Tak jauh berbeda dengan dada ayam, paha ayam atas ini juga sering dijadikan campuran sup, tumisan, hingga isian dimsum.


3. Paha Ayam Bawah



Sumber: Detik.net.id


Berbeda dengan paha ayam atas, untuk paha ayam bawah ini jarang difillet karena dagingnya melekat pada tulang. Paha ayam bawah punya bentuk yang seperti stik drum sehingga olahannya seringkali dijuluki dengan nama drum stick chicken.  Bagian ini paling sering diolah sebagai ayam goreng tradisional maupun ayam goreng tepung karena kamu bisa dengan mudah menyantapnya dengan memegang bagian ujung tulangnya.


4. Sayap Ayam



Sumber: Shopee.co.id


Salah satu bagian ayam yang paling banyak digunakan sebagai ayam goreng selain paha ayam bawah adalah sayap ayam. Pemilihan sayap ayam sebagai kuliner yang digoreng adalah karena meski bagian ini dagingnya sedikit, tapi daginya sangat gurih karena posisinya menempel pada tulang. Ditambah lagi sensasi menggigit daging tulang sangatlah berbeda sehingga banyak yang menyukai bagian sayap ayam.


5. Ceker



Sumber: Halodoc.com


Terakhir adalah bagian ceker atau kaki ayam. Memang tidak semua orang menyukainya, tapi tetap saja bagian ceker ayam ini punya tekstur dan citarasa yang unik saat disantap. Dagingnya yang sangat sedikit dan menempel pada tulang membuat citarasanya sangat gurih. Ceker ayam biasa dijadikan olahan sup atau dijadikan bahan dasar pembuatan kaldu ayam. Selain itu, ceker ayam juga bisa diolah menjadi soto, dimsum, hingga aneka masakan China yang lezat.


Itulah beberapa bagian ayam yang paling banyak digunakan dalam dunia kuliner. Menurutmu sendiri, bagian ayam manakah yang paling kamu sukai dan punya cita rasa paling enak?

Ayam Goreng Pemuda

Foto Ayam Goreng Pemuda
Foto Ayam Goreng Pemuda

Ayam Goreng Pemuda Surabaya

Foto Ayam Goreng Pemuda Surabaya
Foto Ayam Goreng Pemuda Surabaya

Ayam Goreng Karawaci

Foto Ayam Goreng Karawaci
Foto Ayam Goreng Karawaci
Foto Ayam Goreng Karawaci

Ayam Bakar Kambal

Foto Ayam Bakar Kambal
Foto Ayam Bakar Kambal

Bebek & Ayam Goreng Pak Ndut

Foto Bebek & Ayam Goreng Pak Ndut
Foto Bebek & Ayam Goreng Pak Ndut
Foto Bebek & Ayam Goreng Pak Ndut

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?