Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Nasi Tumpeng, Ini Kuliner yang Identik dengan 17 Agustus

List Artikel
17 Agustus 2020 | 0 Komentar

Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia selalu disambut dengan meriah setiap tahunnya. Mulai dari diadakannya lomba perayaan kemerdekaan hingga potong tumpeng. Acara tumpengan memang menjadi salah satu agenda yang tak pernah terlewatkan saat 17 Agustus. Tumpengan merupakan acara makan nasi tumpeng bersama-sama. Nasi tumpeng yang digunakan bisa berupa nasi kuning atau nasi putih yang berbentuk kerucut lalu nantinya dihiasi dengan aneka lauk pauk lezat. Tapi tahukah kamu, selain nasi tumpeng, masih ada beberapa kuliner lainnya yang identik dengan perayaan 17 Agustus. Biar nggak bosan sama nasi tumpeng, yuk cek kuliner lain yang identik dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesa di bawah ini!


Klepon Merah Putih



Sumber: Ytimg.com


Kuliner pertama yang identik dengan 17 Agustus adalah klepon merah putih. Klepon merah putih seringkali dijumpai di daerah Jawa, terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur. Klepon merah putih sebenarnya adalah klepon biasa yang diberi campuran pewarna makanan berwarna merah, sementara warna putihnya tidak diberi campuran pewarna. Klepon merah putih melambangkan bendera merah putih yang menjadi bendera Indonesia.


Telok Abang dan Telok Ukan



Sumber: Idntimes.com


Telok ukan dan telok abang merupakan salah satu kuliner khas Palembang yang sering muncul pada saat perayaan 17 Agustus. Telok abang adalah telur ayan yang dimasak dengan bumbu pindang yakni diberi bumbu rempah dan pewarna warna merah. Sementara telok ukan adalah olahan telur yang dikeluarkan isinya dalam keadaan mentah lalu dicampur rempah seperti daun pandan dan kapur sirih kemudian dimasukkan lagi ke dalam telur dan ditutup dengan menggunakan kayu gabus dan direbus selama 30 menit hingga matang. Warna dari telur ukan ini putih agak kebiruan sehingga kalau dijajarkan dengan telur abang, warnanya jadi merah putih.


Ayam Tuturaga



Sumber: Masakapahariini.com


Ayam tuturaga adalah salah satu olahan ayam khas Indonesia, tepatnya dari daerah Manado. Entah sejak kapan tradisi makan ayam tuturaga saat perayaan 17 Agustus, tapi pastinya kuliner ini tak pernah absen sebagai lauk terfavorit kala hari kemerdekaan. Ayam tuturaga dibuat dari ayam yang dimasak dengan aneka rempah-rempah khas Indonesia sehingga cita rasanya sangat khas dan tradisional sekali.


Nasi Tutug Oncom



Sumber: Resepkoki.id


Orang Manado punya ayam tuturaga, orang Sunda punya nasi tutug oncom. Nasi tutug oncom merupakan masakan khas Sunda yang selalu muncul pada saat perayaan-perayaan besar seperti hari kemerdekaan. Nasi tutug oncom ini terbuat dari bahan dasar nasi yang dicampur dengan oncom bakar atau goreng. Proses pencampurannya dengan cara menumbuk nasi bersama oncom hingga tercampur rata. Nantinya nasi tutug oncom disajikan dengam aneka lauk pauk, lalapan, dan sambal.


Bubur Merah Putih



Sumber: Womantalk.com


Terakhir ada bubur merah putih yang banyak dijumpai di daerah Jawa Timur. Bubur merah putih adalah bubur yang dibuat dari bahan dasar beras yang dimasak dengan santan, gula pasir, dan daun pandan sehingga aromanya wangi. Bubur ini terdiri dari dua warna, untuk yang putih tidak diberi tambahan apa-apa. Sedangkan untuk yang merah diberi tambahan gula merah. Bubur merah putih adalah simbol keselamatan dan pengharapan.

 

Itulah beberapa kuliner yang identik dengan perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Menurutmu, selain kelimanya masih ada kuliner lainnya tidak yang identik dengan 17 Agustus?

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan
Foto Remboelan

Selera Meneer

Foto Selera Meneer
Foto Selera Meneer
Foto Selera Meneer

Nasi Kuning Plus - Plus

Foto Nasi Kuning Plus - Plus
Foto Nasi Kuning Plus - Plus
Foto Nasi Kuning Plus - Plus

Bebek Bengil

Foto Bebek Bengil
Foto Bebek Bengil
Foto Bebek Bengil

Dapur Solo

Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?