Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Bahan Ini Bisa Bikin Sajian Nasi Jadi Punya Aroma yang Unik

List Artikel
10 Agustus 2020 | 0 Komentar

Nasi merupakan makanan pokok di Indonesia yang dikonsumsi sehari-hari. Bagi masyarakat Indonesia, rasanya masih belum makan jika perut belum kemasukan nasi.Nasi bisa dikonsumsi bersama dengan aneka kuliner tradisional khas Indonesia, mulai dari rendang, opor, soto, dan lain sebagainya. Pada umumnya, nasi hanya dimasak begitu saja dengan cara diaron dengan air dan ditanak hingga matang. Aroma nasi yang dibuat dari beras berkualitas bagus memang akan wangi, tapi ternyata kamu bisa menjadikan nasi yang dimasak memiliki aroma wangi yang berbeda dan semerbak. Jika kamu menambahkan beberapa bahan di bawah ini, aroma wangi nasi yang dimasak pasti akan berbeda. Coba kita lihat!


1. Daun Pandan



Sumber: Idntimes.com


Pertama ada daun pandan. Daun pandan sudah sangat terkenal dalam dunia kuliner untuk memberikan aroma wangi. Cukup masukkan selembar daun pandan pada saat kamu memasaknya. Setelah nasi matang, daun pandan bisa kamu keluarkan. Selain digunakan pada saat menanak nasi, daun pandan juga sering digunakan untuk campuran kue-kue tradisional khas Indonesia.


2. Lengkuas



Sumber: Kitchenofindonesia.com


Lengkuas adalah bumbu masakan yang paling sering digunakan untuk masakan Indonesia. Lengkuas tak hanya bisa menjadikan cita rasa masakan jadi lebih eksotis, tapi juga membuat aroma masakan menjadi lebih wangi. Jika kamu menginginkan nasi yang dimasak punya aroma wangi rempah yang eksotis, tambahkan saja seruas lengkuas yang diiris tipis-tipis.Lengkuas sangat umum digunakan pada olahan nasi seperti nasi ulam, nasi uduk, dan nasi kuning.


3. Sereh



Sumber: Tokopedia.net


Berikutnya ada sereh yang juga merupakan salah satu rempah khas Indonesia. Sereh selalu dicampurkan pada beberapa kuliner Indonesia, terutama yang menggunakan campuran santan di dalamnya. Sereh punya aroma wangi yang sangat khas sehingga cocok untuk ditambahkan pada nasi yang sedang dimasak. Saat akan menggunakannya, sereh harus digeprek terlebih dahulu supaya aroma wanginya jadi lebih menggoda.


4. Bawang



Sumber: Ayocirebon.com


Penambahan bawang pada sajian nasi tak hanya bisa menambah kelezatan tapi juga membuat aromanya lebih wangi. Bawang yang digunakan bisa jenis apa saja, tapi bawang putih akan memberikan aroma yang lebih wangi dibandingkan bawang merah dan bombay. Jika ingin aroma wangi yang lebih semerbak, tumis bawang terlebih dahulu hingga warnanya agak keemasan, barulah masukkan ke dalam nasi saat akan ditanak.


5. Mentega



Sumber: Kompas.com


Terakhir ada mentega yang seperti kita ketahui punya aroma sangat wangi. Mentega tak hanya cocok dijadikan campuran pada kue saja, tetapi juga pada aneka masakan. Bisa untuk menumis, memberikan lapisan pada daging sebelum dipanggang. Hingga ditambahkan pada nasi supaya aromanya jadi lebih wangi. Berbeda dengan keempat bahan di atas, mentega sebaiknya dimasukkan setelah nasi matang. Tambahkan satu sendok makan mentega ke dalam nasi yang baru matang dan aduk hingga merata. Maka kamu akan mendapatkan nasi yang punya aroma wangi nikmat.


Itulah beberapa bahan yang bisa membuat nasi punya aroma berbeda dan tentunya menjadi lebih khas. Kalau kamu sendiri lebih suka menambahkan apa pada sajian nasimu?

Nasi Kapau Sodagar

Foto Nasi Kapau Sodagar
Foto Nasi Kapau Sodagar
Foto Nasi Kapau Sodagar

Nasi Kari Akiat

Foto Nasi Kari Akiat
Foto Nasi Kari Akiat
Foto Nasi Kari Akiat

Piring Nasi

Foto Piring Nasi
Foto Piring Nasi
Foto Piring Nasi

Nasi Kulit Malam Minggu

Foto Nasi Kulit Malam Minggu
Foto Nasi Kulit Malam Minggu
Foto Nasi Kulit Malam Minggu

Nasi Campur AFA Kalimantan

Foto Nasi Campur AFA Kalimantan
Foto Nasi Campur AFA Kalimantan
Foto Nasi Campur AFA Kalimantan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?