5 Bakso Isi Paling Populer di Indonesia, Kamu Pernah Coba yang Mana?

30 April 2017 | 0 Komentar

Bakso merupakan salah satu kuliner kaki lima khas Indonesia yang disukai semua golongan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bakso terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan tepung tapioka dan diberi aneka bumbu rempah khas Indonesia yang kemudian dibentuk bulat-bulat lalu direbus hingga matang. Bakso disajikan dengan kuah kaldu sapi, mie kuning, bihun, tauge, sawi, dan taburan daun bawang seledri serta bawang goreng. Bakso bisa dengan mudah kamu jumpai di seluruh penjuru Indonesia, mulai dari kaki lima hingga restoran. Saking populernya, bakso berinovasi dengan beragam jenis isian yang tak akan membuat kamu bosan menyantapnya. PergiKuliner merangkum lima bakso isi paling populer di Indonesia yang pastinya pernah kamu coba. Yuk lihat!

 

1. Bakso Isi Keju



Sumber: pergikuliner.com


Bakso isi yang sedang hits saat ini adalah bakso isi keju yang menggabungkan kuliner Indonesia dengan Western. Bakso ini berisi keju dengan cita rasa asin gurih yang menyatu dengan lezatnya daging bakso. Jenis keju yang digunakan biasanya terdiri dari dua jenis, yakni keju cheddar dan keju mozarella. Ukuran bakso isi keju ini tidak terlalu besar sehingga bisa sekali lahap.

 

2. Bakso Isi Cabai Rawit



Sumber: pergikuliner.com


Buat kamu pecinta kuliner pedas, bakso isi cabai rawit bisa menjadi pilihan menu makan siang kamu. Bakso ini berisi potongan cabai rawit merah yang dijadikan isian bakso. Ada banyak nama lain dari bakso isi cabai rawit ini seperti bakso granat, bakso setan, hingga bakso ranjau karena saat kamu gigit, cita rasa pedas dari cabai langsung menguasai mulut kamu.

 

3. Bakso Isi Telur



Sumber: pergikuliner.com


Bakso isi telur memang menjadi jenis isian bakso paling legendaris. Sesuai dengan namanya, bakso ini berisi satu telur utuh sehingga ukurannya lumayan besar dibanding varian bakso isi lainnya. Tak seperti pembuatan pempek kapal selam yang menaruh telur mentah di dalam adonan pempek sebelum direbus, telur yang digunakan dalam bakso isi ini adalah telur rebus matang. Ada dua jenis telur yang biasa digunakan untuk isian, yakni telur ayam dan telur asin yang memiliki cita rasa lebih gurih.

 

4. Bakso Isi Urat



Sumber: pergikuliner.com


Sama seperti bakso telur, bakso urat ini menjadi varian bakso yang legendaris karena hampir semua penjual bakso menjual bakso isi urat. Bakso isi urat disukai karena teksturnya yang berbeda dibanding bakso kebanyakan. Tekstur bakso isi urat tidak terlalu halus dan lebih kenyal. Bakso isi urat terbuat dari adonan bakso biasa yang diberi isian urat daging sapi yang dicincang kasar. Ukuran bakso isi urat ini cukup besar sehingga biasanya penjual bakso hanya menyertakan satu hingga dua buah bakso isi urat saja dalam satu porsi mangkuk bakso.

 

5. Bakso Beranak



Sumber: pergikuliner.com


Terakhir ada bakso beranak yang namanya baru naik daun. Buat kamu yang belum mencoba bakso beranak ini, kamu pasti bertanya-tanya kenapa sih dinamakan bakso beranak, memangnya ada bakso yang bisa beranak? Nama ‘beranak’ ini diambil karena saat kamu belah, bakso ini berisi bakso kecil-kecil yang disebut sebagai anak bakso. Unik bukan? Bakso ini ibarat ibu yang sedang mengandung anak.


Itu dia beberapa bakso isi yang populer di Indonesia. Manakah bakso isi yang jadi favorit kamu? Atau kamu jadi kepingin makan bakso seperti di atas? Langsung aja cek rekomendasi tempat makan bakso enak yang PergiKuliner siapkan buat kamu di bawah ini!

Bakso Gallant 999

Bakso JWR

Bakso Lapangan Tembak Senayan

Bakso Aan

Bakso Iga Balungan

Mau tau dimana saja tempat makan enak di wilayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu ya sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini: