Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Buah yang Dipanggang Menjadi Olahan Cake dan Pastry

List Artikel
7 Januari 2023 | 0 Komentar

Buah selama ini selalu dipandang sebagai salah satu jenis makanan segar yang sangat bagus dikonsumsi karena punya nutrisi vitamin yang sangat tinggi. Tapi saat buah segar dipanggang dan dipadukan menjadi olahan cake dan pastry, rasanya bagaimana? Tentu saja enak. Saat buah dijadikan olahan cake dan pastry, maka sudah pasti buah akan dipanggang. Buah yang pada dasarnya punya kandungan alami, ketika dipanaskan akan mengalami proses karamelisasi sehingga mengeluarkan citarasa manis alami yang lezat. Dari sekian banyak olahan cake dan bakery yang ada campuran buah di dalamnya, ada lima yang paling populer, yaitu:

 

1. Banana Cake



Sumber: Bbc.co.uk


Buah pertama yang paling sering dipanggang menjadi olahan kue adalah pisang. Di antara banyaknya olahan cake dan pastry yang dibuat dari pisang, banana cake yang paling terpopuler. Banana cake adalah cake dengan bahan utama pisang yang dihaluskan kasar lalu dicampur dengan telur, margarin, tepung, baking powder, gula palem, dan gula pasir. Untuk jenis pisang yang digunakan kebanyakan adalah pisang ambon. Aromanya sangat wangi karena di dalamnya ada proses karamelisasi. Cita rasa dari banana cake  cenderung manis dengan tekstur yang padat dan berserat.

 

2. Apple Pie



Sumber: Hips.heartsapps.com


Apple pie merupakan salah satu olahan pastry yang berpadu dengan buah yang dipanggang. Kue asal Inggris ini memang sangat populer di Indonesia. Apple pie dibuat dari bahan dasar kulit pai yang di atasnya di beri irisan buah apel yang bisa dipotong dadu atau tipis-tipis yang dimasak dulu dengan gula palem, kayu manis, butter, dan lain sebagainya. Nantinya setelah matang, adonan apel akan diletakkan di atas kulit pai dan dipanggang hingga matang. Jenis apel yang digunakan bisa apel apa saja, baik itu apel hijau maupun merah dengan tekstur yang garing.

 

3. Berry Pastry Cake



Sumber: Eatsmarter.com


Selanjutnya ada berry pastry cake yang sangat populer di Eropa, terutama di Perancis. Sajian ini dibuat dengan memadukan tiga bahan utama, yakni bahan pastry, bahan cake, dan buah berry. Pastry cake ini sendiri sebenarnya adalah pastry biasa yang ukurannya besar alias tidak dipotong-potong untuk satu porsi seperti pastry kebanyakan. Jadi nantinya adonan pastry akan dipanggang dengan taburan buah berry di atasnya. Setelah matang, biasanya bagian atasnya akan ditaburi dengan gula halus.

 

4. Orange Tart



Sumber: Miminewman.com


Orange tart adalah salah satu olahan buah panggang yang dipadukan dengan tart. Sekilas adonan ini memang mirip dengan pai buah. Hanya bedanya, pada bagian topping atasnya tidak diberi buah segar, melainkan buah yang dipanggang bersama dengan adonan tart. Buah yang digunakan adalah buah jeruk yang tidak dikupas kulitnya tapi diiris tipis-tipis. Tujuannya adalah agar tekstur jeruk tidak hancur. Ditambah lagi kulit jeruk yang dipanggang aromanya sangat wangi. Orange tart punya cita rasa yang manis dengan campuran asam di dalamnya.

 

5. Peach Mango Pocket



Sumber: Foxyfolksy.com


Peach mango pocket menjadi salah satu olahan buah panggang yang berpadu dengan pastry yang sangat populer di toko kue, kedai kopi, dan restoran cepat saji. Cita rasanya yang asam manis membuatnya sangat cocok disantap dengan minuman apapun. Sesuai dengan namanya, peach mango pocket memadukan campuran buah mangga dan peach yang dipotong-potong lalu diberi gula dimasukkan dalam adonan pastry yang berbentuk pocket.

 

Enak-enak bukan aneka buah yang dipadukan dengan pastry dan cake? Selain kelima perpaduan di atas, menurutmu masih ada lagi tidak perpaduan lainnya?

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Olive Tree House of Croissants

Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants

Becca's Bakehouse

Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse

Social Affair Coffee & Baked House

Foto Social Affair Coffee & Baked House
Foto Social Affair Coffee & Baked House
Foto Social Affair Coffee & Baked House

Pave Pastry & Bistro

Foto Pave Pastry & Bistro
Foto Pave Pastry & Bistro
Foto Pave Pastry & Bistro

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?