Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Cocolan Terfavorit yang Cocok Banget Dinikmati Bersama Gorengan

List Artikel
11 Maret 2021 | 2 Komentar

Bagi masyarakat Indonesia, gorengan menjadi salah satu kuliner yang banyak dikonsumsi. Rasanya hampir setiap hari kita bisa mengonsumsi gorengan, tidak hanya untuk dikonsumsi sebagai lauk pauk, tapi juga dikonsumsi sebagai camilan saat iseng. Gorengan sangat disukai masyarakat Indonesia bukan tanpa alasan, selain cita rasanya yang enak, gorengan punya tekstur yang sangat garing dan renyah sehingga ketika dikonsumsi akan menambah nafsu makan. Secara umum, ada dua jenis gorengan di Indonesia, yakni gorengan manis dan gurih. Untuk gorengan manis terkadang hanya disantap begitu saja atau ditaburi meises, susu kental manis, hingga parutan keju. Sedangkan untuk gorengan gurih, biasanya disantap dengan cabai rawit atau aneka cocolan yang punya campuran rasa pedas. Jadi saat menyantapnya, teman kuliner tinggal mencocol saus tersebut.


Setidaknya ada lima cocolan terfavorit yang cocok banget dinikmati bersama gorengan. Ini dia ulasannya!

 

1. Sambal Kecap



Sumber: Windacarmelita.com


Cocolan terfavorit pertama yang cocok banget dinikmati bersama gorengan adalah sambal kecap. Sambal kecap ini dibuat dari bahan dasar kecap manis yang dicampur dengan irisan cabe rawit. Perpaduan dua bahan utama ini membuat sambal kecap punya rasa pedas manis yang bikin nagih. Selain caberawit, sambal kecap ada yang diberi campuran bawang goreng, tomat, hingga kacang tanah sangrai yang dihaluskan kasar.


2. Sambal Kacang



Sumber: News.ralali.com


Sambal kacang sangat dikenal sebagai cocolan terfavorit yang cocok banget dinikmati bersama gorengan. Sambal kacang punya tekstur yang agak creamy dengan rasa gurih dan sedikit rasa pedas. Sambal kacang dibuat dari bahan dasar kacang tanah sangrai yang dihaluskan lalu dibumbui dengan cabe merah, bawang putih, daun jeruk, asam jawa, garam, dan lain sebagainya. Sambal kacang ini banyak dijumpai di daerah yang ada di Pulau Jawa.


3. Sambal Rujak



Sumber: Endeus.tv


Selanjutnya ada sambal rujak yang juga cocok dijadikan sebagai cocolan terfavorit untuk disantap dengan gorengan. Tak hanya buah-buahan saja yang cocok dicocol sambal rujak, tapi gorengan juga enak jika dicocol sambal rujak. Sambal rujak punya perpaduan rasa yang unik karena ada campuran rasa pedas, manis, dan ada sedikit rasa asam di dalamnya karena menggunakan campuran asam jawa. Beberapa gorengan yang sering dicocol dengan sambal rujak adalah cireng, tempe goreng, hingga tahu goreng.


4. Saus Sambal



Sumber: Manado.tribunnews.com


Saus sambal sudah menjadi saus klasik yang paling sering disantap untuk cocolan gorengan. Tak hanya punya rasa yang pedas, saus sambal ini juga mudah dijumpai, bisa dibeli dengan harga sangat terjangkau karena ada kemasan sachetnya, dan juga lebih tahan lama jika dibandingkan saus cocolan lainnya. Jadi tak heran kalau banyak orang menyukai saus sambal sebagai cocolan terfavorit saat makan gorengan.


5. Sambal Bangkok



Sumber: Dapurkobe.co.id


Saus terfavorit yang cocok untuk cocolan gorengan adalah sambal bangkok. Sambal bangkok ini punya rasa pedas dan manis sehingga cocok dijadikan sebagai cocolan gorengan. Selain itu aromanya wangi karena ada campuran bawang putihnya. Sambal bangkok ini punya tekstur yang agak sedikit encer dan banyak dijual dalam bentuk botolan. Tapi kamu juga bisa membuatnya sendiri dari campuran bawang putih, cabai giling, gula atau madu, saus tomat, dan saus sambal yang dimasak menjadi satu.

 

Itulah beberapa saus cocolan terfavorit yang cocok banget dinikmati bersama gorengan. Meski semuanya cocok untuk cocolan gorengan, tapi manakah di antara kelimanya yang paling kamu suka? 
Dan kalau teman kuliner jadi kepingin makan gorengan yang hits dan kekinian, PergiKuliner sudah punya nih rekomendasi tempatnya buat teman kuliner kunjungi. Cek di bawah ini ya!

Bakwan Pontianak

Foto Bakwan Pontianak
Foto Bakwan Pontianak
Foto Bakwan Pontianak

Tahu Kriuk Yes

Foto Tahu Kriuk Yes
Foto Tahu Kriuk Yes
Foto Tahu Kriuk Yes

Goerengan

Foto Goerengan
Foto Goerengan
Foto Goerengan

Tahu Go!

Foto Tahu Go!
Foto Tahu Go!
Foto Tahu Go!

Bakwan Day!

Foto Bakwan Day!
Foto Bakwan Day!
Foto Bakwan Day!

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
vOsmkIUJa
ornwvfy38@gmail.com | 11 Mar 2021 pk. 09:46 AM
Foto user umum
bZFAJPSKu
ornwvfy38@gmail.com | 11 Mar 2021 pk. 09:46 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?