Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Masakan Korea yang Cocok Untuk Vegetarian

List Artikel
12 Maret 2021 | 0 Komentar

Korea dikenal sebagai negara yang tak hanya terkenal akan K-drama dan K-pop, tapi juga populer akan kulinernya. Kuliner Korea punya ciri khas tersendiri yang membuat rasanya jadi lebih unik dan berbeda jika dibandingkan dari kuliner-kuIiner khas dari Asia lainnya. Beberapakuliner khas Koreaini ternyata sangat cocok buat para vegetarian karena kebanyakan kuliner dari negeri ginseng ini dibuat dari bahan dasar sayur-sayuran. Hal ini dikarenakan Korea punya hasil pertanian yang sangat melimpah sehingga teman kuliner bisa dengan mudah mendapatkan aneka sayuran dengan harga sangat murah. 


Berikut ini, PergiKuliner rangkum 5 masakan Korea yang cocok untuk vegetarian yang bisa teman kuliner coba ketika mampir ke restoran Korea favorit!


1. Kimchi



Sumber: Pergikuliner.com


Masakan Korea yang cocok untuk vegetarian pertama adalah kimchi. Kimchi adalah sayuran fermentasi yang sangat populer di dunia. Berhubung difermentasikan, rasanya akan agak masam dengan campuran rasa asin di dalamnya. Jenis sayuran yang digunakan bisa bervariasi, mulai dari sawi putih, daun bawang, kucai, lobak, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Kimchi sangat cocok dijadikan sebagai lauk pauk untuk disantap bersama dengan nasi putih.


2. Pajeon



Sumber: Pergikuliner.com


Pajeon dikenal sebagai pancake-nya Korea. Kuliner khas Korea ini dibuat dari bahan dasar daun bawang yang dicampur dengan tepung dan aneka bumbu lalu digoreng dengan sedikit minyak hingga matang. Setelah matang, teman kuliner bisa menyantapnya dengan cocolan kecap asin. Nama pajeon diambil dari bahasa Korea ‘"pa" yang berarti daun bawang dan "jeon" yang artinya dadar. Selain daun bawang, jeon juga bisa dibuat dari bahan sayur-sayuran lainnya seperti kimchi.


3. Kimbab



Sumber: Pergikuliner.com


Selanjutnya ada kimbab yang juga dikenal sebagai salah satu masakan Korea yang cocok untuk vegetarian. Kimbab punya tampilan unik karena berbentuk tabung silinder yang nantinya akan dipotong-potong sebelum disantap. Kimbab dibuat dari bahan dasar nasi yang sudah dibumbui lalu dicampur dengan sayur-sayuran seperti wortel, bayam, kimchi sawi, dan acar lobak lalu digulung menjadi satu. Karena dibuat dari aneka campuran sayur dan nasi di dalamnya, teman kuliner bisa merasa kenyang lebih lama karena terdapat kandungan serat lebih di dalamnya.


4. Bibimbap



Sumber: Pergikuliner.com


Bibimbap menjadi salah satu masakan Korea yang cocok untuk vegetarian. Meski bahan utama pembuatannya sama dengan kimbab karena sama-sama dibuat dari campuran nasi dan sayur-sayuran, tapi cita rasa yang teman kuliner rasakan sangat berbeda karena bibimbap diberi campuran bumbu gochujang alias pasta cabai khas Korea. Selain pasta cabai, ada tambahan minyak wijen, kecap asin, dan biji wijen. Untuk menyantap bibimbap, teman kuliner harus mengaduk atau mencampur semua bahan menjadi satu agar rasanya bisa sempurna.


5. Dubu Jorim



Sumber: Futuredish.com


Masakan Korea yang cocok untuk vegetarian terakhir adalah dubu jorim. Mungkin sebagian besar dari teman kuliner belum mengenalnya karena kuliner ini memang tidak sepopuler keempat kuliner khas Korea di atas. Dubu jorim dibuat dari bahan dasar tahu yang digoreng lalu dimasak dengan siraman kecap asin sehingga rasanya menjadi gurih. Untuk penyajian, teman kuliner bisa menambahkan taburan daun bawang dan biji wijen sangrai di atasnya. Dubu jorim paling sering dikonsumsi sebagai menu sarapan yang disantap dengan nasi putih hangat.


Itulah dia 5 masakan Korea yang cocok untuk vegetarian. Jadi, untuk teman kuline yang vegetarian bisa memesan masakan-masakan di atas untuk dijadikan menu bersantap ketika makan di restoran Korea ya. Selain itu, PergiKuliner juga punya nih rekomendasi restoran Korea yang enak di Jakarta, simak di bawah ini!

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Oppa Korean Food Cafe

Foto Oppa Korean Food Cafe
Foto Oppa Korean Food Cafe
Foto Oppa Korean Food Cafe

Taeyang Sung

Foto Taeyang Sung
Foto Taeyang Sung
Foto Taeyang Sung

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

SGD The Old Tofu House

Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?