Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Danish Pastry Khas Denmark yang Enak Disantap Bareng Kopi

List Artikel
27 Juli 2020 | 0 Komentar

Pastry merupakan salah satu jenis kue yang memiliki tampilan dan tekstur unik. Tampilan yang berlapis-lapis dan teksturnya yang renyah membuatnya banyak digemari. Pastry secara umum terbagi menjadi tiga jenis, yakni puff pastry, croissant, dan danish pastry. Berbeda dengan puff pastry dan croissant yang berasal dari Perancis, danish pastry justru berasal dari Denmark. Danish pastry memiliki tekstur yang lebihgaring dan renyah dengan bagian dalam yang tidak terlalu berongga. Salah satu ciri khas dari danish pastry adalah bagian atasnya biasanya ada topping seperti selai atau cokelat. Danish pastry memang memiliki cita rasa manis, berbeda dengan dua jenis pastry lainnya yakni croissant dan puff pastry yang cenderung bercita rasa manis.


1. Kanelstang



Sumber: Idntimes.com


Danish pastry pertama adalah kanelstang yang memiliki bentuk kepangan panjang. Pada bagian atasnya, biasanya ada lelehan cokelat atau glacing sugar sehingga membuat cita rasanya manis. Banyak yang menganggap kanelstang mirip dengan cinnamon roll karena di dalamnya terdapat campuran kayu manis. Hanya saja jenis adonan dasarnya bukan roti, melainkan pastry. Meski masuk jenis pastry, tapi teksturnya lebih lembut jika dibandingkan dengan jenis danish pastry lainnya.

 

2. Direktorsnegl



Sumber: Pinimg.com


Direktorsnegl merupakan jenis danish pastry yang memiliki bentuk bulat pipih dengan bagian atas yang mirip dengan siput atau lingkaran berlapis. Banyak yang mengatakan kalau direktorsnegl adalah perpaduan dari pastry dan donat. Hal ini dikarenakam bentuk yang bulat dan bagian atasnya selalu disiram dengan aneka jenis topping. Mulai dari lelehan cokelat hingga glacing sugar.


3. Tebirkes



Sumber: Ecommercedns.uk


Selanjutnya ada tebirkes yang merupakan jenis danish pastry dengan cita rasa yang agak manis tapi tetap ada rasa gurihnya. Tebirkes berbentuk persegi dengan tekstur yang berlapis-lapis. Pada bagian tengahnya terdapat isian krim manis dari campuran gula dan mentega. Sedangkan pada bagian atasnya diberi taburan biji poppy sehingga aromanya jadi wangi dan cita rasanya jadi lebih gurih.


4. Spandauer



Sumber: Flickr.com


Spandauer adalah jenis danish pastry yang memiliki bentuk bulat pipih dengan bagian tengahnya yang agak cekung ke dalam dan diisi dengan custard cream serta lelehan gula pada bagian pinggirnya. Cita rasa dari spandauer ini manis dengan tekstur yang renyah garing pada bagian pinggir, tapi empuk pada bagian dalam dan tengah. Sedangkan untuk cita rasanya ada perpaduan legit dan creamy dari custard cream-nya.


5. Frosnapper



Sumber: Flickr.com


Terakhir ada frosnapper yang merupakan jenis danish pastry dengan bentuk ulir panjang. Selain bentuknya yang khas, frosnapper juga punya ciri khas lainnya yakni lelehan cokelat yang ada di beberapa bagiannya dan taburan biji poppy serta biji wijen pada bagian atasnya. Cita rasanya agak manis tapi tidak terlalu manis karena cokelat leleh yang digunakan adalah jenis cokelat hitam. Teksturnya garing dan renyah.


Meski nama-nama pastry khas Jerman di atas agak susah untuk diucapkan dan diingat, tapi tampilannya terlihat menggiurkan untuk dicoba bukan? Dari kelimanya, kamu penasaran mau coba yang mana?

Sophie Authentique

Foto Sophie Authentique
Foto Sophie Authentique
Foto Sophie Authentique

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Olive Tree House of Croissants

Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants

Becca's Bakehouse

Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?