Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Gulai Khas Padang yang Cita Rasanya Creamy dan Nikmat

List Artikel
27 Januari 2019 | 0 Komentar
Gulai merupakan salah satu kuliner Indonesia yang memiliki cita rasa yang sangat khas. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki kuliner gulai, tetapi gulai yang paling terkenal adalah gulai yang berasal dari Padang atau Minangkabau. Gulai bisa dibuat dari daging ayam, ikan, kambing, jeroan, daun singkong, nangka muda, serta buncis. Ciri khas dari kuliner ini adalah penggunaan rempah-rempah yang sangat kaya seperti kunyit, lengkuas, jahe, ketumbar, lada, jintan, kayu manis, pala, adas, dan masih banyak lagi. Berhubung menggunakan banyak rempah, maka cita rasanya cenderung ke arah kuliner Timur Tengah. Gulai khas Padang tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Ada lima jenis gulai khas Padang yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Gulai Masin


Sumber : Cookpad.com

 

Pertama ada gulai masin yang pasti terlalu tersaji di rumah makan Padang. Gulai masin memiliki warna kuah yang kekuningan karena penggunaan kunyit yang terbilang cukup banyak dan tidak adanya cabai dalam campuran bumbunya. Gulai masin dibuat dari bahan utama ikan dan tahu. Jenis ikan yang digunakan sangat beragam, bisa ikan kakap, ikan tongkol, ikan mujair, dan lain sebagainya. Cita rasa dari gulai sangat gurih dan cocok disantap dengan nasi putih hangat.

 

2. Gulai Asam Padeh



Sumber : Nyobiresep.com

 

Gulai asam padeh, dari namanya saja kita sudah tahu kalau kuliner ini berasal dari Padang. Dari tampilannya yang berwarna merah, gulai asam padeh memang memiliki cita rasa pedas. Biasanya gulai asam padeh terbuat dari bahan utama ikan atau ayam. Jika menggunakan ikan, maka akan ditambahkan daun jeruk ke dalamnya supaya bisa menghilangkan rasa amis dan membuat aromanya jadi lebih wangi.

 

3. Gulai Pakis Udang


Sumber : Resepkoki.id


Gulai pakis udang merupakan gulai yang terbuat dari pakis dan udang yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah khas gulai. Meski tampilan warnanya yang kekuningan, tapi cita rasanya terbilang cukup pedas karena biasanya gulai pakis udang diberi tambahan cabai rawit utuh di dalamnya sehingga membuat kuahnya bercitarasa pedas. Gulai ini memang tidak mudah ditemukan di kota-kota lain selain di Padang.

4. Gulai Tauco


Sumber : Instazu.com


Sekilas tampilan gulai tauco mirip dengan sayur lodeh karena warnanya putih pucat. Gulai tauco merupakan gulai yang berbahan dasar ikan, tahu, buncis dan pastinya tauco. Hampir serupa dengan gulai pakis udang, gulai tauco ini juga memiliki citarasa pedas karena ada campuran cabai rawit di dalamnya. Gulai tauco biasanya lebih banyak disantap dengan menggunakan lontong atau ketupat, dibanding menggunakan nasi putih.

5. Gulai Tambusu



Sumber : Travelingyuk.com


Yang terakhir adalah gulai yang paling banyak ditemukan di rumah makan nasi kapau. Gulai tambusu, dari tampilannya pasti membuat kamu sedikit agak ngeri karena memiliki bentuk seperti usus yang sangat besar. Gulai tambusu memang terbuat dari usus sapi, yang di dalamnya diisi dengan kocokan telur dan tahu putih yang sudah diberi bumbu kemudian direbus bersama dengan kuah santan dan aneka rempah-rempah lainnya. Cita rasanya sangat gurih dan creamy sehingga cocok disantap bersama nasi putih.

Dari kelima gulai di atas, kamu sudah pernah mencoba yang mana nih teman PergiKuliner? Jika kamu penasaran dengan gulai-gulai tersebut, kamu bisa datang ke beberapa tempat makan Padang di bawah ini ya!

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Marco Padang Grill

Foto Marco Padang Grill
Foto Marco Padang Grill
Foto Marco Padang Grill

Padang Merdeka Saji

Foto Padang Merdeka Saji
Foto Padang Merdeka Saji
Foto Padang Merdeka Saji

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?