Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih dan Menyimpan Cumi-Cumi

List Artikel
21 November 2018 | 0 Komentar
Siapa yang nggak tahu cumi-cumi? Pasti para pecinta seafood sudah familiar sekali dengan nama hewan ini ya? Pasalnya cumi memang dinobatkan sebagai salah satu menu seafood paling favorit di kalangan pecinta seafood. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat menu ini begitu sempurna. Untuk menghasilkan menu cumi yang lezat, tentunya dipengaruhi oleh faktor pemilihan cumi-cumi yang berkualitas dan segar. Saat ini banyak sekali lho cumi-cumi yang dijual dalam keadaan nggak segar. Tapi jangan khawatir, berikut ini ada tips dalam memilih dan menyimpan cumi-cumi yang tepat!


Sumber : Merdeka.com

1. Tekstur
Tekstur cumi-cumi yang baik dagingnya kenyal, padat dan terasa lembab. Tapi jangan pilih yang sudah berlendir ya. Artinya cumi-cumi tersebut sudah nggak segar. Hindari memilih cumi-cumi yang kulitnya arinya mulai mengelupas. Hal tersebut menandakan cumi-cumi juga sudah nggak segar lagi.  Selain itu, cumi-cumi yang masih segar biasanya akan lebih mudah dipotong. Nah, untuk cumi kering atau cumi asin, pilih yang teksturnya kering. Agar lebih aman, pilih yang menggunakan kemasan karena terdapat tanggal kadaluarsanya. Supaya tekstur dan rasanya pas, rendam dahulu cumi asin dengan air panas selama 10 sampai 15 menit. Maka daging cumi akan menjadi lebih empuk dan mengurangi rasa asin.

2. Tampilan
Pilih cumi yang terlihat segar, warna kulitnya masih putih serta terdapat bercak cokelat kemerahan. Cumi yang berusia tua, kulitnya berubah menjadi merah muda dan dagingnya kekuningan. Perhatikan juga bagian mata dan kepala cumi-cumi ya. Pilih yang matanya jernih atau bening dan kepalanya masih melekat.

3. Aroma
Cumi-cumi yang baik memiliki aroma khas laut yang segar, sama sekali nggak mengeluarkan aroma amis atau anyir. Ciri dari cumi yang sudah membusuk dan nggak layak dikonsumsi adalah aromanya yang menyengat.

4. Ukuran
Bila kamu ingin durasi masak yang lebih cepat, lebih baik pilihlah cumi dengan ukuran kecil. Cumi yang ukurannya lebih kecil biasanya juga lebih empuk daripada cumi yang ukurannya lebih besar.

5. Penyimpanan
Usai membeli cumi, segera bersihkan cumi tersebut. Jika cumi nggak langsung diolah, kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu di kulkas. Jika disimpan dalam kulkas, cumi-cumi dapat bertahan selama dua hari. Supaya lebih lama, masukan dalam wadah yang tertutup rapat dan simpan dalam freezer. Cara ini akan membuat cumi tahan sampai dua bulan lho. Jika kamu menyimpan cumi tersebut di dalam plastik, maka sebaiknya kamu menyimpannya di dalam plastik tebal. Pastikan jika plastik yang digunakan untuk memilih cumi tersebut nggak ada jalan masuk udara. Kamu juga dapat memvakum plastik tersebut supaya bebas dari udara.

Itu dia yang perlu diperhatikan dalam memilih dan menyimpan cumi-cumi. Dengan pemilihan cumi yang tepat ini, maka hidangan cumi-cumi kamu akan lezat, bebas alot serta bebas amis. Nah, langsung saja yuk kunjungi beberapa restoran seafood yang sudah PergiKuliner siapkan di bawah ini!

Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris

Foto Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris

Seafood Kalimati 94 Mulyono

Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono
Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono

Indah Seafood 94

Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94

Oma Seafood

Foto Oma Seafood
Foto Oma Seafood

Aroma Dermaga Seafood

Foto Aroma Dermaga Seafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?