Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Seafood yang Pasti Muncul dalam Sajian Seafood Platter

List Artikel
14 Januari 2019 | 0 Komentar
Siapa di antara kamu yang gemar banget menyantap seafood? Seafood merupakan makanan laut yang memiliki cita rasa khas dan bisa dijadikan aneka olahan lezat karena cocok untuk dipadukan dengan bumbu rempah apa saja. Sebut saja beberapa kuliner seafood khas Indonesia seperti udang bakar, cumi asam manis, kepiting saus tiram dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang suka banget menyantap seafood, pasti pernah mendengar atau mencicip yang namanya seafood platter. Seafood platter merupakan beragam jenis seafood yang sudah dimasak kemudian disajikan dalam satu wadah. Dari sekian banyak jenis seafood, biasanya ada lima yang paling sering digunakan, yaitu:


Sumber : Pergikuliner.com

 

1. Udang
Pertama ada udang yang memiliki tampilan warna orange kemerahan yang sangat cantik. Biasanya udang yang digunakan adalah jenis udang jombo yang ukurannya cukup besar. Udang bisa disajikan dalam keadaan utuh dengan kepala dan ekor, tapi ada juga yang membelahnya secara vertikal sehingga bagian dalam dagingnya terlihat. Dalam satu sajian seafood platter rata-rata kamu akan menemukan paling tidak lima buah udang di dalamnya.
 
2. Kerang
Selanjutnya adalah kerang yang merupakan salah satu jenis seafood yang memiliki paling banyak ragamnya, mulai dari kerang hijau, kerang bambu, kerang dara, kerang kepa, kerang tiram, kerang bulu, kerang batik dan masih banyak lagi. Tapi dari sekian banyak jenis-jenis kerang tersebut, kerang hijau dan kerang tiram menjadi jenis kerang yang paling banyak digunakan dalam olahan seafood platter. Kerang yang sudah dicuci bersih kemudian dibuka cangkangnya dan dimasak dengan bumbu rempah sebelum dijadikan olahan seafood platter.
 
3. Cumi
Jenis seafood berwarna putih yang satu ini juga tak pernah ketinggalan dari sajian seafood platter. Cumi bisa memberikan cita rasa sajian seafood yang berbeda karena memiliki tekstur yang kenyal tapi lembut. Cumi tersebut biasanya disajikan dalam bentuk irisan-irisan seperti cincin. Biasanya cumi dimasak dengan cara digoreng tepung atau bisa juga dikukus atau ditumis dengan bumbu-bumbu rempah.
 
4. Kepiting
Kepiting juga menjadi salah satu jenis seafood yang paling banyak muncul dalam sajian seafood platter. Pasalnya, tampilan dari kepiting akan membuat seafood platter menjadi lebih menarik dan menggoda. Biasanya kepiting akan disajikan dengan bumbu pedas atau saus padang. Sedangkan jenis kepiting yang digunakan kebanyakan adalah kepiting soka atau kepiting rajungan karena dagingnya lebih banyak dan cita rasanya cenderung manis.
 
5. Ikan
Nah, yang terakhir ada ikan yang tidak pernah absen dari sajian seafood platter. Jenis ikan yang disajikan pada seafood platter adalah ikan dori yang sudah difillet terlebih dahulu lalu dimasak dengan cara dipanggang. Selain dipanggang, ikan dori pada sajian seafood platter juga sering dimasak dengan cara digoreng tepung. Ikan dori memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan cukup juicy sehingga sangat mudah ditelan. 
 
Kamu setuju tidak kalau kelima jenis seafood di atas pasti selalu muncul pada sajian seafood platter? Kalau kamu ingin menyantap seafood platter yang lezat, kamu bisa mampir ke salah satu tempat makan yang ada di bawah ini ya!

LOVEster Shack

Foto LOVEster Shack
Foto LOVEster Shack
Foto LOVEster Shack

The Manhattan Fish Market

Foto The Manhattan Fish Market
Foto The Manhattan Fish Market
Foto The Manhattan Fish Market

Cut The Crab

Foto Cut The Crab
Foto Cut The Crab
Foto Cut The Crab

COW - Cajun On Wheels

Foto COW - Cajun On Wheels

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?