Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kawasan Pusat Kuliner di Jakarta yang Legendaris

List Artikel
31 Mei 2023 | 0 Komentar

Jakarta merupakan Ibu Kota Indonesia sekaligus menjadi kota kuliner yang paling cocok untuk kulineran. Pasalnya di Jakarta ada banyak tempat kuliner yang bisa didatangi, mulai dari kafe kekinian, restoran ternama, hingga tempat makan yang legendaris. Meski Jakarta termasuk kota modern yang dipenuhi dengan gedung-gedung bertingkat, tapi uniknya di kota ini terdapat banyak kawasan pusat kulineran di Jakarta yang legendaris. 


Kawasan pusat kuliner di Jakarta yang legendaris memiliki beberapa rumah makan atau tempat makan yang sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Beberapa di antaranya ada yang sudah ada sejak sekitar tahun 70-an, 80-an, hingga 90-an. Biasanya tempat makan yang masih berdiri hingga sekarang dijalankan secara turun temurun dengan mempertahankan resepnya sehingga rasa yang diberikan tetaplah sama dari tahun ke tahun. Buat Teman Kuliner yang ingin kulineran, tak ada salahnya mengunjungi salah satu kawasan pusat kuliner di Jakarta yang legendaris di bawah ini!

 

1. Tanah Abang, Gambir



Sumber: Pergikuliner.com


Kawasan pusat kuliner di Jakarta yang legendaris pertama adalah Tanah Abang, Gambir. Kawasan yang berada di Jakarta Pusat ini memiliki banyak sekali tempat kulineran yang bisa dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah Gado-gado Cemara yang sudah ada sejak tahun 1947, Nasi Uduk Kebon Kacang yang sudah ada sejak tahun 1967, dan masih banyak lagi. Tak jauh dari kawasan Tanah Abang, masih di sekitaran Gambir, Teman Kuliner juga bisa mampir ke Ragusa Es Italia yang menyajikan aneka es krim jadul. Kedai es krim ternama ini sudah ada sejak tahun 1932 hingga sekarang.

 

2. Gang Gloria, Glodok



Sumber: Pergikuliner.com


Gang Gloria yang berada di Glodok sudah sangat dikenal oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya sebagai kawasan pusat kuliner di Jakarta yang legendaris. Kawasan pusat kuliner di Jakarta yang legendaris ini sangatlah populer. Ada banyak kuliner yang bisa diicip di Gang Gloria, yakni Kari Lam yang sudah ada sejak tahun 1973, Soto Betawi Nyonya Afung yang sudah buka tahun 1982, Bakmi Amoy yang ada dari tahun 1981, Gado-gado Direksi yang buka sejak tahun 1967, Rujak Shanghai Encim yang ada sudah berdiri tahun 1950-an, hingga Kopi Es Tak Kie yang sudah ada sejak tahun 1927.


3. Pasar Baru, Sawah Besar



Sumber: Pergikuliner.com


Beralih ke kawasan pusat kuliner di Jakarta yang legendaris lainnya, ada Pasar Baru yang berada di Kecamatan Sawah Besar. Kebanyakan kuliner di sini adalah bakmi, tapi ada juga jenis kuliner lainnya yang bisa diicip. Jadi Teman Kuliner bisa berburu bakmi enak di Pasar Baru dengan teman. Beberapa bakmi yang fenomenal adalah Bakmie Gang Kelinci yang ada sejak tahun 1957, Bakmi Aboen yang sudah ada sejak tahun 1962, Bakmie Sui-Sen yang ada sejak tahun 90-an, dan masih banyak lagi. Selain bakmi, di Pasar Baru juga terdapat aneka kuliner legendaris lainnya seperti Bakso Metro yang sudah eksis sejak tahun 1984 hingga Es Krim Tropic yang ada sejak tahun 1950-an.


4. Cikini dan Gondangdia Menteng



Sumber: Pergikuliner.com


Kawasan pusat kuliner di Jakarta yang legendaris bisa dijumpai di Menteng, tepatnya di kawasan Cikini dan Gondangdia. Di kawasan-kawasan ini, Teman Kuliner bisa menjumpai Bubur Ayam Cikini yang sudah buka sejak tahun 1960-an, lalu ada Restoran Trio yang konon sudah ada sejak tahun 1947, Gado-gado Bon Bin yang berdiri sejak tahun 1960-an, Soto Betawi H. Ma’ruf yang sudah ada sejak 1940, hingga restoran Jepang bernama Kikugawa yang sudah dibuka sejak tahun 1969.


5. Jalan Garuda, Kemayoran



Sumber: Pergikuliner.com


Kawasan pusat kuliner di Jakarta yang legendaris terakhir adalah Jalan Garuda yang ada di Kemayoran, Jakarta Pusat. Di kawasan ini, Teman Kuliner bisa menjumpai beragam kuliner khas Indonesia yang bisa diicip. Di Jalan Garuda, Kemayoran ini terdapat Ketan Susu Kemayoran yang sudah ada sejak tahun 1958, Tongseng Pak Didi yang sudah ada sejak tahun 2010-an, Pempek Garuda yang sudah ada sejak tahun 80-an, Bakmi Ksu, hingga RM Sop Sapi Bu Rum yang sudah berdiri sejak 25 tahun lalu.

 

Itulah beberapa kawasan pusat kuliner di Jakarta yang bisa Teman Kuliner jadikan sebagai tempat untuk kulineran. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat kuliner legendaris di Jakarta yang bisa didatangi!

Gado - Gado Cemara

Foto Gado - Gado Cemara
Foto Gado - Gado Cemara
Foto Gado - Gado Cemara

Tansuke (Ketan Susu Kemayoran)

Foto Tansuke (Ketan Susu Kemayoran)
Foto Tansuke (Ketan Susu Kemayoran)
Foto Tansuke (Ketan Susu Kemayoran)

RM Betawi Soto H. Ma'ruf

Foto RM Betawi Soto H. Ma'ruf
Foto RM Betawi Soto H. Ma'ruf
Foto RM Betawi Soto H. Ma'ruf

Bakmi Aboen

Foto Bakmi Aboen
Foto Bakmi Aboen
Foto Bakmi Aboen

Soto Betawi Nyonya Afung

Foto Soto Betawi Nyonya Afung
Foto Soto Betawi Nyonya Afung
Foto Soto Betawi Nyonya Afung

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?