Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kesalahan Umum yang Banyak Dilakukan Saat Menggoreng Telur

List Artikel
9 April 2019 | 0 Komentar
Telur menjadi salah satu sumber protein yang bagus untuk dikonsumsi oleh tubuh. Selain memiliki protein yang tinggi, telur banyak disukai orang karena bisa diolah menjadi aneka olahan kuliner lezat. Telur bisa diolah dengan metode direbus, dipanggang, dikukus dan yang paling banyak digunakan adalah digoreng. Menggoreng telur adalah metode memasak telur yang paling cepat dan mudah untuk dilakukan dibanding jenis metode lainnya. Tapi sayangnya, untuk bisa menggoreng telur dengan benar tidaklah mudah untuk dilakukan karena jika salah melakukannya, telur akan gosong atau bagian pinggirnya menjadi terlalu keras. Supaya bisa menggoreng telur dengan benar, PergiKuliner akan memberitahu kamu beberapa kesalahan orang saat menggoreng telur yang paling banyak dilakukan, yaitu:



Sumber : Blueapron.com

 

1. Memecahkan Telur di Pinggir Wajan
Kesalahan pertama adalah memecahkan telur di pinggir wajan. Rasanya hampir semua orang melakukan hal ini untuk mempersingkat waktu. Tapi dengan cara seperti ini, kamu justru akan menimbulkan retakan halus pada kuning telur dan akibatnya serpihan telur akan ikut masuk dan tergoreng bersama dengan telur. Pecahkan telur dan letakkan terlebih dahulu di dalam wadah mangkuk supaya kalau ada serpihan kulit telur, kamu bisa mengambilnya dulu.

2. Menggunakan Wajan yang Salah
Untuk menggoreng telur diperlukan wajan yang tepat yakni wajan teflon alias wajan anti lengket. Menggunakan wajan teflon akan menjadikan telur gorengmu memiliki bentuk utuh karena bagian bawah tidak lengket. Tapi kalau kamu tidak menggunakan wajan anti lengket, maka bentuk telur bisa rusak karena lengket di wajan.

3. Langsung Menaburkan Garam
Selanjutnya adalah jangan langsung menaburkan garam setelah telur menyentuh bagian wajan alias saat telur baru diletakkan di wajan. Tunggu terlebih dahulu supaya telur agak matang terlebih dahulu sehingga telur sudah memiliki lapisan dasar. Tabur garam di atas telur dalam jumlah yang tepat dan taburkan dengan menggunakan tangan supaya garam bisa merata.

4. Menggunakan Api yang Besar
Menggunakan api yang besar juga menjadi salah satu kesalahan paling umum yang banyak dilakukan orang. Api yang besar bisa membuat bagian pinggir telur menjadi lebih keras dan garing karena matang lebih cepat, padahal bagian tengahnya belum matang sama sekali. Gunakan api sedang saat menggoreng telur dan ketika sudah setengah matang, kamu bisa mengecilkan api supaya matangnya lebih merata.

5. Tidak Langsung Mengangkat Telur Setelah Digoreng
Kesalahan umum yang terakhir adalah tidak langsung mengangkat telur dari wajan setelah digoreng. Walaupun api telah dimatikan, tapi kalau telur masih berada di atas wajan, proses pemasakan masih berlangsung sehingga bisa membuat telur menyerap lebih banyak minyak. Setelah telur matang, langsung segera angkat telur supaya proses memasak telur bisa terhenti.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan bagaimana cara menggoreng telur yang benar? Jika malas menggorengnya sendiri di rumah, kamu bisa menyantapnya di salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Beatrice Quarters

Foto Beatrice Quarters
Foto Beatrice Quarters
Foto Beatrice Quarters

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Convivium

Foto Convivium
Foto Convivium
Foto Convivium

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?