Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kue Basah Klasik yang Sering Muncul Saat Lebaran

List Artikel
27 Mei 2020 | 0 Komentar

Lebaran sebentar lagi, tentunya bagi kamu yang merayakannya akan disibukkan dengan beragam persiapan menjelang hari raya lebaran. Mulai dari membersihkan rumah, berbelanja kebutuhan kebaran, hingga mempersiapkan beragam kuliner khas lebaran. Berbicara tentang kuliner khas lebaran, akan selalu ada ketupat sayur beserta lauk pauknya seperti rendang, opor ayam, sambal goreng kentang ati, hingga dendeng balado. Selain itu ada kue kering sepertinastar, kastangel, puteri salju, kue sagu, dan lain sebagainya. Selain kue kering, ternyata ada aneka kue basah klasik yang juga muncul pada saat lebaran. Kue basah klasik ini biasanya disajikan untuk para tamu dan juga sebagai buah tangan atau bingkisan kepada orang yang lebih tua. Dari sekian banyak kue, ada lima kue basah klasik yang paling sering muncul ketika perayaan lebaran, yaitu:

 

1. Bolu Gulung



Sumber: Resepcaramemasak.info


Pertama ada bolu gulung yang masuk dalam urutan pertama dalam daftar kue basah klasik yang banyak muncul saat lebaran. Jenis bolu gulung yang bisa dipilih ada banyak, mulai dari bolu gulung pandan, bolu gulung cokelat, bolu gulung keju, hingga bolu gulung moka. Sesuai dengan namanya, bolu gulung sebenarnya adalah bolu biasa yang kemudian digulung setelah matang. Jika disajikan untuk tamu, bolu gulung akan dipotong-potong terlebih dahulu, sedangkan kalau dijadikan bingkisan akan diberikan utuh satu gulungan.


2. Lapis Legit



Sumber: Tokopedia.net


Berikutnya ada kue lapis legit yang jadi incaran saat lebaran. Berbeda dengan kue basah klasik lainnya, lapis legit punya tekstur yang legit sesuai dengan namanya. Bentuknya yang punya ribuan lapis ini membuatnya terlihat unik. Meski teksturnya legit, tapi kue ini juga punya tekstur lembut dengan cita rasa manis yang pas. Lapis legit memiliki beberapa jenis, mulai dari lapis legit original, keju, hingga moka yang paling banyak digemari


3. Lapis Surabaya



Sumber: Velavinbakery.com


Lanjut ke kue berikutnya. Ada lapis Surabaya yang asalnya sudah pasti dari kota pahlawan, Surabaya. Meski namanya adaakata lapisnya, tapi bukan berarti kue ini terdiri dari ribuan lapis seperti lapis legit. Kue ini hanya punya tiga layer, dua cokelat dan kuning pada bagian tengahnya. Selain lapis legit, lapis Surabaya ini juga punya harga jual yang lumayan tinggi. Hal ini dikarenakan banyaknya penggunaan telur untuk satu loyang pembuatan kue ini. Rata-rata jumlah telur yang dibutuhkan bisa mencapai 15 butir.


4. Chiffon Cake



Sumber: Nyonyacooking.com


Kita lanjut ke kue basah berikutnya. Ada chiffon cake yang punya tekstur super lembut dan ringan seperti kapas. Berbeda jauh dengan kue lapis-lapis di atas chiffon cake ini punya harga jual yang terbilang murah karena bahan-bahan yang digunakan lebih sedikit dan sederhana yakni tepung terigu, gula, telur, dan santan. Cita rasa dari chiffon cake tidak terlalu manis dan agak gurih karena ada campuran santannya. Jenis chiffon cake yang paling populer adalah chiffon cake pandan.


5. Kue Marmer



Sumber: Snapwidget.com


Kue basah klasik terakhir adalah marmer cake atau kue marmer yang merupakan kue berbasis adonan bolu yang punya ciri khas tampilan warna unik karena punya dua warna yakni cokelat dan kuning yang berbaur tidak rata sehingga kue ini dijuluki dengan nama kue marmer. Selain nama kue marmer, kue ini juga mendapat julukan lain seperti marble cake atau bolu klasik. Kue marmer ini lebih cocok disantap dengan minuman kopi atau teh di sore hari.

 

Meski klasik, tapi kelima kue di atas punya citarasa yang endolita sehingga cocok untuk menemani hari raya lebaran kamu. Dari kelimanya, mana yang paling sering muncul di rumahmu saat lebaran?

Tata Cakery

Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery

Cakekinian

Foto Cakekinian
Foto Cakekinian

Bolu Boloe

Foto Bolu Boloe
Foto Bolu Boloe

Sponji Traditional Spongecake

Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake

Sollie Cafe & Cakery

Foto Sollie Cafe & Cakery
Foto Sollie Cafe & Cakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?