Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kue Khas Imlek yang Jadi Pelengkap Hidangan Imlek di Rumah

List Artikel
19 Januari 2023 | 0 Komentar

Kamu pasti sering melihat ada banyak kue serta cemilan yang disajikan saat perayaan Tahun Baru Imlek. Beberapa minggu sebelum perayaan Imlek biasanya ada banyak penjual makanan yang menjual beragam kue khas Imlek. Biasanya kue serta cemilan disajikan di rumah untuk menyambut tamu-tamu yang berkunjung. Kali ini PergiKuliner akan membahas mengenai lima kue khas Imlek yang jadi pelengkap hidangan Imlek di rumah kamu. Berikut ulasannya:


1. Chuen Hop


Sumber: Antiquitynow.files.wordpress.com


Saat perayaan Imlek, selama kurang lebih dua minggu, kerabat serta teman akan saling mengunjungi rumah satu sama lain dengan memberikan harapan serta doa terbaik untuk tahun baru. Chuen Hop biasanya dijadikan buah tangan untuk diberikan kepada sang pemilik rumah. Chuen Hop berisi delapan macam snack seperti kelapa, buah kumquat, kacang, manisan berwarna-warni, serta permen. Delapan merupakan angka keberuntungan dalam budaya Cina.


2. Nian Gao



Sumber: Nyonyacooking.com


Nian Gao atau biasa dikenal dengan sebutan kue keranjang ini dapat ditemukan satu tahun sekali saat perayaan tahun baru Imlek. Kue ini dipercaya dapat membawa kemakmuran sepanjang tahun. Nian Gao merupakan kue yang terbuat dari tepung beras ketan, ekstrak almond, gula merah, dan minyak. Kadang ditambahkan biji wijen putih, kurma merah, atau kacang sebagai variasi. Makanan ini bertekstur kenyal dengan rasa yang manis.


3. Fa Gao



Sumber: Saveur.com


Fa Gao merupakan salah satu kue yang wajib ada saat tahun baru Imlek. Fa Gao alias kue keberuntungan ini memiliki tekstur lembut dan kenyal dengan rasa yang manis dan terbelah di bagian atasnya. Belahan ini melambangkan keberuntungan karena kata “fa” berarti “naik” dan “keberuntungan”.


4. Luobo Gao



Sumber: Phasechangeskitchen.com


Luobo gao adalah jenis kue lobak putih dan memiliki rasa yang gurih. Luobo Gao merupakan simbol kemakmuran dan kekayaan. Luobo disajikan dengan cara digoreng sebagai sarapan atau kudapan saat tamu kerabat berkunjung.


5. Aneka Permen dan Coklat


Sumber: Laitimes.com


Cemilan ini memang bisa kamu temui setiap saat sehingga tidak perlu menunggu perayaan Imlek. Permen dan coklat yang biasanya disajikan saat Imlek seperti fortune cat, god of wealth, nanas emas, yuanbao (koin Cina kuno) dan masih banyak lagi. Kamu bisa menemukan permen ini di toko permen tradisional Cina.


Jadi, sudah tau kan apa saja kue khas Imlek yang jadi hidangan pelengkap saat Imlek? Nah, sekarang waktunya kamu untuk menengok beberapa restoran chinese food terbaik di Jakarta yang bisa kamu jadikan tempat untuk makan bersama keluarga saat Sincia nanti. Ini dia daftarnya!

Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta

Foto Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta
Foto Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta
Foto Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta

Liyen Restaurant

Foto Liyen Restaurant
Foto Liyen Restaurant
Foto Liyen Restaurant

Central Restaurant

Foto Central Restaurant
Foto Central Restaurant
Foto Central Restaurant

The Grand Ni Hao

Foto The Grand Ni Hao
Foto The Grand Ni Hao
Foto The Grand Ni Hao

New Tempo Doeloe

Foto New Tempo Doeloe
Foto New Tempo Doeloe
Foto New Tempo Doeloe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?