Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Berkuah Khas Sumatera yang Bikin Kamu Ketagihan

List Artikel
20 September 2019 | 0 Komentar

Indonesia memang sangat terkenal akan keanekaragaman kulinernya. Tak heran kalau negara yang memiliki banyak pulau ini selalu menjadi destinasi wisata kuliner dari berbagai macam turis di seluruh dunia. Ada beragam macam kuliner Indonesia, mulai dari kuliner yang dibakar-bakar hingga kuliner yang berkuah. Berbicara tentang kuliner berkuah, apa yang terbersit di benakmu ketika mendengar tentang kuliner berkuah khas Indonesia? Pastinya ada soto, bakso, sayur asem dan lain sebagainya. Biasanya kuliner berkuah ini lebih banyak ditemukan di Pulau Jawa, tapi bukan berarti di Sumatera tidak ada ya! Ada lima kuliner berkuah khas Sumatera yang ternyata cita rasanya sanggup bikin kamu kangen terus. Yuk, lihat apa saja kulinernya!

 

1. Soto Padang



Sumber : Dapurkoki.id


Pertama ada soto Padang yang sudah pasti berasal dari daerah Padang. Meski namanya soto, tapi soto Padang ini berbeda dengan soto kebanyakan yang berasal dari daerah Jawa. Ciri utama dari soto Padang adalah kuahnya yang menggunakan kaldu sapi. Untuk isiannya ada irisan daging sapi yang digoreng kering, soun, perkedel kentang, tomat, irisan daun seledri dan pastinya kerupuk merah muda yang menjadi ciri khasnya.

 

2. Kari Bihun Medan



Sumber : Pergikuliner.com


Selanjutnya ada kari bihun Medan yang menjadi salah satu kuliner kenamaan dari Medan, Sumatera Utara. Kuliner ini memiliki kuah yang kental berwarna kuning kecoklatan dengan cita rasa yang legit dan gurih. Sesuai dengan namanya, kari bihun ini terbuat dari bahan utama bihun lalu ada daging ayam atau daging sapi yang dilengkapi dengan potongan kentang rebus dan bawang merah goreng. Warna kuahnya terbilang cukup kecoklatan dengan sedikit warna kemerahan karena ada campuran cabai dalam bumbunya.

 

3. Tekwan



Sumber : Dapurkoki.id


Tekwan menjadi salah satu kuliner khas dari palembang. Selain pempek, tekwan memang sangat populer di Indonesia. Tekwan ini dibuat dari campuran daging ikan dan tapioka yang dibentuk kecil-kecil dan direbus hingga matang kemudian disajikan bersama dengan kuah udang, irisan bengkoang, soun, irisan daun bawang seledri dan bawang merah goreng. Tekwan ini bisa dengan mudah kamu jumpai di restoran Palembang atau di tempat makan yang menjual pempek.

 

4. Celimpungan


Sumber : Pedomanbengkulu.com


Mungkin di antara kamu ada yang belum mengenal apa itu celimpungan. Celimpungan ini merupakan kuliner berkuah santan yang berasal dari Sumatera Selatan. Kuliner ini terbuat dari adonan sagu dan ikan seperti empek-empek yang kemudian dibentuk bulat-bulat dan dicemplungkan ke dalam kuah yang berisi santan dan aneka rempah-rempah. Tekstur celimpungan ini sangat kenyal dan cita rasanya gurih.

 

5. Mie Koba



Sumber : Detik.net.id


Terakhir ada mie koba yang merupakan mie rebus asal Pulau Bangka. Mie koba ini memiliki kuah yang agak kecoklatan dengan bentuk mie yang sedang. Kuah yang kecoklatan ini  terbuat dari kaldu ikan tenggir sehingga citarasanya sangat gurih. Selain mie, isiannya ada tauge, dan telur. Sedangkan untuk penyajiannya, ada irisan daun seledri dan bawang merah goreng yang diberikan. Sebelum disantap, kamu bisa menambahkan perasan jeruk limau supaya lebih segar lagi.

 

Itulah beberapa kuliner berkuah khas Sumatera yang bisa bikin kamu pengen nambah. Menurutmu masih ada lagi tidak olahan kuliner berkuah lainnya dari Sumatera? 

Laksa Medan Nyonya Guat

Foto Laksa Medan Nyonya Guat
Foto Laksa Medan Nyonya Guat

Kwetiau Medan Yongky

Foto Kwetiau Medan Yongky
Foto Kwetiau Medan Yongky

Laksa Medan Yoserizal

Foto Laksa Medan Yoserizal
Foto Laksa Medan Yoserizal

Bakmi Congsim Athek Medan

Foto Bakmi Congsim Athek Medan
Foto Bakmi Congsim Athek Medan

Pempek Palembang Awan

Foto Pempek Palembang Awan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?