Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Indonesia yang Lebih Enak Disantap dengan Lontong

List Artikel
22 Oktober 2021 | 0 Komentar

Lontong menjadi salah satu kuliner yang terbuat dari bahan dasar beras. Kuliner ini diolah dengan cara yang sangat unik yakni dengan menggunakan daun pisang sebagai alat untuk melapisi bagian luarnya sebelum akhirnya direbus atau dikukus dalam jangka waktu yang lama yakni bisa berjam-jam. Biasanya lontong disantap sebagai pengganti nasi karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Berhubung rasanya hambar, lontong bisa disantap bersama dengan kuliner lainnya. Hampir semua kuliner cocok untuk disantap bersama dengan lontong, tapi ada beberapa yang akan terasa lebih enak jika disantap bersama dengan lontong, yaitu:

 

1. Sate Ayam



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan yang terasa lebih enak jika disantap dengan lontong adalah sate ayam. Sate ayam adalah kuliner khas Indonesia yang dibuat dari bahan dasar daging ayam fillet. Daging ayam dipotong kotak lalu dibakar hingga matang dan disajikan bersama siraman saus. Ada dua jenis saus yang digunakan untuk sate ayam, yakni saus kacang dan sambal kecap. Sate ayam sebenarnya bisa disantap begitu saja atau dengan tambahan nasi putih hangat, tapi jika disantap dengan lontong, maka rasanya akan semakin lebih enak.


2. Pecel Sayur



Sumber: Bosmeal.com


Pecel sayur merupakan makanan khas dari Jawa Timur yang biasanya disajikan bersama dengan nasi. Oleh karena itu, makanan ini lebih sering dijuluki dengan nama nasi pecel. Tapi jika pecel sayur disantap bersama dengan lontong, maka rasanya akan jadi lebih enak. Pecel sayur adalah kuliner yang dibuat dari sayur-sayuran rebus seperti kacang panjang, bayam, daun singkong, kangkung, tauge, hingga kubis yang nantinya disajikan dengan siraman saus kacang di atasnya.


3. Gado-gado



Sumber: Pergikuliner.com


Selanjutnya ada gado-gado yang juga menjadi makanan yang lebih enak jika disantap bersama dengan lontong. Tak jauh berbeda dengan pecel sayur, gado-gado juga dibuat dari bahan dasar sayur-sayuran yang disiram dengan saus kacang. Hanya saja bumbu kacang yang digunakan ini berbeda karena tidak ditambahkan kencur. Ditambah lagi tak hanya sayuran saja yang digunakan dalam gado-gado, melainkan juga ada tahu dan tempe di dalamnya. Jika pecel sayur biasanya dilengkapi dengan rempeyek, gado-gado justru lebih sering disajikan dengan kerupuk bawang dan emping.


4. Kari


Sumber: Pergikuliner.com


Kari merupakan salah satu makanan yang pastinya terasa lebih enak jika disantap dengan lontong dibanding nasi putih. Kari dibuat dari bahan dasar irisan daging yang direbus bersama dengan aneka bumbu rempah laludiberi santan kelapa. Jenis daging yang digunakan kebanyakan adalah daging sapi, tapi juga bisa dimasak dengan menggunakan daging ayam. Jika kari disantap dengan lontong, tekstur lontong yang kenyal akan cocok dengan tekstur daging yang lembut setelah disantap dalam waktu yang lama. Selain daging sapi, di dalam kari juga terdapat bihun dan kentang sehingga isiannya jadi lebih kaya rasa.


5. Sayur Lodeh



Sumber: Fibercreme.com


Makanan yang lebih enak jika disantap dengan lontong lainnya adalah sayur lodeh. Teman Kuliner pernah tidak menyantap sayur lodeh dengan tambahan lontong? Sayur lodeh terbuat dari beragam sayur-sayuran, mulai dari labu, kacang panjang, jagung manis, terong, daun salam, dan masih banyak lagi. Semua bahan direbus bersama dengan bumbu dan kuah santan. Tak lupa ditambahkan irisan tempe sehingga kuahnya menjadi lebih lezat. Buat yang suka pedas, Teman Kuliner bisa menambahkan sambal terasi saat menyantapnya.

 

Itulah beberapa kuliner yang akan terasa lebih enak jika disantap dengan lontong. Apakah Teman Kuliner setuju dengan makanan-makanan di atas? Kalau Teman Kuliner ingin mencicipi aneka makanan-makanan di atas, bisa langsung coba di salah satu tempat makan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini ya!

Gado Gado Taman Sari

Foto Gado Gado Taman Sari
Foto Gado Gado Taman Sari
Foto Gado Gado Taman Sari

Gado - Gado Cemara

Foto Gado - Gado Cemara
Foto Gado - Gado Cemara
Foto Gado - Gado Cemara

Pecel Pincuk Ibu Ida

Foto Pecel Pincuk Ibu Ida
Foto Pecel Pincuk Ibu Ida
Foto Pecel Pincuk Ibu Ida

Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo

Foto Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo
Foto Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo
Foto Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo

Taichan Mama Chu

Foto Taichan Mama Chu
Foto Taichan Mama Chu
Foto Taichan Mama Chu

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?